fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Dalam tubuh manusia terdapat Threonine yang menjadi bagian utama dalam protein struktural. Protein tersebut dalam bentuk elastin dan kolagen yang menjadi komponen penting pada jaringan ikat dan kulit. Threonine bersifat esensial yang merupakan salah satu 20 asam amino yang menyusun protein untuk menjaga metabolisme lemak dan kekebalan tubuh.

Informasi

Threonine dikenal dengan L-threonine yang digunakan untuk satu enantiomer. Threonine mempunyai dua pusat perputaran yang dalam rantai sampingnya mengalami glikosilasi dengan atom oksigen. Ada empat kemungkinan treonin stereoisomer dan diastereomer yang menjadi bagian penting dalam tubuh manusia.

Dalam tubuh manusia terdapat 20 asam amino salah satunya Threonine yang berbeda-beda. Asam amino tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh beserta organ di dalamnya. Adanya enzim treonine dalam tubuh menghasilkan senyawa yang penting untuk proses biosintesis metabolit sekunder.

Threonine termasuk asam amino yang bersifat esensial dan dapat diperoleh dari asupan makanan. Jika tubuh kekurangan asam amino dapat menyebabkan gangguan yang bervariasi. Terutama penyakit yang berdampak pada kesehatan tubuh.

Dosis

Sebagai protein struktural, Threonine ada dalam makanan yang mengandung asam amino esensial tinggi. Terutama pada susu, biji wijen, telur, tahu, daging, kedelai, quinoa dan soba. Untuk mengonsumsi makanan tersebut harus diimbangi dengan asupan gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya cairan untuk menghindari dehidrasi dengan cara rajin mengonsumsi air putih.

Anda bisa mengonsumsi makanan tersebut secara teratur dengan porsi yang cukup. Karena kandungan asam amino di dalamnya berperan penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Threonine menjadi salah satu dari sembilan asam amino esensial yang berasal dari makanan. Oleh karena itu, perhatikan pola makan Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang tinggi, termasuk Threonine.

Kontraindikasi

Sebagai asam amino esensial, Threonine dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen sesuai dengan resep dokter. Sebelum mengonsumsi obat tersebut, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Sehingga dapat terhindar dari risiko interaksi yang berbahaya.

Interaksi dengan Obat Lain:

  1. Konsumsi threonin bersamaan dengan Nitrat dapat meningkatkan aliran darah menuju jantung. Sehingga dapat berisiko sakit kepala dan pusing yang berat.
  2. Interaksi dengan obat pengencer darah dapat menyebabkan perdarahan dan memar karena proses pembekuan darah yang terhambat.
  3. Konsumsi threonine bersamaan dengan obat antidiabetes dapat menurunkan kadar glukosa bahkan sampai batas normal dalam tubuh.
  4. Interaksi dengan sildenafil dan antihipertensi dapat menurunkan tekanan darah sampai batas paling bawah.

Kelompok Orang Berisiko

Tubuh manusia membutuhkan asam amino esensial salah satunya Threonine. Namun, penggunaanya harus sesuai dengan petunjuk dokter dan tidak boleh berlebihan. Dalam menggunakan obat ini tidak boleh berlebihan karena dapat berisiko serius, khususnya pada kelompok orang:

Anak-Anak 

Anak-anak memang membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang tinggi untuk proses pertumbuhan. Termasuk asam amino yang didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Namun, perhatikan dosis pemakaian obat ini jangan sampai berlebihan.

Efek Samping

threonine

Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan risiko negatif termasuk Threonine. Meskipun asam amino esensial ini dibutuhkan oleh tubuh, tetap bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Risiko yang mungkin terjadi jika kelebihan Threonine adalah:

  1. Sakit perut
  2. Sakit kepala
  3. Mual
  4. Muncul ruam pada kulit

Efek samping tersebut bisa terjadi setelah Threonine dalam tubuh melebihi batas normal. Jika terjadi gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan. Jika dibiarkan saja, dapat menimbulkan gangguan lain yang berisiko overdosis. Oleh karena itu, selalu jaga pola makan Anda setiap hari.

Cara Konsumsi

Untuk mengonsumsi Threonine harus memperhatikan anjuran dari dokter. Anda juga harus mengetahui informasi terkait Threonine tersebut, termasuk efek samping yang ditimbulkan. Perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, dan pastikan asam amino terpenuhi dengan baik. Terutama pada anak-anak yang membutuhkan perkembangan lebih optimal.

Dokter akan memberikan suntikan Threonine sesuai dengan diagnosis yang terjadi. Jika dilakukan secara mandiri, pastikan tetap berada dalam pengawasan dokter. Jangan berlebihan dalam menggunakan Threonine tersebut. 

Perhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Konsumsi makanan yang mengandung asam amino esensial cukup salah satunya susu yang diimbangi dengan daging, buah dan sayur. Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit. Baik penyakit ringan maupun penyakit berat yang berisiko tinggi.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis