fbpx
BerandaDiabetesUlkus Diabetikum

ditinjau oleh dr. Felicia Puspitasari

ulkus diabetikum

Ulkus Diabetikum adalah salah satu komplikasi kronis dari penyakit diabetes melitus berupa luka pada permukaan kulit kaki penderita diabetes disertai dengan kerusakan jaringan atau kematian jaringan, baik disertai ataupun tanpa infeksi. 

Tanda-tanda infeksi umumnya berupa adanya nanah atau cairan berbau tidak sedap. Pada populasi penderita diabetes, diperkirakan sebanyak 15% akan mengalami komplikasi berupa ulkus diabetikum.

Penyebab

Ulkus diabetikum umumnya disebabkan oleh trias klasik, yaitu neuropati (kerusakan saraf), iskemia (kekurangan suplai darah ke jaringan), dan infeksi.

  • Neuropati/kerusakan saraf

Sebanyak 60% penyebab ulkus diabetikum pada kaki penderita diabetes adalah neuropati. Neuropati didefinisikan sebagai kerusakan saraf yang mengganggu fungsi normal saraf sebagai penghantar sensasi. Kerusakan saraf dapat terjadi akibat kadar tingginya kadar gula darah dalam waktu yang cukup lama. 

Salah satu tanda neuropati adalah penurunan rasa/sensasi. Gejala penurunan sensasi akan menyebabkan penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena cedera yang tanpa disadari berubah menjadi suatu ulkus diabetikum. Selain penurunan sensasi, gejala neuropati dapat berupa sensasi abnormal seperti sengatan listrik, rasa tebal, ataupun rasa terbakar.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Iskemia/kekurangan suplai darah ke jaringan

Kondisi gula darah tinggi dapat mengakibatkan kerusakan dari dinding pembuluh darah, terutama pembuluh darah tepi di daerah kaki. Hal tersebut akan berdampak pada penyempitan pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya sumbatan. 

Apabila terbentuk sumbatan, suplai darah ke jaringan akan terhambat dan menimbulkan ulkus diabetikum. Gejala iskemia yang sering terjadi adalah nyeri pada otot pada saat beraktivitas normal yang membaik dengan istirahat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Infeksi

Penderita diabetes melitus umumnya mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga memudahkan terjadinya infeksi pada luka. Cedera ringan yang disertai infeksi dapat menjadi salah satu penyebab ulkus diabetikum. 

Pada daerah telapak kaki, terdapat banyak jaringan lunak yang rentan terhadap infeksi sehingga mudah terjadi penyebaran bakteri. Tanda-tanda ulkus yang terinfeksi adalah luka yang tidak sembuh disertai dengan nanah atau cairan berbau tidak sedap.

Faktor Risiko

  • Charcot joint. Secara definisi, Charcot joint adalah suatu kelainan bentuk sendi kaki karena rusaknya sendi akibat trauma pada tungkai yang mengalami neuropati/kerusakan saraf. Hal ini meningkatkan kemungkinan terjadinya cedera, bergesernya sendi/dislokasi, hingga patah tulang pada kaki dengan Charcot joint.
  • Penyakit pembuluh darah tepi. Penyakit ini berkaitan dengan kondisi iskemia/kekurangan suplai darah ke jaringan.
  • Kerusakan saraf tepi/neuropati
  • Durasi dari diabetes ≥10 tahun
  • Pasien dengan kontrol gula darah yang buruk
  • Umur ≥ 45 tahun
  • Merokok
  • Jenis kelamin laki-laki
  • Hipertensi

Tanda dan Gejala Klinis Ulkus Diabetikum

  • Adanya luka/borok di areal kaki yang terbuka dan sulit sembuh, bisa disertai dengan nanah atau cairan berbau tidak sedap
  • Rasa nyeri di otot kaki ketika beraktivitas ringan
  • Penurunan rasa/sensasi di areal kaki
  • Bentuk kaki yang abnormal
  • Hilangnya rambut di area kaki
  • Otot kaki yang mengecil

Cara Merawat Luka Kaki

ultus diabetikum

Sebelum melakukan perawatan luka kaki, hal utama yang penting untuk dilakukan pasien adalah menjaga kadar gula darah melalui pola hidup sehat dan obat-obatan seperti Glucovance 1.25 MG/250 MG 100 Tablet – Obat Pengontrol Gula Darah (Rp340.000). Kadar gula darah perlu dikendalikan untuk membantu proses penyembuhan ulkus diabetikum serta mencegah komplikasi-komplikasi diabetes lainnya.

Ulkus diabetikum perlu sesegera mungkin dilakukan perawatan oleh dokter melalui debridement. Debridement adalah upaya untuk membersihkan semua jaringan mati yang menghambat penyembuhan luka. Selain itu, debridement juga berfungsi untuk menghilangkan bakteri yang mengkontaminasi luka sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan ulkus.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Setelah dilakukan debridement oleh dokter, pasien harus memahami prinsip cara perawatan luka kaki. Apabila ulkus memproduksi banyak cairan, maka perlu memakai pembalut yang bersifat menyerap. Namun apabila ulkus bersifat kering, maka digunakan pembalut yang dapat melembabkan ulkus. 

Pembalut untuk ulkus diabetikum dapat menggunakan pembalut konvensional yaitu kasa steril yang dilembabkan dengan cairan infus (NaCl 0,9%), atau dapat disesuaikan dengan anjuran dokter.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Prinsip utama dalam proses penyembuhan ulkus diabetikum kronis adalah menurunkan tekanan pada telapak kaki. Mengurangi tekanan pada kaki dengan ulkus diabetikum dapat mengurangi trauma dan mempercepat proses penyembuhan. 

Banyak metode yang dapat digunakan, seperti memakai sepatu khusus untuk penderita ulkus diabetikum ataupun dengan alat penyanggah tubuh seperti crutches dan walker.

Infeksi pada ulkus diabetikum umumnya ditangani dengan obat-obatan antibiotik sesuai dengan resep dokter. Lama pemberian antibiotik umumnya bergantung pada gejala klinis, luas dan dalamnya ulkus, serta beratnya infeksi. Pasien dengan infeksi yang mengancam tungkai harus dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagaimana Cara Mencegah Ulkus Diabetikum Kambuh?

Pencegahan menjadi hal yang sangat penting dalam menghindari amputasi kaki. Pasien wajib memperhatikan kebersihan kaki, menggunakan alas kaki yang tepat (bahan yang nyaman, ukuran yang tepat), rutin memeriksa kaki setiap hari, mengobati segera apabila ada luka, dan rutin diperiksakan ke dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman