fbpx
BerandaHidup Sehat5 Cara Mengatasi Darah Rendah Saat Puasa

Puasa merupakan kewajiban untuk umat Muslim di bulan ramadhan. Baik wanita dan laki-laki, setiap penganut agama Islam harus menahan nafsu dan lapar mulai dari Subuh hingga Maghrib. Walaupun begitu, pasien dengan penyakit parah tidak diwajibkan untuk puasa. Tentunya, hal ini ditentukan dengan anjuran dari tenaga medis. Lalu, bagaimana dengan pengidap darah rendah? Baca artikel berikut untuk mengetahui apakah pengidap darah rendah boleh berpuasa, hingga cara-cara mengatasi darah rendah saat puasa, serta rekomendasi menu sahur untuk darah rendah.

cara mengatasi darah rendah saat puasa

Apakah pengidap darah rendah aman untuk berpuasa? 

Dari segi medis, kondisi darah rendah atau hipotensi dianjurkan untuk tetap berpuasa selama kondisi tubuh stabil dan tidak muncul gejala-gejala yang dapat mengancam kesehatan. 

Beberapa gejala dari darah rendah yang mungkin muncul adalah:

  • Pusing atau kliyengan
  • Merasa mual
  • Penglihatan kabur
  • Umumnya merasa lemah
  • Kebingungan
  • Pingsan

Gejala-gejala tersebut dapat muncul karena tubuh tidak mampu memompa pasokan darah yang cukup ke seluruh tubuh, sehingga organ-organ tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Pengidap tekanan darah rendah pada umumnya memiliki tekanan kurang dari 90/60 mmHg.

Kondisi ini dapat diatasi dengan cara memiliki rutinitas dan asupan yang baik sebelum berpuasa baik sesudah berbuka. Berikut tips berpuasa untuk pengidap darah rendah.

5 Cara mengatasi darah rendah saat puasa

1. Dapatkan tidur berkualitas

Pada umumnya, persiapan sahur akan membutuhkan Anda untuk bangun lebih cepat di dini hari. Jika Anda merupakan penderita darah rendah, sebisa mungkin tidur lebih cepat di malam hari untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Tidur yang tidak berkualitas, termasuk dengan mendengkur dan mimpi buruk, dapat membuat imunitas turun dan memperburuk gejala darah rendah. Dengan tidur berkualitas, Anda juga akan mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas dengan wajar di siang hari.

Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan rutinitas yang berbeda ketika bulan ramadhan. Contohnya, hindari begadang semalaman atau membalikkan waktu tidur di siang hari. Ketika bangun, jangan melakukan gerakan yang tiba-tiba seperti terlalu cepat berdiri atau duduk karena akan menimbulkan gejala kliyengan dan penglihatan buram.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

2. Minum air mineral lebih banyak

Tanpa kadar air dan garam yang cukup, tubuh akan cenderung mengalami tekanan darah rendah. Sedangkan, persyaratan puasa tidak memungkinkan untuk minum air di siang hari. Dengan begitu, cara mengatasi darah rendah saat puasa adalah dengan mengonsumsi air mineral dalam jumlah yang lebih banyak di saat sahur dan berbuka.

Pada orang dewasa, anjuran konsumsi air mineral saat puasa adalah 8 gelas atau 2 liter. Anjuran ini dapat dibagi dengan mudah ke dalam 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, dan 4 gelas di malam hari. Tidak ada salahnya untuk minum sedikit lebih banyak dari anjuran tersebut.

Hindari mengganti air mineral dengan air yang mengandung cairan gula seperti boba atau milk tea. Anda bisa membuat infused water jika ingin merasakan variasi yang lebih lezat. Kadar air yang cukup alhasil akan membantu darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh sepanjang hari.

3. Tambahkan garam atau makanan asin lainnya ke menu sahur

Menu sahur akan menjadi penentu energi Anda selama berpuasa dan beraktivitas di siang hari. Tentunya, Anda harus memahami betul apa saja yang harus dikonsumsi. Anda dapat menambahkan garam atau makanan lainnya ke dalam menu sebagai cara mengatasi darah rendah saat puasa.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Garam memiliki dampak buruk untuk penderita darah tinggi karena akan memperparah kondisi. Sebaliknya, bahan makanan yang satu ini dapat memiliki efek positif untuk penderita darah rendah karena memang membutuhkan peningkat tekanan darah.

Penambahan garam tetap perlu dibatasi karena kadar yang terlalu banyak dapat justru menimbulkan gagal jantung atau masalah kesehatan lainnya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter, apakah opsi yang berikut ini tepat untuk Anda lakukan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Konsumsi makanan dan suplemen kaya B12 dan asam folat

B12 dan asam folat merupakan salah satu zat yang efektif untuk cara mengatasi darah rendah saat puasa, khususnya pada ibu hamil dan menyusui. Ibu hamil dan menyusui memerlukan dukungan kardiovaskular yang lebih tinggi, sehingga harus menghindari kemungkinan tekanan darah rendah.

Zat-zat ini juga baik untuk penderita darah rendah yang akan melakukan puasa. Aktivitas saat puasa akan memerlukan tubuh bekerja lebih keras. Maka dari itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen B12 atau asam folat yang bisa dibeli di Apotek Online Lifepack.

Anda juga bisa mendapatkan zat-zat tersebut secara alami dari bahan makanan seperti daging sapi, hati ayam, hingga kacang-kacangan. Anda dapat mengkreasikan menu yang kaya akan zat tersebut di rumah.

5. Lakukan olahraga ringan sebelum berbuka

Mungkin Anda berpikir tekanan darah rendah tidak dianjurkan untuk olahraga. Tetapi, beberapa penelitian telah menemukan bahwa olahraga ringan justru dapat mengatasi tekanan darah rendah secara signifikan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda tidak perlu berolahraga keras, cukup melakukan aktivitas fisik selama 15 hingga 20 menit sebanyak 3 sampai 4 kali seminggu. Saat berpuasa, Anda bisa melakukan jalan santai atau jogging beberapa jam sebelum berbuka. Setelah berolahraga, darah akan meningkat lebih cepat dan lancar. Selain itu, Anda juga tidak akan dehidrasi karena dapat segera makan dan minum.

Rekomendasi menu sahur untuk darah rendah

Masih bingung menu sahur apa untuk darah rendah? Berikut beberapa jenis makanan yang dapat mencegah Anda mengalami gejala darah rendah saat berpuasa:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Makanan tinggi vitamin B12: Telur, daging, produk susu, sereal sarapan yang diperkaya, dan beberapa produk ragi nutrisi.
  • Bahan makanan tinggi folat: Sayuran berdaun hijau gelap, buah-buahan, kacang-kacangan, telur, susu, daging, ayam, makanan laut, dan biji-bijian.
  • Makanan asin: Makanan kalengan, ikan asap, keju, acar, dan buah zaitun.

Di samping menu tersebut, konsumsi juga vitamin darah saat sahur. Untuk penderita anemia, Anda bisa mengonsumsi Sangobion Vitatonik Syrup 250 ML – Botol 250 ML – Anti Anemia (Rp52.200). Sangobion Vitatonik merupakan suplemen zat besi dan multivitamin untuk membantu mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi.

Demikian cara-cara mengatasi darah rendah saat puasa beserta beberapa jenis dan menu makanan untuk penderita darah rendah. Ingin konsultasi seputar kesehatan dengan dokter umum? Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter Lifepack melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman