fbpx
BerandaHidup SehatRadang Amandel: Pengertian, Gejala, Serta Cara Pengobatan

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Radang Amandel: Pengertian, Gejala, Serta Cara Pengobatan

Amandel, apakah anak Anda pernah terserang penyakit ini? Ya, amandel merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang daerah tenggorokan. Orang yang terkena penyakit ini akan mengalami peradangan atau inflamasi di daerah tenggorokan. 

Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak berusia 3 hingga 7 tahun. Namun serangan pada orang dewasa terkadang juga dapat terjadi. Untuk mencari tahu lebih lanjut, berikut akan dijelaskan seluk beluk penyakit beserta gejala dan juga cara mengatasinya

Apa Itu Amandel?

Amandel sejatinya bukanlah sebuah penyakit melainkan dua kelenjar kecil yang berada di daerah tenggorokan. Pada anak-anak yang belum memiliki pertahanan tubuh yang kuat, organ ini berfungsi untuk mencegah infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Namun seiring dengan berjalannya usia dan kuatnya sistem imun pada anak, maka fungsinya mulai tergantikan.

Apa Saja Gejalanya ?

Radang amandel memiliki gejala yang dapat dikenali. Gejala umum yang paling menonjol adalah adanya pembengkakan pada amandel. Selain itu beberapa gejala-gejala lain yang juga menyertainya antara lain demam, batuk, suara serak, sakit kepala, dan juga bau mulut.

Selain itu, penyakit ini juga biasanya akan menimbulkan bercak-bercak putih atau kuning pada tonjolan di daerah tenggorokan. Para penderita juga biasanya merasakan leher yang kaku, nyeri pada telinga, hingga kesulitan untuk menelan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pada mayoritas anak-anak yang menderita penyakit ini, mereka biasanya belum bisa mendeskripsikan dan menggambarkan rasa sakit yang diderita. Namun Anda dapat mengenali gejalanya dari perilaku yang mereka seperti rewel, tidak mau makan, dan juga sering ngiler.

Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter ketika mulai merasakan gejala kesulitan bernapas, mengalami ngiler, dan kesulitan menelan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Saja Faktor Pemicunya?

Faktor pemicu yang menyebabkan penyakit ini bisa datang dari berbagai hal. Namun faktor paling umum penyebab adanya penyakit ini adalah infeksi virus. Virus yang menyebabkan penyakit ini memiliki jenis yang sama dengan virus penyebab pilek (Rhinovirus) dan flu (Influenza tipe virus A).

Selain itu infeksi bakteri juga dapat menyebabkan adanya serangan penyakit ini. Jenis bakteri penyebabnya yaitu Streptococcus. Bakteri ini termasuk kedalam jenis bakteri yang bisa menyerang bagian tenggorokan.

Selain disebabkan oleh bakteri dan juga virus. Amandel juga dapat disebabkan oleh interaksi kontak dengan penderita lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Media penularan antara lain air ludah, dahak, dan juga bersin.

Bagaimana Cara Pengobatan Radang Amandel

Penanganan penyakit ini harus dilakukan sesuai dengan tingkat keparahannya. Jika serangannya tergolong ringan maka perawatan di rumah dan pemberian obat berdasarkan resep dokter dirasa sudah cukup. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain itu penderita juga dianjurkan untuk beristirahat yang cukup, mengkonsumsi air putih yang cukup, menghindari paparan asap rokok, dan menggunakan alat pelembab udara. Pemberian obat antibiotik juga dapat dilakukan apabila penyakit terjadi diakibatkan oleh infeksi bakteri.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat diri merasa lebih baik adalah dengan istirahat yang cukup, minum cukup air, konsumsi makanan yang lunak, dan berkumur dengan air garam.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Saja Komplikasi dari Radang Amandel

Walaupun tergolong remeh, namun penanganan penyakit ini harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Jika penanganan lambat dan tidak tepat maka ada kemungkinan terjadi berbagai komplikasi penyakit pada tubuh seperti kesulitan bernafas, apnea tidur hingga infeksi ke organ tubuh lain.

Selain itu, pada penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri komplikasi yang terjadi diantaranya demam rematik yang dapat mempengaruhi jantung dan sendi serta glomerulonefritis yang menimbulkan peradangan pada ginjal. Komplikasi ini dapat menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki dan juga mata.

Demikianlah sekilas ulasan mengenai penyakit amandel yang sering diderita anak-anak. Walaupun tergolong sepele, namun penanganan dan pengenalan gejala yang cepat dan tepat tentunya dapat memperkecil risiko munculnya komplikasi penyakit lain.

Demikian informasi seputar penyebab, gejala, serta cara pengobatan penyakit radang amandel. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk membantu mengobati gejala penyakit radang amandel hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman