fbpx
BerandaHidup SehatNovavax: Cara Kerja, Jadwal Pemberian, dan Efek Samping

dr. Felicia Puspita, S.Ked 

vaksin novavax

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengendalikan penyebaran infeksi COVID-19 adalah dengan memberikan vaksinasi. Hampir seluruh negara di dunia sedang gencar untuk melaksanakan program vaksinasi COVID-19 bagi masyarakatnya. 

Oleh karena kebutuhan akan vaksin yang sangat mendesak, berbagai penelitian dilakukan untuk menciptakan vaksin yang sesuai untuk virus penyebab COVID-19. Peneliti-peneliti di berbagai belahan dunia telah bekerja keras selama berbulan-bulan agar dapat segera menemukan vaksin tersebut. 

Hingga saat ini, berbagai jenis vaksin telah ditemukan. Salah satunya adalah vaksin Novovax. Pernahkah Anda mendengar mengenai vaksin ini? Mari simak ulasan berikut untuk memperoleh informasi mengenai vaksin Novavax.  

Apa itu vaksin Novavax? 

Vaksin Novavax adalah vaksin untuk COVID-19 yang diproduksi oleh Novavax, Inc sebuah perusahaan bioteknologi pengembangan vaksin. Perusahaan ini berbasis di Maryland, Amerika Serikat dan bergerak di bidang kesehatan melalui penelitian, pengembangan, produksi, dan pemasaran vaksin. 

Vaksin Novavax memiliki kode NVX-CoV 2372 merupakan vaksin COVID-19 yang saat ini sedang menjalani uji klinis tahap 3. Pada Januari 2021, uji klinis fase 3 vaksin Novavax menunjukkan tingkat efikasi terhadap infeksi COVID-19 sebesar 89%. Sedangkan, data pada Juni 2021, Novavax menyebutkan bahwa vaksin ini memiliki efikasi sebesar 90,4% dalam uji klinis fase 3 yang diadakan di Amerika Serikat dan Meksiko. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cara Kerja

Vaksin ini merupakan jenis vaksin yang berbasis protein. Pembuatan vaksin ini menggunakan fragmen atau potongan protein yang tidak berbahaya yang memiliki sifat dapat meniru virus COVID-19. 

Ketika vaksin disuntikkan ke dalam tubuh, fragmen atau potongan protein ini akan dikenali oleh sistem kekebalan tubuh sehingga akan menimbulkan respons imun. Respons imun ini akan menghasilkan antibodi terhadap virus SARS-CoV-2.  

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jadwal Pemberian Vaksin

Vaksin Novavax diberikan melalui suntikan intramuskular (ke dalam otot). Pemberian vaksin ini harus dilakukan oleh petugas kesehatan di bawah pengawasan dokter. Dosis pemberian vaksin Novavax adalah 0,5 mL setiap suntikan dan harus diberikan sebanyak 2 kali dengan jarak 21 hari. 

Sebelum menerima vaksinasi, Anda akan melewati pemeriksaan skrining untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda secara umum. Anda tidak boleh menerima vaksinasi apabila sedang dalam keadaan demam. 

Setelah menerima vaksinasi, Anda akan diminta untuk menunggu selama 30 menit agar petugas kesehatan dapat mengevaluasi kondisi Anda. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi yang dikenal dengan singkatan KIPI. 

Interaksi Dengan Obat-obatan Lain

Berbagai penelitian dan pengamatan masih dilakukan untuk mengevaluasi vaksin ini. Oleh karena itu, belum adanya data mengenai interaksi yang dapat terjadi antara vaksin Novavax dengan obat-obatan tertentu. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Untuk mengantisipasi terjadinya interaksi antara obat dan vaksin, informasikan kepada petugas kesehatan yang melakukan pemeriksaan skrining apabila Anda sedang menjalani pengobatan dengan obat-obatan tertentu, konsumsi suplemen, atau produk herbal lainnya. 

Efek Samping

Seperti vaksin yang lainnya, vaksin Novavax juga memiliki resiko munculnya efek samping. Efek samping ini dapat berbeda-beda tergantung dari kondisi orang yang menerima vaksin. Setelah menerima vaksin, efek samping yang mungkin muncul dapat berupa efek samping lokal pada lokasi suntikan maupun efek samping sistemik (muncul pada seluruh tubuh). 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Beberapa efek samping lokal yang dapat muncul, misalnya: 

  • Nyeri pada lokasi suntikan 
  • Kemerahan 
  • Bengkak 
  • Tangan terasa pegal 

Sedangkan, efek samping sistemik yang dapat muncul, misalnya: 

  • Demam 
  • Meriang 
  • Nyeri otot 
  • Mual 
  • Nyeri kepala 

Efek samping ini dapat terjadi dan menandakan bahwa vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh Anda sedang bekerja. Efek samping ringan yang muncul dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Apabila setelah disuntik Anda mengalami gejala yang berat atau dalam beberapa hari efek samping yang Anda rasakan tidak hilang dan malah bertambah berat, konsultasikan kepada petugas kesehatan. 

Vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk membantu mengendalikan pandemi COVID-19 ini. Apabila Anda belum di vaksin, Anda sebaiknya segera mendaftarkan diri Anda ke tempat vaksinasi terdekat. Apapun jenis vaksin yang tersedia, semuanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2. Vaksin dapat membantu Anda mengurangi resiko munculnya gejala yang berat apabila Anda terinfeksi virus penyebab COVID-19. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sebagai antisipasi, Anda bisa melakukan tes COVID-19 rutin. Lifepack menyediakan layanan Tes PCR (Rp495.000) yang bisa Anda lakukan di rumah.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara mencegah penyakit kronis

Cara Mencegah Penyakit Kronis dengan Gaya Hidup Sehat

Hidup Sehat   23/01/2023
olahraga pengidap diabetes

Olahraga Pengidap Diabetes: Apa Manfaatnya dan Apa Jenis Olahraga yang Bagus?

Diabetes   14/12/2022
komunitas penyakit kronis

Daftar Komunitas Penyakit Kronis: Hipertensi, Diabetes, TBC, dan Banyak Lagi

Hidup Sehat   06/12/2022
komunitas hipertensi indonesia

Daftar Komunitas Hipertensi Indonesia, Beserta Manfaatnya!

Hidup Sehat   05/12/2022
komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman