fbpx
BerandaDokter8 Tips bagi Dokter Lakukan Konsultasi Online dengan Mudah

Mewabahnya COVID-19 di berbagai negara, memaksa kita membatasi kegiatan di ruang publik. Sebut saja perkantoran, sekolah, bahkan rumah sakit atau klinik ketika sakit menjadi terbatas akibat adanya pandemi ini. Sebisa mungkin orang-orang akan menghindari datang ke pelayanan kesehatan karena khawatir akan risiko penularan COVID-19. Terlebih banyak pasien COVID-19 yang melakukan perawatan di rumah sakit, sehingga rumah sakit menjadi salah satu tempat umum yang sangat ditakuti.

konsultasi-dokter-online

Meski begitu, berbagai aspek kehidupan kini mengupayakan pembatasan jarak secara fisik untuk menghindari penularan COVID-19. Mulai dari sekolah, jual-beli, termasuk pelayanan kesehatan kini bisa Anda akses secara online. Pelayanan kesehatan ini disebut juga dengan layanan telemedik atau telemedicine.

Layanan telemedik atau telemedicine adalah teknologi untuk memberikan pelayanan kesehatan dan informasi kesehatan dengan jarak jauh. Layanan telemedik juga memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi online dengan dokter tanpa harus melakukan tatap muka.

Meski layanan telemedik atau telemedicine telah hadir cukup lama, mungkin sebagian tenaga kesehatan dan masyarakat masih canggung dalam menggunakan layanan ini. Ya, selain komunikasi medis yang biasanya dilakukan secara tatap muka, dengan layanan telemedik dokter jadi perlu melakukan diagnosis tanpa tatap muka. Meskipun jika dirasa membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut dokter dapat merujuk pasien ke pelayanan kesehatan. Semenjak COVID-19, semakin banyak masyarakat Indonesia yang mulai menggunakan telemedicine sebagai solusi berobat untuk mereka. Walaupun belum menjangkau semua jenis dan lapisan masyarakat, telemedik tentunya telah membantu banyak orang.

Jika Anda adalah seorang dokter yang sedang berpikir untuk mencoba melakukan praktik secara virtual dan bergabung dengan telemedicine, dapat dikatakan Anda sudah mengambil langkah pertama yang tepat. Bukan saja Anda dapat menolong pasien secara fleksibel dimana saja dan kapan saja, tapi Anda memiliki kesempatan untuk berkontribusi pada peningkatan layanan kesehatan, khususnya di Indonesia. Berikut ini terdapat beberapa tips bagi para dokter yang ingin memulai praktik secara virtual dengan mudah.

Tips Melakukan Praktik secara Virtual

1. Pilih Layanan Telemedik yang Tepat

Sebelum beralih ke layanan telemedik, Anda perlu mencari tahu layanan telemedik yang bagus dan tepat. Layanan telemedik yang baik akan mempermudah Anda dalam menolong pasien. Salah satunya adalah fitur dan layanan yang dapat Anda dan pasien akses. Fitur dan layanan yang semakin lengkap akan membuat Anda lebih mudah dalam memeriksa menegakkan diagnosa pasien. Misalnya, teknologi telemedisin yang menyediakan layanan konsultasi online menggunakan pesan, panggilan suara, atau video yang dapat memudahkan Dokter dalam memahami kondisi pasien. Anda juga lebih mudah dalam berkomunikasi dengan pasien meski tidak melakukan pertemuan secara tatap muka.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Koneksi Internet Aman dan Cepat

Meski terlihat sepele, komponen yang satu ini sangat penting dalam praktik virtual. Koneksi internet yang aman dan cepat dapat mempermudah Anda dalam melayani pasien. Dalam layanan telemedik, biasanya Dokter dan pasien akan diberikan durasi waktu dalam melakukan konsultasi secara online. Jadi ketika koneksi internet aman dan cepat, Dokter tidak membuang-buang waktu pasien ketika berkonsultasi dan dapat lebih mudah dalam memahami kondisi pasien.

3. Pastikan Anda Mendapat Persetujuan Pasien Sebelum Memulai Konsultasi

Persetujuan pasien merupakan hal yang sangat penting sebelum Dokter memulai konsultasi online. Biasanya informed consent atau persetujuan medik dilakukan ketika akan dilakukan tindakan medis. Namun pada praktik virtual, ada baiknya jika dokter menjelaskan alur konsultasi dan pengobatan yang akan dilakukan secara virtual agar pasien mengerti. Dokter juga perlu memberi penjelasan mengenai obat-obatan jika meresepkan obat yang akan diminum selama masa pengobatan pasien.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Informatif

Memulai praktik secara virtual, terkadang membuat Anda gugup karena metode konsultasi yang berubah. Meski begitu, Anda perlu mengingat bahwa Anda perlu tetap informatif dalam memberikan informasi kepada pasien. Konsultasi yang dilakukan secara virtual terkadang membuat pasien lebih sulit memahami informasi. Pastikan Anda memberikan informasi secara jelas dan mudah dipahami oleh pasien. Tanyakanlah kepada pasien apakah mereka mengerti atau tidak, dan jelaskanlah dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh pasien.

5. Gunakan Isyarat Verbal dan Nonverbal

Jika secara tatap muka mungkin pasien dapat mengamati secara langsung bahwa Anda mendengarkan keluhannya. Namun hal ini berbeda pada pertemuan virtual. Pasien lebih sulit memahami apakah Anda mendengarkan keluhannya atau tidak. Sehingga isyarat verbal dan nonverbal sangat penting untuk membuat pasien merasa didengarkan. Jika pasien merasa didengarkan oleh dokter, biasanya pasien akan jauh lebih terbuka untuk menceritakan keluhannya. Hal ini tentu membuat Anda lebih mudah memahami kondisi yang dialami oleh pasien.

6. Pastikan Apa yang Anda Berikan Telah Sesuai Harapan Pasien

Harapan pasien sangatlah penting. Pada sesi konsultasi online, pasien mungkin mengalami kesulitan memahami apa yang Dokter sampaikan. Keterbatasan jarak juga membuat pasien lebih sulit mengungkapkan apa yang mereka alami. Sehingga sangat penting bagi dokter untuk memastikan bahwa apa yang diberikan telah sesuai dengan harapan pasien. Hal ini dapat membuat pasien merasa dimengerti dan memengaruhi penilaian pasien terhadap performa Anda.

7. Menerima Masukan Pasien

Masukan pasien adalah hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan. Masukan dari pasien sangat membantu Dokter dalam mengembangkan layanan dalam melakukan konsultasi secara online. Anda jadi lebih tahu apa yang sebenarnya diharapkan pasien ketika menjalani sesi konsultasi bersama Anda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

8. Berpenampilan Sopan dan Rapi Saat Akan Melakukan Janji Konsultasi

Hal terakhir ini adalah hal yang sering dilupakan oleh para dokter. Meski Dokter melakukan konsultasi secara online, Anda tetap perlu berpakaian rapi sama seperti ketika Anda melakukan konsultasi di pelayanan kesehatan secara tatap muka. Ini akan membuat Anda terlihat lebih profesional dalam melakukan pelayanan dengan pasien. 

Apa Itu Lifepack?

Lifepack merupakan apotek digital yang menawarkan penebusan obat secara online secara aman, nyaman, dan praktis. Kehadiran Lifepack memiliki fokus terhadap penyakit kronis dengan tujuan mempermudah pasien dengan penyakit kronis untuk menjangkau obat-obatan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Lifepack hadir dengan fitur-fitur yang mempermudah pasien dalam menjalani masa pengobatannya. Hal ini dikarenakan Lifepack memiliki fitur pengingat minum obat, foto resep secara online, dan melakukan pemesanan obat yang dapat dilakukan meski dari rumah. Obat yang dapat Anda pesan pun beragam, mulai dari suplemen seperti Blackmores Bio C 1000 mg – 90 tablet – Vitamin C 1000mg (Rp304.853) hingga obat penyakit kronis. Pesanan akan langsung diantar ke rumah sesuai dengan alamat pesanan.

Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, layanan telemedik dengan dokter yang profesional sangat dibutuhkan. Masa pandemi yang terus berlangsung membuat sebagian orang khawatir bahkan mengalami kesulitan dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Dengan Lifepack, tentu dokter akan ikut membantu memudahkan pasien dalam menjangkau layanan kesehatan dan obat-obatan. Pasien jadi merasa lebih dekat, aman, dan nyaman dengan layanan kesehatan meski dilakukan hanya dari rumah.

Bergabunglah dengan Lifepack Sekarang!

Bersama Lifepack, dokter tidak hanya mempermudah pasien dalam mengakses layanan kesehatan, melainkan juga turut serta dalam membangun revolusi pelayanan kesehatan yang dapat diakses oleh semua orang.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dokter juga dapat menolong pasien lebih mudah dan aman meski dari rumah saja. Dengan Lifepack, dokter dapat memberikan konsultasi kepada pasien dan meresepkan obat secara online. Selain itu dokter juga akan lebih fleksibel waktu dan tempat dalam menolong pasien.

Dengan Lifepack, dokter akan mendapat kemudahan serta referral fee yang menarik. Bersama Lifepack, Anda dapat menolong pasien tanpa rasa khawatir. Konsultasi dengan pasien jadi lebih aman dan nyaman dimana saja. Daftar sekarang dan rasakan kemudahan saat menolong pasien bersama Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

resep obat harus ditulis dengan baik dan benar. Agar tidak lupa dan bingung, berikut cara penulisan resep obat yang baik dan benar.

Begini Cara Penulisan Resep Obat yang Baik dan Benar

Dokter   24/05/2022
cara tebus obat online

Cara Tebus Obat Online & Obat Rutin di Lifepack

Telemedik   18/03/2022
dokter perempuan pertama di indonesia

Marie Thomas: Dokter Perempuan Pertama di Indonesia

Dokter   08/03/2022
dokter umum surabaya

20 Rekomendasi Dokter Umum Surabaya

Dokter   17/02/2022
pilihan dokter jantung anak jakarta

Daftar Pilihan Dokter Jantung Anak Jakarta

Dokter   17/02/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman