fbpx

7 Penyebab Diabetes yang Dari Kebiasaan Sehari-Hari

Apr 30, 2020 | Diabetes | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Penyakit diabetes memang bukan menjadi penyakit yang asing bagi masyarakat, karena sudah banyaknya para penderita diabetes yang disebabkan karena beberapa faktor. Pada penderita diabetes memiliki kondisi metabolisme tubuh yang abnormal. Penyebab diabetes adalah kadar glukosa dalam darah dan urin mengalami peningkatan yang disebabkan karena ketidakmampuan tubuh dalam menghasilkan hormon insulin.

Terdapat beberapa faktor penyebab diabetes. Berikut beberapa penyebab diabetes yang berasal kebiasaan sehari-hari yaitu seperti berikut ini:

Terlalu sering mengkonsumsi teh manis

Mengkonsumsi teh manis terlalu berlebihan dapat beresiko terserang penyakit diabetes. Jika Anda ingin mengkonsumsi teh manis sebaiknya Anda mengurangi jumlah gula. Karena jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi teh manis tidak hanya menimbulkan penyakit diabetes saja akan tetapi juga bisa mengakibatkan obesitas. Ada minuman pengganti yang bisa menggantikan teh manis yaitu seperti air putih maupun teh tanpa gula.

Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi para masyarakat. Namun sayangnya di balik dari kelezatan gorengan dapat menjadi salah satu pemicu kemunculan penyakit diabetes. Selain dapat menyebabkan penyakit diabetes ternyata gorengan juga dapat menimbulkan penyakit kardiovaskuler maupun stroke. Dengan demikian sebaiknya Anda mengurangi jumlah gorengan yang Anda konsumsi setiap harinya supaya terhindar dari penyakit diabetes.

Terlalu sering ngemil

Ngemil tidak tidak hanya menjadikan tubuh mengalami kegemukan atau obesitas saja. Akan tetapi terlalu sering ngemil juga dapat memicu kemunculan penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan ketika ngemil perut yang belum merasa kenyang seringkali diisi dengan makanan manis seperti kue, biskuit atau makanan camilan yang lainnya.

Kualitas tidur yang buruk

Tubuh membutuhkan Tidur yang cukup supaya kualitas kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. Kemampuan dalam memproses glukosa akan mengalami penurunan secara drastis jika seseorang memiliki kualitas tidur yang buruk selama 3 hari berturut-turut. Hal ini dapat menimbulkan penyakit diabetes yang semakin meningkat. Selain itu hormon pada darah juga dapat memicu pada nafsu makan.

Malas melakukan aktivitas fisik

Semakin perkembangan mulai menuju ke zaman modern maka banyak para masyarakat yang malas dalam melakukan aktivitas fisik. Misalnya seperti malas untuk berjalan kaki Karena lebih memilih untuk mengendarai motor. Bahkan banyak para masyarakat yang malas mengendarai sepeda karena malas mengayuh dan memilih mengendarai kendaraan bermotor atau mobil sebagai salah satu aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Ketika tubuh minim dalam melakukan aktivitas fisik maka dapat meningkatkan penyakit diabetes dalam tubuh.

Pikiran yang stres

Pada saat pikiran mengalami stres maka produksi hormon epinephrine dalam tubuh akan  mengalami peningkatan pada jumlah produksi si dan juga kortisol sehingga menimbulkan gula darah semakin naik. Sementara kadar gula darah akan terus dipicu karena pikiran yang stres berkepanjangan tanpa memiliki jalan keluar. Cara untuk menghindari penyakit diabetes yang berkepanjangan sebaiknya Anda membuat pikiran menjadi lebih rileks dan menghindari stres.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Apa itu Diabetes dan Gejalanya
5 Komplikasi Yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes
Kenali Bahaya Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2!
Suplemen dan Vitamin Yang Baik Untuk Puasa
10 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah
5 Tanda dan Gejala Stroke Yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak bisa lepas dari rokok

Rokok tidak hanya menyebabkan kanker paru-paru saja, namun ternyata kecanduan rokok juga dapat menimbulkan penyakit diabetes. Sebaiknya Anda mulai untuk mengurangi jumlah rokok yang Anda hisap setiap harinya. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggantikan rokok dengan permen bebas gula atau dengan melakukan hypnotherapy.

Penyakit diabetes memang dapat menyerang siapapun tanpa memandang jenis kelamin dan usia. Jika penyakit diabetes dibiarkan begitu saja maka dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan yang mana diabetes dapat merenggut nyawa penderitanya. Dari ke-7 penyebab di atas sebaiknya Anda menghindari nya dan mulai membiasakan hidup sehat.

Jika Anda maupun keluarga mengidap penyakit diabetes, pastikan mengonsumsi obat yang tepat dari anjuran dokter. Untuk memenuhi kebutuhan obat kronis, anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis