fbpx
BerandaHidup Sehat15 Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Bergizi

Berbuka puasa merupakan saat yang dinanti-nantikan saat bulan Ramadhan. Puasa sepenuh hari dapat membuat Anda menginginkan banyak makanan dan minuman saat berbuka. Sangat mudah untuk lepas kendali, tetapi menu berbuka puasa tetap harus dikontrol! Konsumsi makanan yang terlalu besar setelah perut kosong seharian justru dapat menimbulkan beragam gangguan pencernaan. Maka dari itu, berikut 10 menu buka puasa yang sehat dan bergizi rekomendasi Apotek Online Lifepack untuk Anda coba di rumah!  

menu buka puasa yang sehat dan bergizi

1. Kurma

Menu berbuka puasa yang pertama adalah buah kurma. Tidak heran kenapa kurma telah menjadi salah satu menu buka puasa yang sehat dan bergizi. Setiap biji kurma mengandung kombinasi karbohidrat kompleks, serat, dan juga mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut akan memberikan nutrisi seimbang untuk tubuh tanpa berlebihan sama sekali.

Selain itu, kurma juga mengandung glukosa sederhana yang akan meningkatkan kadar gula. Kadar gula ini dapat membantu mengembalikan energi yang telah dikeluarkan selama berpuasa.

2. Sup

Berbagai olahan sup baik untuk dijadikan menu buka puasa yang sehat dan bergizi. Sup memiliki kombinasi sayuran yang kaya akan serat serta cairan yang dapat mengembalikan elektrolit yang hilang. 

Selain itu sup bisa diolah sedemikian rupa sesuai dengan bahan favorit Anda. Untuk amannya, Anda bisa mengonsumsi sup ayam yang khusus dibuat dengan ayam kampung sebagai salah satu contoh menu berbuka. Sup ayam kampung akan memberikan protein tinggi jika dipadukan dengan sayuran. 

3. Puding buah

Ada alasan kenapa puding buah seringkali dijadikan makanan pembuka puasa atau takjil. Berbagai buah-buahan adalah menu buka puasa yang sehat dan bergizi karena dapat memberikan Anda nutrisi sehat seperti vitamin dan serat yang baik untuk tubuh.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Untuk menambah rasa, Anda bisa memberikan sedikit pemanis yang tentunya perlu dibatasi. Sebagian besar buah sudah memiliki pemanis alami sehingga tidak memerlukan tambahan lagi. Anda bisa menyajikannya sebagai puding atau dengan tambahan es batu.

4. Tumis sayuran

Jika Anda menginginkan menu nasi saat berbuka puasa, jadikan menu tumis sayuran sebagai sumber protein. Sayuran yang ditumis tidak akan kehilangan serat dan zat gizinya, tetapi juga akan memiliki rasa yang lebih kaya secara sekaligus.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda bisa menambahkan sedikit daging ayam atau jamur pada menu ini. Tumis sayuran menjadi menu buka puasa yang sehat dan bergizi yang kaya akan serat dan protein.

5. Ikan

Menu berbuka berikut merupakan salah satu opsi menu buka puasa yang sehat dan bergizi yang paling sehat dan variatif. Ikan bisa Anda olah menjadi beragam menu yang sehat seperti dikukus.

Ikan dapat memberikan Anda protein, asam amino, hingga zat besi yang tepat untuk memberikan nutrisi buka puasa. Sebaiknya, hindari opsi membakar atau menggoreng ikan karena cenderung memiliki dampak negatif daripada positif.

7. Air mineral

Menu buka puasa yang sehat dan bergizi satu ini mungkin saja luput dari perhatian Anda. Minuman yang manis tentunya terasa akan lebih segar, tetapi asupan air mineral harus diprioritaskan untuk mengembalikan elektrolit yang hilang setelah seharian.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Saat bulan puasa, orang dewasa tetap harus mengonsumsi air sebanyak 2 liter setiap harinya. Kebutuhan ini bisa dibagi per 2 gelas setelah buka dan saat sahur, serta 4 gelas di malam hari.

8. Jus buah

Anda bisa membuat jus buah jika menginginkan minuman segar yang lebih memiliki varian rasa daripada air. Anda bisa membuat jus dari satu jenis buah atau bahkan mengkombinasikan beberapa jenis sesuka Anda.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingat untuk tetap menjauh pemanis buatan atau gula dalam jumlah banyak. Berbagai buah-buahan akan memberikan rasa manis alami setelah dijadikan jus, jadi tidak perlu lagi menambahkan gula.

9. Telur

Sama seperti ikan, telur dapat diolah menjadi beragam makanan sehat untuk berbuka puasa. Telur memiliki kalori rendah, tetapi mengandung protein, serat, dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Di samping itu, telur juga mudah untuk dicerna oleh tubuh. Anda tidak perlu khawatir akan mendapatkan gangguan pencernaan dengan menu buka puasa yang sehat dan bergizi ini.

10. Olahan kentang

Kentang dapat memberikan Anda karbohidrat, sekaligus serat, kalium, potassium, vitamin C, dan vitamin B6. Kalium yang ada di dalam kentang dapat membantu menyeimbangkan cairan dan elektrolit tubuh. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Makanan yang satu ini dapat Anda kukus atau divariasikan dengan sup dan sayuran lainnya. Pastikan untuk tidak membuat kentang goreng sebagai lauk utama karena justru memiliki kalori yang sangat tinggi.

11. Sayur Bayam

Sayur menjadi makanan yang penting saat puasa. Anda bisa memasak sayur bayam sebagai menu buka puasa. Pasalnya, sayur bayam mengandung gizi dan zat besi yang tinggi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

12. Telur

Meskipun Ramadan dan Lebaran lebih identik dengan daging dan rendang, Anda bisa menyajikan menu telur. Hal ini bertujuan agar Anda tak bosan melulu konsumsi daging atau ayam. Selain itu makanan bergizi ini juga sehat karena mengandung Omega-3 tinggi.

13. Kacang Merah

Kacang merah mengandung asam folat, kalsium, dan karbohidrat kompleks sehingga bisa dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Kacang merah bisa disajikan sebagai es takjil maupun menu masakan.

14. Salad Sayur

Identik dengan rasa manis, takjil tak melulu harus seperti itu. Anda bisa menjadikan salad sayur atau buah sebagai hidangan berbuka puasa. Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan kesehatan Anda.

15. Teh Hijau

Zat antioksidan dalam segelas teh hijau atau green tea cukup tinggi. Karena itu, teh hijau bisa Anda jadikan salah satu menu minuman untuk berbuka puasa.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Menu berbuka puasa yang sebaiknya dihindari

Sudah tahu menu buka puasa yang sehat dan bergizi? Anda juga harus mengetahui beberapa menu yang sebaiknya dihindari atau diminimalisir setelah berpuasa seharian.

  • Makanan yang digoreng
  • Makanan tinggi lemak
  • Makanan kemasan dan kalengan yang diawetkan
  • Makanan yang mengandung banyak gula dan garam tambahan
  • Minuman dengan pemanis tambahan 
  • Minuman berkarbonasi atau soda
  • Minuman atau jus kemasan 

Berbagai makanan dan minuman dengan kandungan dengan kadar lemak, gula, dan garam tinggi dapat menimbulkan berbagai masalah seperti diabetes dan hipertensi. Selain itu, makanan yang digoreng juga dapat menyebabkan kolesterol.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Beberapa makanan dan minuman dengan gula tinggi atau dalam porsi besar dapat membuat tubuh Anda kaget dan tidak dapat bekerja dengan normal. Mulai dari pencernaan hingga masalah jantung.

Demikian 10 menu buka puasa yang sehat dan bergizi. Dapatkan informasi lebih lanjut seputar makanan yang cocok untuk berbuka puasa dengan konsultasi gratis dengan tim dokter terpercaya dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan pertanyaan atau keluhan Anda melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman