fbpx
BerandaHidup SehatVaksin COVID untuk Anak, Apa Syaratnya?

ditinjau oleh dr. Irma Lidia

vaksin covid untuk anak

Sebagai upaya pencegahan penularan virus COVID-19, pemerintah Indonesia gencar menghimbau masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Vaksinasi yang diselenggarakan besar-besaran oleh pemerintah ini tidak dipungut biaya alias gratis. Anda tinggal datang ke fasilitas kesehatan yang telah ditentukan dengan membawa persyaratan seperti KTP atau KK serta nomor HP yang aktif.

Nantinya untuk yang sudah melakukan vaksinasi, akan diberikan sebuah tanda berupa sertifikat vaksin yang dapat unduh di laman pedulilindungi.com milik pemerintah.

Awalnya, vaksin COVID-19 hanya diperuntukkan untuk usia 18 ke atas. Untuk usia lansia bahkan mendapatkan vaksinasi lebih awal karena kelompok umur ini adalah yang paling rentan terkena virus COVID-19.

Tetapi belakangan ini, vaksin COVID untuk anak dapat dilakukan oleh mereka yang berumur 12 – 17 tahun.

Vaksin COVID untuk anak dilakukan mengingat anak-anak juga berpotensi untuk terpapar virus corona ini. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, 1 dari 8 anak-anak positif terpapar COVID-19.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sehingga pemerintah menyiapkan vaksin khusus untuk anak-anak sekaligus  sebagai upaya mempersiapkan pembelajaran tatap muka.

Lantas bagaimana agar anak-anak bisa mendapat vaksin secara gratis? Vaksin jenis apa sajakah yang bisa digunakan untuk anak-anak? Serta kondisi yang bagaimanakah anak diperbolehkan atau dilarang untuk mendapatkan vaksin?

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Artikel ini membahas seputar vaksin COVID untuk anak secara lengkap.

Syarat Yang Harus Dipenuhi

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan no. HK.02.02/I/1727/2021 tentang Vaksinasi Tahap 3 Bagi Masyarakat Rentan serta Masyarakat Umum dan Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun, menyebutkan syarat wajib vaksin khususnya anak-anak adalah sebagai berikut :

1, Mendapat izin dari orangtua

2. Membawa fotocopy kartu keluarga (KK) / KTP atau dokumen lain seperti Kartu Identitas Anak (KIA)

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Telah masuk dan terdaftar dalam aplikasi PCare sebagai kategori kelompok remaja

4. Dalam waktu 1 bulan terakhir, anak tidak mendapat vaksin apapun

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

5. Belum atau tidak pernah terpapar COVID 19 sebelumnya. Atau jika sudah pernah terpapar, tunggulan selama 3 bulan terhitung sejak pertama dinyatakan sembuh dari COVID-19

6. Tidak ada kontak dengan pasien positif COVID-19 dalam dua minggu terakhir.

7. Lolos observasi kesehatan di tempat vaksin, meliputi :

  • Suhu tubuh normal yaitu tidak lebih dari 37,5° Celcius. Jika suhu tubuh melebihi batas maksimal yang telah ditentukan, maka vaksinasi COVID akan ditunda.
  • Tekanan darah kurang dari 140/100 mmHg.
  • Dalam satu minggu terakhir, anak dalam kondisi baik dan tidak sedang menderita pilek, sakit menelan, demam, dan batuk.
  • Kondisi anak harus sedang tidak menderita gangguan imun, seperti autoimun, gizi buruk, HIV, dan keganasan.
  • Anak tidak memiliki riwayat alergi berat seperti bengkak, urtikaria, sesak nafas, atau syok anafilaksis. Tidak memiliki penyakit hemofilia atau kelainan pembekuan darah. Bagi anak yang memiliki riwayat ini, maka vaksinasi harus dilakukan di rumah sakit.
  • Anak tidak sedang dalam perawatan obat imunosupresan seperti kortikosteroid.

Jenis Vaksin COVID Untuk Anak

Di Indonesia, saat ini sudah ada beberapa jenis vaksin COVID untuk anak yang sudah mendapatkan izin dari  BPOM antara lain vaksin Sinovac, Moderna, dan Pfizer.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sedangkan untuk vaksin jenis Sinopharm dan vaksin AstraZeneca masih dalam tahap uji klinis untuk anak-anak. Berikut penjelasan masing-masing jenis vaksin tersebut :

  • Vaksin Sinovac

Ketua IDAI, Prof Dr dr Aman Bhakti Pulungan SpA(K), FAAP, FRCPI(Hon) mengatakan, percepatan vaksinasi COVID-19 pada anak menggunakan vaksin inactivated yakni CoronaVac buatan SinoVac Ltd bisa dipercepat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Menurut Prof Aman, percepatan vaksinasi COVID-19 ini bisa disegerakan karena sudah tersedia di Indonesia dan sudah melalui uji klinis fase 1 dan 2 yang hasilnya aman.

Untuk anak dengan rentang usia 12 – 17 tahun, dosis yang diberikan yaitu 3 ug (0,5 ml) melalui penyuntikan intramuskular di otot deltoid lengan atas, diberikan 2 kali dengan jarak 1 bulan sejak vaksin dosis pertama.

Data menunjukkan pasca melakukan vaksinasi jenis sinovac ini, anak-anak memiliki antibodi berkisar 96,8-100%.

  • Vaksin Moderna

Vaksin jenis moderna adalah vaksin yang awalnya diperuntukkan khusus untuk tenaga kesehatan (nakes). Tetapi belakangan ini vaksin jenis moderna mulai didistribusikan secara luas untuk dipergunakan masyarakat umum di segala umur.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Klaim daripada vaksin ini bahwa ia akan benar-benar memacu dan membentuk antibodi pada tubuh dengan efektivitas mencapai 100%.

Vaksin moderna merupakan satu-satunya vaksin yang diklaim sebagai vaksin terampuh dalam melawan coronavirus jenis varian delta yang banyak menjangkit anak-anak. Sehingga vaksin ini aman digunakan untuk anak-anak usia 12 – 17 tahun.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kabar baiknya adalah vaksin jenis moderna diklaim memiliki efek samping yang tidak berat. Namun untuk penggunaan vaksin moderna pada anak-anak usia 6 – 11 tahun masih dalam tahap penelitian.

  • Vaksin Pfizer

Vaksin jenis Pfizer memiliki klaim yang sama dengan Moderna, yaitu pembentukan antibodi tubuh sebesar 100%. Vaksin jenis ini aman disuntikkan pada anak usia 12-15 tahun.

Sedangkan untuk anak-anak di bawah usia 11 tahun, hasil penelitian baru akan dirilis akhir tahun 2021 ini.

Untuk dosis vaksin Pfizer yaitu diberikan bertahap sebanyak 2 kali dengan jarak 21 hari. Dosis vaksin Pfizer dalam sekali suntik adalah 0,3 ml.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Vaksin jenis Pfizer juga terbukti tidak memiliki efek samping yang berat untuk anak-anak.

  • Vaksin Sinopharm

Sama halnya dengan vaksin astrazeneca, vaksin sinopharm juga belum sepenuhnya digunakan untuk anak-anak di Indonesia.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Padahal tujuan dibuatnya vaksin Sinopharm adalah khusus diperuntukkan bagi anak yang berusia 3-17 tahun. Tetapi, sampai saat ini belum ada hasil penelitian efikasi vaksin Sinopharm pada anak usia 3-17 tahun.

Karena memang sasaran vaksin untuk anak-anak adalah usia 12-17 tahun terlebih dahulu.

Namun di beberapa negara, vaksin ini telah mendapat izin penggunaan darurat dan telah diberikan secara terbatas kepada kelompok berisiko tinggi tertular virus corona.

  • Vaksin AstraZeneca

Berbeda dengan beberapa jenis vaksin sebelumnya yang telah diperbolehkan untuk disuntikkan pada anak-anak, vaksin astrazeneca tidak demikian.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Vaksin jenis astrazeneca belum mendapatkan izin untuk disuntikkan pada anak-anak karena memiliki resiko dan efek samping yang cukup berat.

Uji klinis vaksin AstraZeneca pada kategori usia anak-anak bahkan diberhentikan dan sedang menunggu keputusan dari Medicines and Healthcare products Regulatory Agency (MHRA) di Inggris.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Bahkan faktanya di beberapa negara yang sudah menyediakan berbagai vaksin COVID-19 sangat tidak merekomendasikan vaksin AstraZeneca untuk anak-anak.

Akan tetapi, WHO masih terus menyarankan pemberian vaksin AstraZeneca untuk populasi selain anak-anak. Karena AstraZeneca telah teruji aman untuk kategori usia dewasa.

“Setelah mendapatkan vaksin, sebaiknya tetap melakukan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter dari Lifepack.

Anda juga bisa melakukan tes rutin untuk memastikan Anda tidak terpapar virus corona. Lifepack menyediakan layanan Tes Swab Antigen (Rp185.000) yang dapat Anda lakukan dari rumah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Untuk informasi seputar COVID selengkapnya, Anda bisa mengakses layanan Lifepack dengan mendownload aplikasi di playstore atau dengan mengunjungi website https://lifepack.id/isolasi-mandiri/. Anda juga berkesempatan konsultasi gratis dengan dokter pula, lho. Yuk, cek sekarang!

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman