fbpx

Tak Hanya Radang, Ini 4 Penyakit Penyebab Sakit Tenggorokan

Okt 30, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Rasa sakit tenggorokan ketika menelan memang membuat rasa tidak nyaman dan terkadang terasa begitu menyakitkan. Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh peradangan yang terjadi di tenggorokan. Padahal, penyebab tenggorokan yang sakit saat menelan bisa banyak penyebabnya. Beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan ketika menelan. Anda perlu mengenali berbagai penyebab tersebut untuk dapat memutuskan penanganan seperti apa yang paling cocok untuk digunakan.

Munculnya rasa sakit pada tenggorokan ketika menelan memang cukup menyiksa. Umumnya, rasa sakit tersebut muncul di bagian atas leher, hingga pada bagian bawah bagian belakang tulang dada. Kondisi ini memang dapat membuat rasa yang kurang nyaman, bahkan dapat memunculkan sensasi perih atau rasa seperti terbakar. Selain itu, tekanan yang begitu kuat pada tenggorokan pun akan Anda rasakan.

Penyakit Penyebab Sakit Tenggorokan

Ada begitu banyak hal yang bisa terjadi di tenggorokan sehingga menyebabkan timbulnya rasa sakit ketika Anda menelan. Diantaranya bisa disebabkan karena adanya reaksi alergi yang terjadi di jalur menelan, atau adanya infeksi pada bagian tenggorokan. Berikut beberapa penyebab sakit tenggorokan ketika Anda menelan.

Radang Tenggorokan atau Sore Throat

penyebab-sakit-tenggorokan

Sakit pada tenggorokan ketika Anda menelan bisa saja disebabkan karena adanya peradangan. Peradangan tersebut bisa dikarenakan infeksi virus, reaksi alergi terhadap alergen, polusi, asap rokok atau penyebab alergi lainnya. Selain itu, peradangan sendiri juga bisa dikarenakan infeksi bakteri.

Bakteri yang umum menyebabkan kondisi ini adalah streptococcus yang terletak di bagian amandel serta bagian tenggorokan. Namun, kondisi tersebut juga bisa dikarenakan oleh virus. Dimana virus maupun bakteri tersebut nantinya akan menyebabkan iritasi pada bagian dinding tenggorokan serta menyebabkan inflamasi.

Sakit tenggorokan yang disebabkan karena radang, umumnya akan ditAndai dengan munculnya pembengkakan kelenjar getah bening, munculnya pembengkakan pada amandel, munculnya bercak putih sedikit kekuningan pada bagian atas permukaan amandel atau tenggorokan. Gejala lain juga meliputi, demam serta rasa sakit ketika Anda menelan. Jika memang disebabkan oleh bakteri, maka untuk mengatasinya, dokter akan memberikan antibiotik pada Anda.

Menurut dr. Irma Lidia, terdapat beberapa cara mencegah sakit tenggorokan. “Hindari kuman penyebabnya dan menjaga kebersihan yaitu dengan cara: sering cuci tangan, terutama setelah menggunakan toilet, sebelum makan, dan setelah bersin atau batuk, dan sebelum menyentuh wajah. Gunakan hand sanitizer bila tidak dapat cuci tangan. Hindari berbagi makanan, gelas minum atau peralatan makan. Batuk atau bersin ke tisu dan buang, gunakan masker bila sakit. Bersihkan barang yang sering disentuh seperti telepon, remote TV, dan keyboard komputer secara teratur dengan pembersih pembersih. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.”

Penyakit Asam Lambung

penyebab-sakit-tenggorokan
R

Bagi orang yang memiliki masalah yang berkaitan dengan asam lambung yang kronis, mungkin Anda juga akan merasakan sakit pada tenggorokan saat menelan (Baca juga Bahaya Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya). Hal ini dikarenakan oleh asam lambung yang naik kembali bahkan dapat mencapai ke bagian esofagus atau kerongkongan. Setelah itu, cairan lambung tersebut yang bersifat asam akan menyebabkan iritasi pada dinding esophagus, alhasil, Anda pun akan merasakan nyeri ketika menelan atau inilah penyebab rasa sakit pada tenggorokan. Bahkan, penyakit yang satu ini juga dibada menyebabkan gangguan pada pernapasan.

Penyebab dari naiknya asam lambung adalah karena obesitas, stress, mengkonsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung seperti soda. Asam lambung yang naik juga bisa dikarenakan adanya kelainan pada selaput diafragma sehingga membatasi rongga perut dan rongga dada (Baca juga Penderita Asam Lambung? Hindari 7 Jenis Makanan Ini).

Radang Amandel

penyebab-sakit-tenggorokan

Radang amandel juga bisa menjadi penyebab rasa sakit pada tenggorokan ketika menelan. Radang amandel dapat terjadi saat adanya infeksi pada bagian amandel atau dua kelenjar getah bening yang terletak pada setiap sisi di bagian belakang tenggorokan. Amandel sendiri seharusnya memiliki tugas untuk membantu tubuh mencegah infeksi yang masuk. Namun ketika radang amandel terjadi maka fungsi tersebut akan berkurang atau menjadi tidak optimal (Baca juga Radang Amandel: Pengertian, Gejala, Serta Cara Pengobatan).

Penyebab radang amandel bisa dikarenakan virus atau bakteri yang bisa menular. Penyakit ini memang bisa dialami oleh semua rentang usia, namun, kondisi tersebut paling umum dialami oleh anak. Jika tak kunjung diobati, maka kondisi tersebut bisa membuat komplikasi yang sering (Baca juga Amandel pada Anak, Perlukah Dioperasi?).

Gejala dari radang amandel sendiri meliputi, sakit tenggorokan, demam, serta amandel menjadi tampak lebih bengkak serta kemerahan, kadang juga bisa diiringi dengan munculnya bercak putih kekuningan.

Difteri

Difteri dapat dikarenakan oleh infeksi bakteri yang berakibat serius. Jenis bakteri yang dapat menyebabkan kondisi ini adalah Corynebacterium diphtheria. Racun yang terdapat dari bakteri difteri tersebut nantinya bisa mempengaruhi tenggorokan dengan membentuk selaput putih yang tebal dan baru di bagian atas permukaan dalam tenggorokan, hidung, saluran pernapasan lain, serta lidah.

Gejala yang muncul pada difteri bisa sangat beragam, secara umum gejalanya adalah munculnya bercak yang cukup tebal, bercak tersebut berwarna abu-abu dan terdapat di bagian amandel maupun tenggorokan. Gejala lain yakni demam, menggigil, munculnya bengkak pada kelenjar di bagian leher, kulit kebiruan, batuk, sakit pada tenggorokan, dan rasa tidak nyaman yang muncul, selain itu, mulut pun menjadi mengeluarkan air liur terus menerus. Difteri sendiri sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi difteri.

Penyebab sakit tenggorokan memang sangat beragam, Anda harus mulai mengetahui dan memperhatikan gejala yang muncul. Untuk penyebab yang lebih tepat, Anda disarankan untuk langsung berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan penanganan dan pengobatan.

 Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis