fbpx
BerandadirektoriObatAcyclovir

Obat Acyclovir adalah obat yang berfungsi untuk mengobati luka atau iritasi yang terjadi di sekitar area organ mulut disebabkan oleh serangan virus. Obat Acyclovir adalah obat yang digunakan untuk mengatasi serangan virus cacar air, herpes simpleks serta herpes zoster. Selain itu, obat Acyclovir juga berguna untuk mengatasi masalah herpes genital. 

Acyclovir

Obat Acyclovir adalah obat yang berguna untuk menurunkan tingkat kerusakan akibat serangan virus serta lama infeksi. Senyawa aktif Acyclovir akan bekerja untuk mengobati luka agar segera mengering dan sembuh serta mencegah luka untuk tidak timbul kembali. Obat ini sendiri memang tidak dapat sepenuhnya membunuh virus yang ada pada tubuh namun setidaknya Acyclovir dapat menurunkan kemungkinan penyebaran virus di tubuh. 

Informasi

Obat Acyclovir adalah obat yang bekerja untuk menekan jumlah pertumbuhan virus di dalam tubuh. Dengan menekan jumlah pertumbuhan virus dalam tubuh, maka sistem daya tahan tubuh manusia secara alami mampu membunuh keberadaan virus-virus yang tersisa. Obat Acyclovir dapat menekan pertumbuhan virus cacar ular, cacar air serta virus herpes. 

Anda bisa mendapatkan obat Acyclovir dalam bentuk tablet sediaan 200 mg serta 400 mg. Salah satu produknya adalah Acyclovir Novell 200 mg – 50 tablet (Rp 42.000). Sementara obat sirup sendiri belum tersedia di Indonesia. Selain dalam bentuk tablet, obat Acyclovir juga tersedia dalam bentuk krim, suntikan serta salep mata. Obat Acyclovir sendiri merupakan jenis obat resep sehingga Anda harus meminta resep dokter terlebih dahulu jika ingin membeli obat ini.

Selain untuk menekan jumlah virus dalam tubuh untuk menggandakan diri, obat Acyclovir juga bekerja untuk mencegah tubuh terinfeksi serangan virus pada orang yang memiliki sistem imun rendah. 

Dosis

Penggunaan obat Acyclovir harus disesuaikan dengan gangguan yang diderita oleh pasien. Selain itu, dosis juga harus disesuaikan dengan usia pasien. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Untuk penyakit cacar ular atau disebabkan virus herpes zoster maka dosis dewasa sebanyak 800 mg dengan pemberian sebanyak 5 kali dalam satu hari. Pemberian tidak boleh melebihi 7 hingga 10 hari. 
  • Untuk penyakit cacar air maka dosis dewasa sebanyak 800 mg dengan pemberian sebanyak 4 atau 5 kali dalam satu hari. Pemberian tidak boleh melebihi 5 hingga 7 hari. Sementara untuk pemberian kepada anak-anak dengan usia lebih dari 2 tahun harus dilihat dari berat badannya. Pemberian dosis adalah 20 mg Acyclovir per kg berat badan dengan pemberian sebanyak 4 kali dalam sehari. Maksimum pemberian adalah selama 5 hari. Dosis maksimal harian yakni 800 mg. 
  • Untuk penyakit herpes dan herpes kelamin, maka dosis dewasa sebanyak 200 hingga 400 mg dengan pemberian sebanyak 5 kali dalam satu hari. Pemberian setiap 4 jam sekali dan tidak boleh melebihi 5 hingga 10 hari. Jika ditujukan untuk pencegahan, maka dosis yang diberikan 200 hingga 400 mg dengan pemberian sebanyak 4 kali sehari.

Sementara untuk pemberian kepada anak-anak dengan usia lebih dari 2 tahun disamakan dengan orang dewasa. Untuk anak di bawah 2 tahun, maka dosisnya setengah dari dosis orang dewasa. 

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Hindari konsumsi obat Acyclovir bersamaan dengan beberapa jenis obat karena bisa menyebabkan berbagai macam gangguan. Selain itu, konsumsi obat Acyclovir bersamaan obat yang lain bisa meningkatkan risiko efek samping penggunaan obat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Konsumsi bersamaan dengan cimetidine, probenecid, serta mycophenolate mofetil akan meningkatkan risiko timbulnya efek samping
  • Konsumsi bersamaan dengan tacrolimus, bacitracin, serta cyclosporin akan meningkatkan gangguan terhadap fungsi ginjal
  • Konsumsi bersamaan dengan ibuprofen, meloxicam, diclofenac akan meningkatkan risiko efek samping obat Acyclovir

Kelompok Orang Berisiko

Mereka yang memiliki riwayat alergi terhadap kandungan obat tertentu harus memberitahu dokter. Ibu hamil juga harus mengikuti anjuran dokter jika harus mengkonsumsi obat Acyclovir.

Efek Samping

Efek samping umum yang timbul setelah konsumsi Acyclovir adalah:

  • Tumbuh bentol, ruam, gatal-gatal di kulit
  • Warna urin semakin gelap serta volume berubah
  • Mudah berhalusinasi dan kesulitan berbicara
  • Pandangan semakin kabur
  • Kejang
  • Kesulitan bernapas dan jantung berdebar tidak teratur.

Cara Konsumsi

Penggunaan obat Acyclovir bisa diberikan sesudah makan ataupun sebelum makan. Obat ini harus dikonsumsi mengikuti petunjuk kemasan obat maupun panduan dari dokter. Tablet sebaiknya langsung ditelan utuh bersamaan dengan mengkonsumsi air putih. Sebaiknya Anda membuat jadwal khusus untuk konsumsi obat ini agar setiap hari dikonsumsi di jam yang sama. Konsumsi teratur akan membuat kinerja obat lebih maksimal. 

Anda tidak disarankan untuk menggandakan dosis apabila tidak sengaja terlewat salah satu jadwal konsumsi obat. Penyimpanan obat ini dilakukan di dalam suhu ruang serta hindari terkena paparan sinar matahari. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Untuk mendapatkan dosis obat ini yang tepat sebaiknya tanyakan kepada dokter terlebih dahulu. Sampaikan pula kondisi Anda serta obat, vitamin, atau suplemen yang sedan Anda konsumsi bersamaan dengan Acyclovir agar tidak terjadi reaksi yang tidak diinginkan. Apabila gejala yang dialami tidak kunjung mereda, segera hubungi dokter dan jangan mencoba melanjutkan obat setelah melewati waktu yang disarankan.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

antikoagulan pengencer darah

Antikoagulan Darah: Jenis, Manfaat dan Efek Samping

direktoriObat   18/01/2023
antiplatelet dan antikoagulan

Perbedaan Antiplatelet dan Antikoagulan sebagai Obat Pengencer Darah

Uncategorized   11/01/2023
angiotensin receptor-neprilysin inhibitor (ARNI)

Angiotensin Receptor-Neprilysin Inhibitor (ARNI), Pengobatan untuk Gagal Jantung

obat felodipine

Obat Felodipine: Mekanisme, Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   07/12/2022
obat vytorin

Vytorin Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya!

direktoriObat   29/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman