fbpx
BerandadirektoriObatZinc Sirup: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Ditinjau oleh: dr. Amanda Ismoetia

zinc-sirup-60-ml

Tubuh membutuhkan sekali mineral seperti Zinc (seng), tetapi tubuh hanya membutuhkan mineral tersebut sedikit saja sudah bisa membuat tubuh sehat. Jika tubuh sampai kekurangan Zinc maka akan terjadi beberapa masalah seperti diare, anemia dan juga terhambatnya pertumbuhan badan.

Suplemen Zinc menjadi salah satu cara untuk membantu memenuhi kebutuhan Zinc. Suplemen tersebut ada yang sirup, tablet dan cairan injeksi. Tetapi tidak disarankan mengonsumsi suplemen tersebut setiap hari atau secara rutin.

Manfaat Zinc Sirup

Zinc memiliki peranan yang sangat penting, seperti membantu penyembuhan luka, menjaga kesehatan mata. Tetapi jika terjadi defisiensi bisa menyebabkan perubahan fisik retina dan juga menurunnya fungsi penglihatan.

Serangan virus juga dapat dicegah jika Zinc sudah terpenuhi dan bisa mengurangi gejala yang disebabkan oleh common cold, virus herpes, hingga diare.

Dosis Zinc Sirup

Suplemen Zinc sirup sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari dalam jangka waktu yang panjang. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen yang mengandung Zinc agar mendapatkan dosis dan cara konsumsi yang tepat. Umumnya suplemen Zinc berbentuk sirup diberikan untuk anak-anak agar lebih mudah mengonsumsinya. Namun tidak menutup kemungkinan bentuk sediaan ini juga diberikan kepada orang dewasa dengan kondisi tertentu.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dosis yang diperbolehkan untuk obat sirup adalah 5 ml/hari diberikan selama 10 hari. Obat tetap diberikan meskipun diare sudah sembuh. Dosis tersebut hanya untuk anak yang umurnya 6 bulan sampai 5 tahun saja. Untuk yang umurnya kurang dari itu maka dosisnya 2,5 ml per hari saja.

Efek Samping

Umumnya, tubuh sebagian orang dapat menerima dengan baik suplemen Zinc, tetapi ada juga yang mengalami efek sampingnya yang perlu diperhatikan. Untuk efek yang perlu diperhatikan setelah minum suplemen Zinc, antara lain:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Iritasi lambung
  2. Nyeri perut
  3. Mual
  4. Muntah
  5. Diare 
  6. Dispepsia

Selain efek samping di atas, ada juga kemungkinan overdosis Zinc yang dapat menimbulkan gejala seperti pusing, muntah, perut kram. 

Penggunaan suplemen Zinc termasuk overdosis jika sehari mengonsumsi obat lebih dari 300 mg. Apabila Anda mengalami gejala overdosis akibat konsumsi suplemen Zinc lebih dari dosis yang disarankan, maka Anda perlu mendapatkan perawatan tenaga medis.

Peringatan Khusus Konsumsi Suplemen Zinc 

Agar suplemen Zinc sirup yang dikonsumsi tersebut bisa bekerja dengan baik maka perhatikan beberapa hal di bawah ini dulu.

  1. Pemberian suplemen pada anak-anak harus benar-benar diperhatikan sebab kondisi tubuh anak tidak sekuat orang dewasa. 
  2. Mengonsumsi suplemen Zinc jangan sampai mengonsumsi alkohol sebab bisa mempengaruhi kemampuan tubuh menyerap Zinc. Jadi tubuh yang harusnya bisa menyerap dengan baik jadi terganggu karena konsumsi alkohol.
  3. Penderita HIV harus berhati-hati dalam konsumsi suplemen Zinc karena dapat membahayakan kesehatan.
  4. Ibu hamil dan menyusui perlu berkonsultasi dengan dokter secara intenstif terkait konsumsi suplemen Zinc agar mendapatkan dosis dan cara konsumsi yang tepat, yang tidak membahayakan kesehatan ibu maupun janinnya.

Demikian informasi seputar suplemen Zinc sirup. Karena tergolong ke dalam suplemen khusus, suplemen Zinc sebaiknya dikonsumsi atas anjuran dokter. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara mendapatkan resep dokter obat alprazolam

Cara Mendapatkan Resep Dokter Obat Alprazolam

Perbedaan Antivirus dan Antibiotik: Adakah Antivirus untuk Covid-19?

direktoriObat   14/01/2022

Obat Ketoprofen: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   15/11/2021

Suplemen Asthin Force: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   15/11/2021

Obat Cedocard: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman