fbpx
BerandadirektoriObatAlendronate Sodium

Alendronate sodium merupakan obat golongan bisphosphonate yang biasa digunakan untuk mengatasi keluhan osteoporosis. Penggunaan obat alendronate ini juga dapat diindikasikan untuk menangani penyakit Paget’s Disease. Meskipun dianggap aman untuk penggunaan jangka panjang, kesalahan dosis dan cara pakai alendronate sodium dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Alendronate Sodium

Informasi 

Osteoporosis merupakan suatu penyakit yang berkaitan dengan formasi tulang, dimana tulang menjadi mudah keropos dan rapuh sehingga penderita rentan mengalami patah tulang atau keluhan lainnya. Keluhan-keluhan yang dialami oleh penderita osteoporosis berupa nyeri daerah tulang yang keropos, penurunan tinggi badan, dan postur tubuh menjadi membungkuk.

Alendronate sodium merupakan obat yang diperoleh melalui resep dokter untuk mengatasi keluhan osteoporosis di atas. Sebagai konsumen, harus tetap bijak dalam menggunakan obat ini. Cara kerja alendronate sodium yaitu mengganggu  kerja osteoclast (sel yang bertugas mereabsorbsi tulang dan merombak struktur tulang), dimana osteoclast itu sendiri berpotensi menyebabkan osteoporosis. Dengan demikian, aktivitas osteoklas dapat menurun dan osteoporosis yang lebih parah dapat dicegah lebih dini.

Selain mengonsumsi obat Alendronate, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tulang agar tidak mengalami osteoporosis dapat mengonsumsi suplemen Caviplex D3 – 10 Tablet – Vitamin D, Kalsium (Rp 246.200).

Dosis

Obat alendronate sodium tersedia dalam bentuk tablet. Cara penggunaannya saat perut dalam kondisi kosong. Artinya, obat ini dikonsumsi 15-30 menit sebelum makan. Alendronate sodium tidak boleh digigit atau digerus karena dapat mengurangi efektivitas dari obat itu sendiri. Minumlah saat pagi hari sebelum sarapan dan tetap pertahankan posisi duduk atau berdiri minimal selama 30 menit setelah minum obat.

Dosis alendronate sodium untuk mengatasi osteoporosis adalah 1 tablet 70 mg per minggu, atau 1 tablet 10 mg per hari untuk orang dewasa. Namun, tetap saja penggunaannya harus berdasarkan resep dokter. Konsultasikan lebih dulu pada dokter apa yang Anda rasakan supaya dapat diketahui kondisi medisnya, guna mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kontraindikasi

Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika mengonsumsi obat alendronate sodium, diantaranya sebagai berikut.

  • Tidak direkomendasikan bagi penderita abnormalitas esofagus, seperti struktur esofagus dan akalasia, pasien yang tidak bisa berdiri atau duduk minimal 30 menit, pasien dengan hipokalsemi, dan pasien yang menderita gangguan ginjal.
  • Tidak direkomendasikan bagi ibu hamil dan menyusui karena alendronate sodium termasuk kategori C.
  • Perlu dipertimbangkan bagi pasien yang menderita nyeri menelan, penyakit yang berkaitan dengan esofagus, maag, infeksi usus, tukak lambung, dan insufisiensi ginjal.
  • Beritahu dokter apabila sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau herbal.
  • Hentikan pemakaian obat apabila mengalami efek samping, berupa sakit perut, sembelit, diare, dan gejala efek samping lainnya.

Overdosis akibat alendronate sodium hingga saat ini belum ditemukan laporannya. Sebab, pemakaian obat ini pun harus memerlukan resep dokter. Terlebih, sebagai suplemen pengobatan, dosisnya tidak dikonsumsi setiap hari sehingga jarang ditemui kelebihan dosis atau pemakaian yang tidak wajar. Namun, bila Anda mencurigai gejala overdosis alendronate sodium, segera hubungi pihak medis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Interaksi dengan Obat Lain

Alendronate sodium akan berinteraksi dengan obat-obatan lain, seperti:

  • Ibuprofen
  • Aspirin
  • Duloxetine
  • Pregabalin
  • Omeprazole
  • Acetaminophen
  • Asam askorbat
  • Tiotropium
  • Albuterol
  • Clopidogrel 

Jadi, ketika Anda sedang mengonsumsi salah satu dari obat-obatan di atas, harap disampaikan pada dokter supaya diberikan alternatif lain untuk mencegah adanya interaksi obat.

Kelompok Orang Berisiko

Obat alendronate sodium bagi ibu hamil dan menyusui termasuk dalam kategori C. Artinya, obat ini mungkin berisiko. Studi penggunaan alendronate sodium telah dilakukan pada binatang dan menunjukkan adanya efek pada janin. Sementara, studi masih belum dilakukan pada manusia. Maka dari itu, alendronate sodium baru akan digunakan apabila manfaat yang diperoleh akan lebih besar daripada efek risikonya terhadap janin. Jadi, konsultasikan pada dokter ketika Anda hamil atau menyusui untuk memberikan pertimbangan pada dokter terkait obat apa yang akan diberikan.

Efek Samping

Obat alendronate sodium dapat menimbulkan efek samping, berupa:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Alergi, seperti gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, lidah, dan tenggorokan, bahkan hingga menyebabkan seseorang pingsan. Apabila mengalami hal ini segera cari bantuan medis.
  • Nyeri perut dan distensi
  • Diare atau konstipasi
  • Kentut berlebih
  • Nyeri otot
  • Pusing
  • Nyeri kepala

Efek samping diatas tidak dialami oleh setiap orang. Namun, jika Anda merasa khawatir terhadap salah satu keluhan yang disebutkan diatas, segera konsultasikan keadaan Anda pada pihak medis.

Cara Konsumsi

Berikut ini adalah petunjuk pemakaian alendronate sodium.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Obat ini harus diminum dengan dosis sesuai yang diresepkan oleh dokter
  • Minum alendronate sodium secara teratur dengan rentang yang sama setiap harinya. Misalnya, untuk dosis 1 kali sehari, obat diminum setiap 24 jam sekali.
  • Apabila lupa minum obat pada jadwal yang telah ditentukan, segera minum (dengan catatan jarak dengan jadwal minum selanjutnya masih jauh). Hindari minum obat ini melampaui dosis yang dianjurkan untuk mengganti jadwal yang terlewat.
  • Imbangi dengan pola hidup sehat, seperti minum air putih yang banyak, istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi, dan melakukan aktivitas sehat lainnya sesuai arahan dari dokter.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

antikoagulan pengencer darah

Antikoagulan Darah: Jenis, Manfaat dan Efek Samping

direktoriObat   18/01/2023
antiplatelet dan antikoagulan

Perbedaan Antiplatelet dan Antikoagulan sebagai Obat Pengencer Darah

Uncategorized   11/01/2023
angiotensin receptor-neprilysin inhibitor (ARNI)

Angiotensin Receptor-Neprilysin Inhibitor (ARNI), Pengobatan untuk Gagal Jantung

obat felodipine

Obat Felodipine: Mekanisme, Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   07/12/2022
obat vytorin

Vytorin Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya!

direktoriObat   29/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman