fbpx
BerandaHidup Sehat3 Tips Memilih Facial Wash Sesuai dengan Jenis Kulit Anda

Kesehatan kulit wajah harus selalu dijaga. Sayangnya, banyak yang mencoba-coba produk kesehatan kulit tanpa mengetahui kondisi dan kebutuhan yang sesuai. Alhasil, kulit dapat mengalami reaksi negatif seperti jerawat, berminyak, dan masalah lainnya. Karena itulah penting untuk mengetahui cara yang benar untuk memilih produk kesehatan kulit khususnya pembersih wajah atau facial wash. Simak penjelasan dan 3 tips memilih facial wash sesuai dengan jenis kulit Anda di artikel berikut.

1. Kenali jenis kulit wajah Anda

Langkah pertama yang wajib diketahui adalah mengenali jenis kulit wajah. Jika Anda tidak tahu jenis kulit yang Anda miliki, akan lebih sulit untuk menemukan apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Setiap orang memiliki “jenis kulit” dasar yang membutuhkan penanganan berbeda. Menggunakan pembersih yang salah untuk jenis kulit Anda malah dapat memperburuk keadaan. Jenis kulit wajah dibagi menjadi kulit kering, berminyak, sensitif, normal, dan kombinasi. Anda bisa memperhatikan dengan seksama atau konsultasi dengan dermatologis.

  • Kulit normal 

Jenis kulit normal pada umumnya memiliki keseimbangan yang tepat antara kelembaban dan kadar minyak.

  • Kulit berminyak. 

Jenis ini biasanya akan terlihat berkilau dan terasa berminyak hanya beberapa jam setelah dibersihkan.

  • Kulit kering. 

Jenis kulit kering ditandai dengan pori-pori wajah yang akan terlihat beberapa jam setelah dicuci. Bahkan kadang memiliki kulit mati yang terlepas dengan tiba-tiba.

  • Kulit sensitif.

Jenis kulit ini akan sering merasa terlalu kencang atau gatal, serta mengalami reaksi alergi dan kemerahan jika bereaksi dengan bahan kimia tertentu.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Kulit kombinasi. 

Jenis kulit yang satu ini dapat ditandai dengan kondisi wajah yang berbeda di setiap areanya. Mungkin di beberapa area berminyak sementara di area lain kering atau sensitif.

2. Cocokkan kandungan face wash dengan jenis kulit

Seringkali, sebagian besar kandungan dalam daftar produk merupakan zat aktif kimia. Anda harus terus mencari tahu tentang kandungan yang cocok sesuai dengan jenis kulit Anda. Tentunya karena setiap face wash memiliki kandungan yang berbeda dan dapat mengakibatkan efek yang berbeda juga. Jangan termakan iklan dan memakainya hanya untuk coba-coba tanpa mengetahui kandungannya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cukup banyak bahan kimia dalam pembersih wajah yang dapat mengiritasi kulit. Bahan kimia yang mungkin berbahaya adalah pengharum yang diyakini memiliki efek kesehatan negatif pada kulit. Anda bisa memulai mencari face wash yang alami atau organik jika memiliki kulit sensitif.

3. Buat jurnal khusus untuk kulit wajah

Tips memilih facial wash yang satu ini wajib untuk dilakukan. Mungkin Anda sudah mencoba banyak face wash dan sudah mengalami berbagai reaksi. Reaksi yang ditimbulkan oleh suatu face wash dapat dibedakan lagi menjadi purging atau breakout. Keduanya memiliki gejala yang mirip seperti rasa yang tidak nyaman pada wajah. Tetapi, purging menandakan bahwa sedang terjadi regenerasi atau pembersihan kulit untuk menyesuaikan dengan produk baru. Sedangkan, breakout adalah kondisi di mana kulit Anda bereaksi negatif terhadap produk tersebut karena tidak cocok. 

Dengan jumlah pembersih wajah yang begitu banyak, Anda harus selalu mencatat perkembangannya. Beberapa pembersih mungkin membuat kulit Anda bersih, tetapi mungkin malah menimbulkan jerawat dan masalah kulit lain. Penggunaan face wash dapat berlangsung bertahap, sehingga tidak hanya bisa dipakai sekali saja. Dengan menggunakan setiap pembersih wajah yang Anda coba dalam jumlah waktu yang sama, Anda akan dapat membuat perbandingan yang jelas. Anda akhirnya bisa melihat mana yang cocok untuk kulit atau tidak.

3. Konsultasi dengan orang lain

Cara yang paling benar adalah konsultasi dengan dermatologis. Dermatologis pada umumnya membutuhkan biaya yang lebih banyak daripada hanya mengandalkan rak produk kecantikan di supermarket. Opsi lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menanyakan teman beserta kerabat Anda. Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk bertanya dengan lebih rinci tanpa harus khawatir biaya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Tanyakan sekitar dan lihat apa yang digunakan orang-orang yang Anda kenal. Tetapi ingatlah bahwa orang yang berbeda memiliki jenis kulit yang berbeda, sehingga apa yang cocok untuk teman dengan kulit kering mungkin tidak cocok untuk kulit Anda yang berminyak atau sensitif.

Rekomendasi jenis face wash sesuai jenis kulit

Tips memilih facial wash yang paling utama adalah menyesuaikan jenis face wash dengan kulit Anda sendiri. Berikut tips dari Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kulit Normal

Indikator: Warna kulit merata tanpa adanya pengelupasan, kemerahan, atau kilap minyak. Mungkin berjerawat sesekali.

Jenis face wash: Apa saja karena kulit normal tidak memiliki resiko tinggi untuk mengalami reaksi negatif. Anda bisa menjaga kulit dengan produk face wash yang memiliki sifat anti aging, mengencangkan, dan bahan-bahan yang memberikan kelembaban dan hidrasi. 

Kulit berminyak

Indikator: Pori-pori besar yang terlihat dan kilapan minyak segera setelah dibersihkan.

Jenis face wash: Face wash khusus untuk wajah berminyak yang dapat mengontrol kadar minyak. Face wash ini dapat memurnikan pori-pori dan membantu mengatur produksi minyak tanpa membuat wajah Anda terasa kering. Formula produk yang menyeimbangkan pH juga akan memperlambat pertumbuhan bakteri dan membantu mencegah jerawat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kulit kering

Indikator: Kulit sering gatal, bersisik, atau terlalu kencang.

Jenis face wash: Face wash khusus untuk kulit kering seharusnya dapat membersihkan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami kulit, serta membantu melembabkan kulit. Face wash yang menghidrasi biasanya dibuat dengan kandungan gliserin atau minyak esensial yang akan menjaga kelembapan kulit.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kulit sensitif

Indikator: Kulit sering merah dan rentan terhadap iritasi.

Jenis face wash: Face wash yang memiliki busa kental dan lembut serta kandungan yang menenangkan seperti lidah buaya dan witch hazel. Produk juga harus memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan karena kulit dapat menjadi kering atau teriritasi jika pH-nya rusak.

Kulit kombinasi

Indikator: T-Zone (dahi, hidung, dan dagu) berminyak, tetapi area di sampingnya seperti pipi justru lebih kering.

Jenis face wash: Formula face wash yang dapat membersihkan secara menyeluruh dan juga menghidrasi dan melembapkan. Face wash harus membersihkan minyak dan kotoran tanpa menghilangkan kelembaban kulit. Sudah banyak juga produk face wash yang diperuntukkan khusus untuk kulit kombinasi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa pun jenis kulitnya, Anda harus melakukan serangkaian rutin skincare juga mulai dari toner, serum, pelembab, hingga krim pagi dan malam. 

Salah satu serum rekomendasi adalah Scarlett Whitening Serum Original – 15 ml – Glowtening (Rp56.827). Serum ini dapat digunakan untuk merawat kesehatan wajah dengan cara mencerahkan kulit wajah, membuat kulit menjadi lebih glowing, memudarkan bekas-bekas jerawat, membuat kulit menjadi lebih sehat, menyamarkan garis-garis halus dan flek hitam pada wajah, dan menenangkan dan memperbaiki skin barrier.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda juga dapat konsumsi Bioquinone 10 Kapsul – 10 Kapsul – Memelihara Kesehatan Tubuh (Rp938.600) yang mengandung banyak antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat melangsungkan tanda-tanda penuaan.

Itulah tadi tips memilih facial wash. Selalu jaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah Anda dengan Apotek Online Lifepack. Beli produk kesehatan kulit dengan promo lebih hemat dan jaminan produk asli.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat penghilang bau mulut di apotek

7 Obat Penghilang Bau Mulut di Apotek

Hidup Sehat   12/05/2022
obat tangan kesemutan di apotek

4 Obat Tangan Kesemutan di Apotek

Hidup Sehat   05/05/2022
bahaya bakteri salmonella

Bahaya Bakteri Salmonella dalam Kinder Joy

Ibu dan Anak   29/04/2022
makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa

4 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Buka Puasa

Hidup Sehat   28/04/2022
tips mudik lebaran

Syarat dan Tips Mudik Lebaran 2022

Hidup Sehat   27/04/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman