fbpx
BerandaHidup SehatTes Alergi, Apa Saja Jenis dan Bagaimana Prosedurnya?

Siapa yang tak kenal dengan alergi? Semua orang pasti sudah tahu tentang alergi ini. Apalagi, bisa jadi mungkin ada juga beberapa orang yang mengalami alergi ini. Alergi sendiri merupakan kondisi dimana sistem imun tubuh menolak kehadiran beberapa sumber pemicu alergi atau alergen yang dianggap berbahaya sehingga akan menimbulkan beberapa reaksi pada tubuh.

Tes Alergi, Apa Saja Jenis dan Bagaimana Prosedurnya?

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi alergi dapat diketahui dengan beberapa cara termasuk salah satunya adalah dengan tes alergi. Tes alergi sendiri merupakan tindakan pemeriksaan medis yang bertujuan untuk mendeteksi apakah tubuh Anda memiliki reaksi alergi terhadap suatu zat tertentu atau alergen. 

Biasanya, uji alergi ini dapat dilakukan dalam dua bentuk, yaitu tes darah maupun juga tes kulit. Prosedur dari pemeriksaan uji alergi ini umumnya dilakukan langsung oleh dokter konsultan spesialis alergi. Tentu saja, tes ini dijalankan dengan sangat hati-hati agar tidak terjadi reaksi berlebihan pada tubuh ketika tes dijalankan.

Indikasi pada Tes Alergi

Perlu Anda tahu, alergi ini dapat terjadi pada siapa saja tanpa terkecuali. Akan tetapi, umumnya alergi akan lebih rentan terjadi pada anak-anak dan juga orang yang memang memiliki riwayat alergi di dalam keluarganya seperti asma yang dapat diturunkan. Untuk uji alergi dengan metode tes darah dapat dilakukan dengan cara mengambil sampel darah.

Sementara jika uji alergi dilakukan melalui tes kulit, merupakan metode tes yang lebih umum digunakan. Tes alergi melalui kulit sendiri dapat dilakukan pada seseorang yang diduga mengalami alergi terhadap zat tertentu khususnya makanan atau bulu hewan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami reaksi alergi seperti asma dan pembengkakan kulit. 

Hanya saja, sebelum tes alergi ini dilakukan, ada beberapa hal yang wajib untuk Anda cermati terlebih dahulu.Pertama, pasien yang masih berusia di bawah 2 tahun akan dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini karena tes alergi melalui kulit akan memiliki risiko yang lebih besar jika dilakukan pada anak yang masih bawah usia 2 tahun.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Prosedur dalam Menjalankan Uji Alergi

Selanjutnya yang wajib Ada ketahui adalah mengenai prosedur dalam menjalan tes alergi ini. Yap, dengan Anda mengetahui dengan prosedur dari uji alergi baik jika menggunakan tes darah atau kulit ini, setidaknya akan memberikan Anda sedikit gambaran lebih lanjut seputar apa saja yang nanti akan dilakukan pada kedua tes ini.

Yang pertama adalah uji alergi yang dilakukan melalui kulit. Prosedur awal yang dilakukan oleh dokter nantinya adalah akan membersihkan kulit khususnya pada bagian lengan atas atau lengan bawah Anda dengan alkohol agar lebih bersih dan steril. Setelah dibersihkan, nantinya dokter akan memberikan tanda pada kulit Anda dengan menggunakan spidol atau pulpen.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Lalu, dokter akan meneteskan sejumlah larutan sebanyak 10 sampai 12 tetes di setiap tanda yang telah dibuat pada lengan Anda. Larutan ini merupakan campuran antara cairan dan zat alergen atau pemicu alergi. Namun, setiap larutan ini nantinya mengandung zat alergen yang berbeda satu sama lain ketika akan diteteskan pada kulit Anda.

Kemudian, dokter akan menusuk area kulit yang sudah diberi tetesan larutan ini dengan menggunakan jarum yang sangat tipis sehingga nantinya zat alergen dapat masuk ke bagian bawah permukaan kulit Anda. Dokter nantinya akan mengamati tanda atau reaksi alergi yang akan mungkin muncul pada kulit selama 15 sampai 20 menit.

Jika dalam waktu ini tubuh mengalami reaksi alergi, maka reaksi akan muncul dan dokter pun dapat mendiagnosa alergi apa yang Anda miliki. Tentu saja, hal ini diketahui dari kulit yang sudah diberi tanda dan berikan cairan tersebut sehingga hasilnya pun bisa dikatakan cukup akurat untuk mengetahui alergi apa yang Anda alami.

Selanjutnya, ada uji alergi yang dilakukan melalui darah. Tes alergi melalui darah ini umumnya dilakukan jika Anda dikhawatirkan akan mengalami reaksi alergi yang hebat terhadap tes alergi jika melalui kulit. Tes alergi dengan metode tes darah ini dapat dilakukan dengan memeriksa imunoglobulin E atau IgE yang ada di dalam darah Anda. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Imunoglobulin E atau IgE sendiri adalah sebuah antibodi yang dihasilkan sistem imun di dalam tubuh untuk melawan berbagai zat yang dianggap sebagai ancaman untuk tubuh. Saat tubuh mengalami reaksi alergi ini, jumlah IgE dalam tubuh biasanya akan meningkat. Sehingga, nantinya tubuh akan memunculkan beragam reaksi dari zat pemicu ini.

Uji alergi melalui darah ini, biasanya akan diawali dengan mengambil sampel darah terlebih dahulu. Kemudian, sampel darah akan diperiksakan ke laboratorium untuk kemudian akan dianalisis dengan cermat. Prosedur tes alergi melalui darah ini, umumnya akan berlangsung kurang dari 5 menit dan akan membutuhkan waktu beberapa hari hingga sampai hasil tes keluar.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika suatu saat Anda mengalami reaksi alergi, Anda dapat menggunakan obat Colergis Syrup – 60 ml – Sirup Untuk Mengatasi Alergi (Rp82.500) untuk mengatasinya. Jika bertambah parah, segera hubungi dokter untuk penanganan lanjutan.

Ingin tebus obat tanpa ribet? Temikan solusi tebus obat mudah tanpa perlu keluar rumah dengan mengunduh aplikasi Lifepack di App Store dan Google App Store sekarang juga!

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman