fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Adapalene merupakan jenis obat yang digunakan untuk mencegah serta mengatasi jerawat maupun komedo. Cara kerja obat ini untuk mengurangi jumlah jerawat dan mempercepat penyembuhan jerawat atau komedo yang muncul.  Pemakaian obat ini dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak yang usianya di atas 12 tahun.

Informasi

Adapalene termasuk salah satu kategori obat retinoid. Cara kerja obat ini yaitu mencegah terjadinya peradangan dan penyumbatan pori pada kulit akibat sel kulit mati serta penumpukan minyak sehingga jerawat dan komedo tidak akan muncul di area wajah Anda.

Dosis

Dosis adapalene akan berbeda-beda pada setiap pasiennya. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui dosis dan aturan pemakaian obat sesuai petunjuk dokter yang terdapat pada kemasan obat. Adapalene tersedia dalam dosis Gel dan topical 3 mg.

Secara umum, pemakaian adapalene cukup dioleskan sedikit saja pada area kulit yang berjerawat sebanyak 1 kali sehari selama 1 jam sebelum tidur. Kemudian, usap obat hingga merata pada area kulit yang sudah dibersihkan dan dalam kondisi kering. Keesokan paginya, Anda dapat membilas obat ini saat bangun tidur.

Pada bagian wajah yang berjerawat, sebaiknya perlu dibersihkan dengan air secara menyeluruh dan keringkan sebelum Anda olesi kulit dengan adapalene. Anda akan merasakan rasa panas dan hangat pada kulit setelah mengolesi krim dari obat ini. 

Kontraindikasi

Sebelum menggunakan adapalene, Anda harus menyampaikan informasi penting kepada dokter.

Interaksi dengan Obat Lain

Adapalene berinteraksi dengan beberapa obat lain yaitu : ammoniated mercury, benzoic acid, benzoyl peroxide, coal tar, doxycycline, hydrocortisone, pyrithione zinc, salicylic acid tropical, salicylic acid, dan isotretinoin.

Jika Anda sedang menggunakan obat-obatan lain, vitamin, suplemen dan produk herbal, maka anda perlu menginformasikan hal tersebut pada dokter dan apoteker. Anda juga pastikan menyebutkan produk perawatan kulit Anda seperti sabun, pelembab dan kosmetik.

Kelompok Orang Berisiko

Anda harus memberitahu kepada dokter jika pernah menderita masalah kulit lain seperti dermatitis, eksim, seboroik, atau kanker kulit sebelum menggunakan obat adapalene. Jika mengalami masalah tersebut lalu menggunakan adapalene maka akan menyebabkan iritasi serius. Anda juga perlu menginformasikan jika Anda sedang hamil, berencana hamil atau sedang menyusui untuk pemakaian obat adapalene. 

Efek Samping

Ada beberapa efek samping yang mungkin dapat dialami dari pemakaian adapalene antara lain : rasa gatal pada area wajah yang berjerawat/komedo, sulit bernapas, serta terjadinya pembengkakan pada wajah, bibir lidah dan tenggorokan. Jika Anda mengalami gejala tersebut, maka cari bantuan medis dan segera pergi ke dokter.

Efek samping ringan lainnya yang kemungkinan timbul yaitu kulit memerah, terasa perih, hangat dan panas, serta menimbulkan iritasi. Untuk efek samping ringan tersebut, tidak perlu perawatan medis secara khusus. Kondisi tersebut akan menghilang dengan sendirinya setelah Anda terbiasa beradaptasi dari cara kerja obat adapalene.

Cara Konsumsi

Cucilah tangan Anda terlebih dahulu hingga bersih sebelum memakai obat adapalene. Lalu, Anda harus membersihkan area kulit wajah secara lembut dengan menggunakan sabun pembersih wajah dan keringkan jika sudah selesai. Sebelum mengoleskan obat, pastikan Anda menggunakan adapalene sesuai anjuran dari dokter serta membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan obat. 

Oleskan adapalene secara tipis-tipis pada jerawat atau komedo Anda menggunakan ujung jari. Selain menggunakan jari secara langsung, Anda dapat menggunakan kain kasa atau kapas untuk mengoleskan obat. Pemakaian obat ini biasanya digunakan satu kali sebelum tidur atau sesuai petunjuk dari dokter. 

Adapalene hanya digunakan untuk area kulit saja, maka jangan dioleskan pada bibir, ke dalam hidung. Anda juga dilarang menggunakan obat ini pada kulit yang luka, lecet atau kulit yang terbakar akibat sinar matahari dan eksim. Jauhkan pemakaian obat ini dari mata Anda, karena akan menyebabkan iritasi pada mata. Jika obat ini terkena pada mata, maka segeralah basuh mata Anda dengan air dan cuci hingga bersih. Setelah mengoleskan obat, Anda harus mencuci tangan kembali untuk menghindari bekas obat di tangan terkena mata.

Pada beberapa minggu pertama pemakaian adapalene, kemungkinan jerawat Anda tampak lebih buruk karena obat bekerja pada jerawat yang terdapat di dalam kulit. Hasil akhirnya akan Nampak terlihat setelah pemakaian selama 8 hingga 12 minggu kemudian. Agar hasil yang lebih maksimal, sebaiknya obat ini digunakan secara rutin. Agar tidak lupa pemakaiannya, maka gunakan obat ini pada waktu yang sama setiap hari supaya Anda tidak melewatkan waktu penggunaan dengan rutin.

Obat ini tidak disarankan digunakan secara berlebih atau lebih sering dari petunjuk yang tertera di obat. Karena hal ini akan memperparah kondisi kulit bahkan kulit Anda tidak akan cepat sembuh dan membaik. Pemakaian yang berlebih justru akan meningkatkan risiko kulit menjadi kemerahan, mengelupas dan menimbulkan rasa sakit.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis