fbpx
BerandaHidup Sehat5 Cedera Sepak Bola yang Kerap Dialami Pemain Sepak Bola

Olahraga menjadi salah satu aktivitas fisik yang kini banyak digemari orang. Ada berbagai macam olahraga yang kini dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk salah satunya adalah sepak bola. Sepak bola sendiri masuk ke dalam salah satu jenis olahraga yang banyak mengandalkan kekuatan fisik untuk dapat melakukannya. Namun cedera sepak bola adalah salah satu resikonya.

cedera-sepak-bola

Maka tak heran, setiap pemain sepak bola pasti memiliki peluang dapat mengalami cedera ketika bermain. Bahkan, cedera yang dialami oleh pemain sepak bola bisa membuatnya terpaksa harus absen atau tidak bisa ikut terjun ke pertandingan dalam waktu lama yang biasanya hal ini dapat memengaruhi popularitas dari klub dan juga pemain.

Mungkin bagi Anda orang yang awam, sering bertanya mengenai seberapa sering seorang pemain sepak bola dapat mengalami cedera. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, faktanya setiap 1000 menit dalam pertandingan, setidaknya ada sekitar 10 hingga 35 pemain sepak bola yang pasti mengalami cedera sepak bola.

Bisa dikatakan, cedera pada sepak bola paling sering disebabkan oleh trauma dan sisanya bisa disebabkan oleh penggunaan otot atau fisik yang berlebihan baik ketika bertanding maupun saat latihan. Karena hal ini lah, cedera bisa menjadi mimpi buruk bagi semua orang yang selalu bergelut di bidang olahraga.

Sebagian besar cedera yang sering dialami oleh atlet sepak bola berada di bagian pergelangan kaki dan sendi lutut. Bahkan, hampir 90% cedera yang dialami juga berhubungan dengan tungkai bagian bawah. Sedangkan untuk penjaga gawang sendiri, cedera lebih sering dialami pada bagian kepala, wajah, leher dan tubuh bagian atas dibandingkan dengan bagian bawah.

Cedera Sepak Bola yang Sering Dialami Pemain Sepak Bola

Perlu Anda ketahui, saat ini ada beberapa cedera yang sering dialami oleh seorang pemain sepak bola. Bahkan, organisasi sepak bola internasional, yaitu FIFA pun juga telah memiliki beberapa data terkait cedera yang dialami pemain sepak bola. Dari beberapa cedera tersebut, bahkan sampai bisa membuat sang pemain terpaksa harus rehat selama berbulan-bulan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Keseleo

Cedera pertama yang paling sering dialami pemain sepak bola adalah keseleo. Keseleo sendiri umumnya terjadi pada bagian kaki dan merupakan salah satu cedera yang paling sering terjadi ketika seorang atlet. Cedera ini bisa terjadi pada bagian sisi luar pergelangan kaki, ketika posisi telapak kaki orang tersebut berubah tiba-tiba ke dalam. 

Keseleo saat bermain bola ini dapat diakibatkan oleh berbagai macam faktor. Faktor itu mulai dari adanya hantaman antar tubuh pemain yang tidak bisa dihindari, salah posisi ketika lari, atau jatuh mendarat ke tanah dengan posisi yang salah. Gejala jika orang mengalami keseleo ini biasanya berupa muncul bengkak dan terasa nyeri pada bagian pergelangan kaki. Salah satu cara pengobatannya adalah dengan menggunakan obat pereda nyeri seperti Kaltrofen Gel (mulai dari 100ribu). KALTROFEN GEL mengandung zat aktif Ketoprofen. Obat topikal ini digunakan untuk mengatasi nyeri karena trauma ringan, terutama yang disebabkan oleh cedera sewaktu berolahraga atau ketika terkilir. Penggunaan obat harus sesuai petunjuk dokter.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Atau Anda juga bisa menggunakan Salonpas Jet Spray (mulai dari 80ribu), obat semprot yang dapat meringankan rasa nyeri akibat nyeri sendi, otot, keseleo, terkilir, dan pegal-pegal..

2. ACL

Berikutnya ada cedera ACL atau yang bisa disebut dengan ligamen krusiatum anterior. Umumnya cedera ini terjadi pada bagian ligamen penahan persendian lutut. Cedera ACL ini sendiri, biasanya disebabkan karena adanya kontak langsung seperti tackle dari pemain lawan atau karena penyebab non-kontak fisik seperti jatuh dengan posisi yang salah.

Cedera ACL menjadi salah satu cedera yang paling ditakuti oleh para pemain sepak bola, karena masa penyembuhannya sendiri bisa memakan waktu hingga 6 bulan. Akhirnya, hal ini menyebabkan seorang pemain sepak bola harus absen selama hampir setengah musim pertandingan. Tentu saja, imbasnya adalah pada karir pemain sepak bola tersebut yang redup.

3. Cedera Hamstring 

Lalu ada cedera hamstring yang biasa dialami oleh pemain sepak bola. Cedera hamstring ini sendiri adalah kondisi dimana terpelintirnya otot hamstring atau bisa juga bisa terjadi karena adanya luka robek. Hamstring merupakan bagian dari tiga kelompok otot yang terdapat pada paha bagian belakang seseorang. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cedera ini umumnya terjadi karena adanya gerakan menendang yang dilakukan oleh pemain sepak bola. Cedera hamstring juga seringkali menjadi mimpi buruk yang mengerikan bagi pemain sepak bola karena angka kejadian berulangnya yang sangat tinggi dan biasanya waktu yang diperlukan untuk sembuh lebih panjang jika terjadi untuk yang kedua kalinya.

4. Cedera Kepala

Dengan hal ini, tentu membuat pemain sepak bola lebih rentan terkena cedera kepala bila salah melakukan teknik. Cedera kepala ini biasa terjadi karena adanya benturan, baik terhadap sesama pemain, tanah ataupun juga bola. Jika benturan yang terjadi cukup keras, dapat mengakibatkan cedera paling berbahaya seperti gegar otak, maupun juga keretakan tulang tengkorak.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan Anda? Dapatkan konsultasi dokter online dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang!

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara mengatasi hidung tersumbat sebelah

9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

Hidup Sehat   22/06/2022
probiotik untuk imunitas

5 Fungsi Probiotik Selain untuk Imunitas

Hidup Sehat   10/06/2022
pentingnya pemeriksaan kesehatan

Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan: Medical Check Up (MCU)

Hidup Sehat   08/06/2022
cara membersihkan usus kotor

Cara Membersihkan Usus Kotor

Hidup Sehat   04/06/2022
obat penghilang bau mulut di apotek

7 Obat Penghilang Bau Mulut di Apotek

Hidup Sehat   12/05/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman