fbpx

Aethylis Aminobenzoas

Okt 22, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf A | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Bagi penderita wasir mungkin anda sangat familiar dengan obat Borraginol S. Ya, obat ini merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi pendarahan dan luka pada wasir baik dalam maupun luar. Obat borraginol S mengandung bahan aktif Aethylis Aminobenzoas. Namun apa saja manfaat dari aethylis aminobenzoas? Berapa dosis yang tepat? Dan apa saja efek sampingnya? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini (Baca juga Tanda-Tanda Umum Orang Memiliki Kolesterol Tinggi).

Informasi

Aethylis Aminobenzoas merupakan obat keras yang memerlukan resep dokter. Dalam mengobati pendarahan atau luka akibat wasir, biasanya obat ini  disatukan dengan beberapa senyawa lainnya seperti lidocainum,  prednisolonum, dan cetrimide. Obat ini tersedia dalam bentuk salep yang dijual dalam satuan tube 15 gram dan suppositoria. Aethylis Aminobenzoas adalah obat golongan analgesik bentuk etil turunan amino benzoat.

Aethylis Aminobenzoas memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa sakit dan bekerja dengan cara mengurangi peradangan yang terjadi. Sehingga biasanya obat ini digunakan sebagai obat anestetik lokal.

Dosis

Jika dalam bentuk suppositoria, gunakan pada area dubur. Jangan  pegang obat ini terlalu lama karena mudah mencair, sehingga ketika anda telah membuka kemasan obat ini segera gunakan pada dubur. Gunakan obat ini 2 kali sehari dengan durasi waktu 12 jam sekali. 

Kontraindikasi

Interaksi Obat

Obat ini dapat menimbulkan interaksi jika digunakan bersamaan dengan obat-obatan lainnya. Biasanya obat Aethylis Aminobenzoas dapat menimbulkan interaksi jika digunakan bersamaan dengan obat anti nyeri.

Kelompok Berisiko

Selain menimbulkan interaksi obat, obat ini juga dapat menimbulkan kontraindikasi jika digunakan pada beberapa kelompok yang berisiko, seperti memiliki hipersensitivitas terhadap Aethylis Aminobenzoas dan obat anti nyeri lainnya. Obat ini juga dapat menimbulkan kontraindikasi pada orang dengan gangguan hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. 

Penggunaan obat ini juga perlu dikonsultasikan kepada dokter jika digunakan pada ada ibu hamil, ibu menyusui, atau akan melakukan program hamil. Karena obat ini merupakan obat kategori C dan D yang mana dapat menimbulkan risiko efek samping terhadap janin.

Efek Samping

Meski jarang terjadi obat ini dapat menimbulkan beberapa efek samping. Gejala efek samping yang umum timbul akibat penggunaan obat Aethylis Aminobenzoas adalah alergi kulit, sensasi terbakar, dan edema.

Gejala efek samping dapat semakin parah. Jika anda merasa gejala efek samping semakin parah seperti timbul ruam, demam, dan dan mual atau muntah maka segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Cara Penggunaan Obat

Sebelum menggunakan obat ini terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa sepengetahuan dokter. Pastikan Anda paham benar Bagaimana cara menggunakan dan dosis yang diperlukan dalam mengobati penyakit Anda. Jika Anda belum paham benar, maka tanyakanlah kepada dokter atau apoteker untuk menghindari terjadinya kesalahan informasi. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan Obat Aethylis Aminobenzoas dalam bentuk suppositoria digunakan pada area dubur. Jangan sentuh obat ini terlalu lama karena dapat mencair sehingga segera gunakan obat ini pada area dubur ketika anda telah mengeluarkannya dari kemasan. 

Sedangkan penggunaan obat Aethylis Aminobenzoas dalam bentuk salep digunakan dengan cara mengoleskan salep pada kain kasa bersih, lalu tempelkan pada area yang terjadi peradangan. Oleskan obat ini 2-3 kali sehari.

Gunakanlah obat ini dengan jeda waktu yang sama, misal dua kali sehari maka gunakan obat ini setiap 12 jam sekali. Jika digunakan 3 kali sehari, maka gunakan obat ini setiap 6 sampai 8 jam sehari.

Simpan obat ini di tempat dengan tubuh yang sejuk. Hindari menyimpan obat ini yang mudah dijangkau oleh anak-anak.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis