fbpx
BerandadirektoriPenyakitYellow Fever

Yellow fever adalah penyakit infeksi virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini juga merupakan nyamuk yang dapat menularkan penyakit demam berdarah. Yellow fever banyak ditemukan di beberapa bagian Afrika dan Amerika Selatan.

yellow-fever

Informasi 

Yellow fever yang ditandai dengan gejala demam tinggi dan penyakit kuning (jaundice). Penyakit ini biasanya merupakan penyakit ringan yang dapat sembuh sendiri (self-limited illness) tanpa memerlukan pengobatan khusus. 

Gejala 

Sebagian besar kasus yellow fever tidak menunjukkan munculnya gejala atau memiliki gejala ringan. Gejala akan muncul sekitar 3 hingga 6 hari dari saat terinfeksi. Pada beberapa orang, gejala awal penyakit yang dapat muncul adalah: 

  • Demam yang muncul secara tiba-tiba 
  • Nyeri kepala 
  • Nyeri punggung 
  • Mual, muntah 
  • Merasa lelah dan lemah 

Gejala awal dapat membaik setelah 3 hingga 4 hari pada kebanyakan orang. Gejala yang dirasakan dapat memberat pada beberapa pasien dan berkembang menjadi kondisi penyakit yang lebih parah (toxic phase). Gejala yang muncul, meliputi: 

  • Demam tinggi 
  • Penyakit kuning (jaundice)
  • Pendarahan (dapat terjadi melalui mulut, hidung, mata, atau perut)
  • Syok 
  • Kegagalan organ 

Penyakit ini dapat mengancam nyawa. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala ini, segera konsultasikan kepada dokter. Sekitar 30-60% pasien yang memasuki toxic phase dapat meninggal dalam waktu 7 hingga 10 hari.  

Penyebab 

Yellow fever merupakan penyakit infeksi virus. Virus ini ditularkan ke manusia melalui nyamuk Aedes aegypti yang terinfeksi. Nyamuk dapat terinfeksi virus ini saat mereka menggigit manusia atau monyet dengan virus tersebut. Penyakit ini tidak dapat ditularkan dan menyebar melalui satu orang ke orang lain. Nyamuk Aedes aegypti berkembang biak di hutan hujan tropis, lingkungan lembab, dan semi lembab, serta di sekitar perairan dengan arus tenang. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Faktor Risiko 

Orang yang beresiko tinggi untuk terkena infeksi ini adalah: 

  • Orang yang belum mendapatkan vaksinasi untuk yellow fever 
  • Orang yang tinggal di tempat endemik yellow fever 

Yellow fever merupakan penyakit endemik pada sebagian besar negara di Afrika dan Amerika Tengah dan Selatan. Terkadang, wisatawan yang berkunjung ke negara-negara endemik yellow fever dapat membawa penyakit tersebut ke negara-negara yang bebas dari penyakit ini. Untuk mencegah masuknya penyakit tersebut, banyak negara memerlukan bukti vaksinasi penyakit ini sebelum mengeluarkan visa, terutama apabila wisatawan berasal atau pernah mengunjungi daerah endemik yellow fever.  

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Diagnosis 

Gejala awal penyakit ini mirip dengan berbagai gejala penyakit yang lain. Oleh karena itu, sulit untuk menentukan diagnosis hanya melalui manifestasi klinis saja. Dokter akan menanyakan tentang gejala yang pasien alami dan apakah baru-baru ini pasien bepergian ke wilayah yang endemik yellow fever

Jika dokter mencurigai pasien menderita penyakit ini, dokter dapat mengusulkan untuk melakukan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan laboratorium darah. Sampel darah pasien akan dianalisis untuk memeriksa keberadaan virus atau antibodi terhadap virus penyebab infeksi ini. Penyakit ini dikonfirmasi apabila hasil laboratorium darah menunjukkan hasil isolasi positif virus ini atau adanya antibodi (IgM) spesifik untuk yellow fever. 

Pengobatan 

Tidak terdapat pengobatan khusus untuk mengobati atau menyembuhkan infeksi yellow fever. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala adalah: 

  • Perbanyak istirahat 
  • Konsumsi banyak cairan 
  • Konsumsi obat anti-nyeri 
  • Konsumsi obat penurun panas

Sebaiknya pasien menghindari obat-obatan tertentu, seperti aspirin atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) lainnya misalnya ibuprofen atau naproxen. Obat-obatan ini dapat meningkatkan resiko terjadinya perdarahan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pasien yang menunjukkan gejala berat (toxic phase) infeksi yellow fever harus mendapatkan perawatan di rumah sakit untuk dilakukan observasi ketat dan perawatan suportif. Perawatan suportif yang baik di rumah sakit dapat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup (survival rates). Hingga saat ini, tidak ada obat anti-virus khusus untuk yellow fever. 

Pencegahan

Hal yang penting dilakukan untuk mencegah infeksi ini: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Mendapatkan vaksinasi yellow fever sebelum bepergian ke negara endemik. Satu dosis vaksin cukup untuk memberikan kekebalan yang berkelanjutan dan perlindungan seumur hidup terhadap penyakit ini. Vaksin memberikan kekebalan yang efektif dalam 10 hari untuk 80-100% orang yang divaksinasi, dan dalam waktu 30 hari untuk 99% orang yang divaksinasi. 
  • Mengontrol vektor (nyamuk) dengan mengurangi atau menghilangkan tempat yang berpotensi menjadi tempat nyamuk untuk berkembang biak, termasuk dengan memberikan larvasida ke wadah penampungan air dan tempat-tempat yang dapat menimbulkan genangan air. 
  • Mencegah gigitan nyamuk dengan menggunakan lotion anti-nyamuk serta mengenakan kemeja dan celana panjang ketika berada di wilayah dengan resiko tinggi penularan virus yellow fever. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ulkus-mole

Ulkus Mole

direktoriPenyakit   08/06/2021
skabies

Skabies

direktoriPenyakit   08/06/2021
lymphogranuloma-venerum-lgv

Lymphogranuloma Venereum (LGV)

direktoriPenyakit   07/06/2021
kutil-kelamin

Kutil Kelamin

penyebab-penyakit-menular-seksual

Pelajari Apa Saja Penyebab Penyakit Menular Seksual

Seks   02/06/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman