fbpx
BerandadirektoriPenyakitPenyakit Diabetes: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Ditinjau oleh: dr. Amanda Ismoetia

penyakit diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula atau glukosa dalam darah. Glukosa merupakan zat yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh manusia. Tetapi, kelebihan kadar gula pada tubuh juga bukan hal yang baik. Kelebihan kadar gula ini dapat disebabkan karena tubuh tidak dapat menyerap gula darah dengan baik sehingga kadar gula darah pun akhirnya menumpuk dan meningkat sehingga menyebabkan munculnya penyakit diabetes. 

Gejala Penyakit Diabetes

Gejala yang muncul pada penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 tentunya berbeda. Diabetes tipe 1 memiliki gejala yang dapat berkembang dengan cepat, umumnya hanya dalam waktu beberapa minggu. Sedangkan pada diabetes tipe 2, banyak penderitanya yang tidak menyadari bahkan setelah bertahun-tahun. Secara umum, gejala yang disebabkan oleh diabetes yaitu sering merasa haus, sering buang air kecil, merasa lapar, kehilangan berat badan secara drastis, massa otot yang berkurang, merasa lemas dan juga luka menjadi lebih susah untuk sembuh. Selain itu, ada ciri-ciri lain yang bisa ditimbulkan jika seseorang menderita diabetes diantaranya:

  • Mulut terasa kering
  • Sensasi terbakar, kaku dan juga nyeri pada kaki
  • Gatal
  • Disfungsi ereksi atau impotensi
  • Muncul bercak-bercak hitam di sekitar leher, ketiak dan juga selangkangan akibat resistensi insulin

Beberapa orang juga bisa mengalami kondisi yang dinamakan prediabetes yaitu kondisi jika glukosa dalam darah di atas normal tapi belum terlalu tinggi untuk disebut dengan diabetes. Tapi jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan baik maka akan muncul ciri ciri diabetes tipe 2.

Penyebab Penyakit Diabetes

Penyebab dari munculnya penyakit diabetes ini yaitu karena adanya gangguan dalam tubuh yang menyebabkan ketidakmampuan untuk menyerap kadar gula darah dalam tubuh sehingga akan terjadi penumpukan dalam jumlah yang banyak. Gangguan ini muncul karena organ pankreas pada tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup, atau insulin yang diproduksi tidak bisa bekerja secara efektif. Itulah ciri ciri diabetes yang umum.

Pada diabetes tipe 2, gangguan ini terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi hormon yang dapat mengubah kadar glukosa menjadi energi. Jika kadar glukosa pada tubuh meningkat, maka hal ini akan merusak pembuluh darah yang ada pada ginjal, jantung, mata, dan juga pada sistem saraf sehingga pada akhirnya akan menimbulkan komplikasi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cara Mengatasi

Hal dasar yang wajib dilakukan oleh penderita diabetes adalah untuk mengatur pola makan. Penderita diabetes wajib mengurangi makanan dengan kadar gula yang tinggi. Sebagai alternatifnya, penderita diabetes dapat menggunakan pemanis bebas gula sebagai pengganti gula. Selain menjaga makanan, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit diabetes.

  • Berolahraga

Selain menjaga pola makan, penderita diabetes dapat rutin berolahraga minimal 10 sampai 30 menit sehari. Dengan rajin berolahraga, maka akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Tetapi, jika diabetes yang Anda alami sudah akut, maka dokter akan menganjurkan Anda untuk melakukan terapi insulin untuk mengatur gula darah yang ada pada tubuh. Terapi insulin dilakukan dalam bentuk suntikan. Dokter yang akan mengatur jenis dan juga dosis dari insulin tersebut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Operasi Pencangkokan

Pada kasus berat seperti diabetes tipe 1, dokter dapat melakukan operasi pencangkokan atau transplantasi pankreas untuk menggantikan pankreas yang telah mengalami kerusakan. Pankreas merupakan organ tubuh yang memproduksi insulin. Jika sudah menjalani operasi transplantasi, maka penderita diabetes tidak lagi memerlukan terapi insulin. Tetapi, penderita tentunya masih perlu mengkonsumsi obat secara rutin.

  • Mengonsumsi Obat

Pada kasus diabetes tipe 2, dokter umumnya akan memberikan obat diabetes seperti Metformin. Obat ini berfungsi untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah yang ada di hati. Penderita diabetes harus rutin untuk melakukan cek gula darah. Melakukan cek gula darah dapat dilakukan pada kondisi sebelum dan juga sesudah makan. Pengecekan yang rutin akan membantu Anda untuk mengetahui perkembangan gula darah yang ada tubuh dan menjadi sadar terhadap ciri-ciri diabetes.

“Mengonsumsi obat diabetes secara rutin dan teratur juga diimbangi dengan pola hidup yang sehat akan menurunkan resiko komplikasi dari diabetes, komplikasi yang sangat mungkin terjadi pada diabetes tak terkontrol berupa gangguan saraf, kerusakan ginjal dan serangan stroke” tambah dr. Amanda Ismoetia, tim dokter Lifepack.

Galvusmet 50MG/500MG 30 Tablet – Obat Diabetes Mengandung Metformin dan Vildagliptin (Rp303.000) adalah salah satu obat yang dapat menangani diabetes.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pembesaran kantung udara di paru-paru

Emfisema: Pembesaran Kantung Udara di Paru-Paru

direktoriPenyakit   10/11/2022
perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman