fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf BWaspadai! 7 Penyebab Batuk di Malam Hari Tak Kunjung Sembuh

Pernahkah Anda terbangun di malam hari karena batuk? Batuk sekali dua kali di malam hari mungkin pernah dirasakan sebagian orang, tetapi batuk terus menerus pada malam hari harus diwaspadai. Selain mengganggu tidur, batuk yang tak kunjung sembuh dapat menjadi gejala penyakit yang lebih parah. Baca artikel ini untuk mengetahui kenapa batuk dapat terjadi dan apa penyebab batuk di malam hari Anda tidak sembuh-sembuh.

penyebab batuk di malam hari

Kenapa Anda batuk?

Batuk adalah reaksi refluks yang disebabkan oleh iritasi seperti debu, asap, polusi, atau lendir, yang masuk ke dalam tubuh. Ini merupakan bentuk perlindungan alami untuk mengeluarkan hal-hal yang tidak seharusnya masuk ke dalam tubuh. 

Batuk dapat keluar disertai lendir atau tidak. Batuk berlendir disebut juga sebagai batuk berdahak atau batuk produktif. 

Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri pada saluran pernapasan seperti pneumonia dan batuk rejan. Infeksi akan menyebabkan peradangan dalam tubuh yang meningkatkan dan mengentalkan lendir dahak tersebut

Penyebab batuk di malam hari

Ada beberapa kemungkinan Anda batuk tak kunjung sembuh di malam hari. Berikut beberapa penyebabnya.

1. Infeksi virus

Sebagian besar batuk kering disebabkan oleh infeksi seperti pilek dan flu. Gejala pilek dan flu akut biasanya akan berlangsung sekitar satu minggu, tetapi gejala ini juga dapat berlangsung hingga seminggu lamanya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Asma

Penyakit yang satu ini akan menyebabkan saluran udara meradang dan menyempit sehingga sulit untuk bernapas. Salah satu gejala utama dari asma adalah batuk kronis yang bisa muncul dengan dahak ataupun tidak. Gejala ini akan memburuk pada malam dan dini hari ketika Anda beristirahat. 

Namun, batuk asma disertai juga dengan sesak napas, sesak atau nyeri dada, hingga munculnya suara siulan saat menghembuskan napas.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Gastroesophageal reflux disease atau GERD

Kondisi Gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi karena refluks asam dari lambung naik ke kerongkongan. Asam lambung dapat mengiritasi kerongkongan dan memicu refleks batuk Anda.

GERD disertai juga dengan gejala maag, nyeri dada, regurgitasi makanan, batuk kronis, sakit tenggorokan kronis, suara serak ringan, kesulitan menelan.

4. Postnasal drip

Jika Anda memiliki riwayat atau penyakit sinus, kemungkinan besar batuk Anda disebabkan oleh kondisi postnasal drip. Kondisi terjadi saat dahak diproduksi secara berlebih pada hidung atau rongga sinus sehingga terkumpul pada bagian belakang tenggorokan selama Anda tidur. 

5. Bronkitis kronis

Penyakit yang satu ini menyebabkan peradangan saluran pernapasan yang kunjung memburuk. Pada umumnya, batuk pada pasien bronkitis kronis disertai dengan dahak. Bronkitis kronis pada umumnya dijumpai pada pasien yang memiliki riwayat sebagai perokok berat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

6. Gagal jantung

Salah satu gejala penyakit gagal jantung adalah batuk terus-menerus yang disertai sesak napas. Batuk pada pasien gagal jantung akan menjadi lebih berat di saat Anda berbaring terlentang di malam hari. Gejala batuk akan disertai sesak napas.

7. Kanker paru-paru

Kanker yang menyerang pernapasan akan memyebabkan memiliki batuk terus-menerus. Penyakit yang sudah di tahap parah akan disertai juga batuk berdarah, nyeri dada, dan penurunan berat badan yang drastis dan tidak dapat dijelaskan

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Mengatasi batuk di malam hari

Jika batuk tidak kunjung sembuh, lakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi berbagai penyebab batuk di malam hari.

1. Gunakan filter udara atau air humidifier

Mungkin Anda rutin mencuci sprei dan membersihkan kamar, tetapi alangkah baiknya jika Anda juga memperhatikan kebersihan udara dari bakteri dan virus.Anda bisa gunakan filter udara HEPA yang juga akan mencegah tungau atau bakteri penyebab penyakit lainnya. 

Selain itu, air humidifier akan membuat udara kamar tidur dan pernapasan lebih lembab. Udara kering dan panas dapat menyebabkan saluran pernapasan menjadi lebih berisiko untuk batuk. 

2. Berkumur air garam sebelum tidur

Untuk pasien asma, alergi, dan infeksi, berkumur dengan larutan air asin akan membantu membersihkan saluran pernafasan yang tersumbat. Anda bisa melakukan ini setiap sebelum tidur. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Konsumsi madu

Madu memiliki sifat anti-inflamasi atau peradangan yang akan menekan refleks batuk secara alami. Madu sudah banyak digunakan untuk mengatasi batuk, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu mentah ke dalam teh atau air hangat untuk meredakan tenggorokkan yang tidak nyaman. 

4. Konsumsi obat batuk

Batuk terus-menerus mungkin akan lebih cepat disembuhkan dengan obat khusus. Anda bisa mencoba mengonsumsi obat over-the-counter yang tidak memerlukan resep dokter terlebih dahulu. Untuk batuk tidak berdahak, Anda bisa mencoba Siladex Antitusive syrup 60 ml – 60 ml (Rp26.500). Konsumsi OBH Combi Batuk Berdahak Menthol – 100 ml (Rp14.200) jika batuk Anda disertai dahak.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika batuk tidak kunjung sembuh atau mereda, segera dikonsultasikan diri ke dokter. Batuk yang justru bertambah parah tidak boleh diabaikan karena dapat menjadi salah satu gejala penyakit kronis.

Manfaatkan layanan konsultasi gratis dari Apotek Online Lifepack. Nikmati kemudahan konsultasi dengan dokter terpercaya melalui WhatsApp di link berikut

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

apa itu bulimia

Bulimia: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

ciri-ciri penyakit bronkitis

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis Sebelum Terlambat

obat batuk pilek anak

5 Obat Batuk Pilek Anak Dengan Resep Dokter

Ibu dan Anak   24/02/2022
belekan pada bayi

Bayi Belekan? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Belekan Pada Bayi

penyebab batuk kering

7 Kemungkinan Penyebab Batuk Kering Pada Anak

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman