fbpx
BerandaObat20 Rekomendasi Merk Obat Batuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Amanda Ismoetia

obat-batuk-anak

Batuk pada anak tentu akan terasa sangat mengganggu. Anak tidak bisa beraktivitas dengan nyaman dan seringkali kondisi ini juga akan menurunkan nafsu makan. Dibutuhkan obat yang tepat untuk mengatasi kondisi batu ini agar anak bisa kembali sehat. Kali ini akan dibahas mengenai pemilihan obat batuk anak dan rekomendasi obat batuk pilek anak.

Namun pertama-tama perlu diketahui bahwa konsumsi obat batuk pilek anak tentu harus diperhatikan dengan baik. Anak-anak sebaiknya menerima jenis obat yang tepat dan dosis yang terukur. Konsultasi pada dokter menjadi jalan terbaik agar orang tua bisa memastikan obat yang diterima anak bisa memberi efek positif. 

Gejala Batuk yang Disebabkan oleh COVID-19 Omicron

Varian terbaru COVID akan menimbulkan gejala batuk pada semua umur. Tetapi, gejala batuk ini akan muncul secara lebih signifikan terhadap anak-anak. Ini dikarenakan anak-anak memiliki saluran pernapasan yang relatif kecil dibanding orang dewasa dan masih dalam masa pertumbuhan. Sehingga, infeksi saluran pernapasan yang terjadi akan menjadi lebih parah.

Sebuah penelitian di Inggris, seperti yang dilansir dari Jawa Pos, menemukan bahwa anak-anak yang terjangkit virus COVID akan mengalami batuk yang berat seperti suara menggonggong. Rumah sakit di Inggris juga mencatat bahwa ada peningkatan signifikan untuk anak-anak yang positif Covid-19 sejak Omicron ditemukan.

Orang tua dapat segera menerapkan isolasi mandiri pada anak dan memberikan obat batuk yang tepat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cara Memilih Obat Batuk Anak

Ada beragam jenis obat yang ditujukan untuk meredakan batuk pada anak. Orang tua sebaiknya hati-hati saat memilih jenis obat yang akan diminumkan kepada si kecil. Berikut adalah beberapa tips pemilihan obat batuk pilek untuk buah hati tercinta.

1. Pahami Jenis Batuk

Pertama, cobalah untuk memahami dulu jenis batuk yang dialami anak. Ada beberapa macam kondisi batuk yang bisa terjadi mulai dari obat batuk kering anak hingga obat batuk berdahak anak. Perhatikan apakah batuk anak disertai dahak atau tidak. Kemudian identifikasi apakah batuk disebabkan oleh alergi atau tidak. Ini akan menjadi acuan penting saat Anda memilihkan obat batuk.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

2. Sesuaikan Obat dengan Jenis Batuk

Jika sudah tahu apa jenis batuk dan penyebabnya, maka pilihlah produk obat yang sesuai dengan jenis tersebut. Ada beberapa tipe obat batuk, misalnya obat batuk berdahak, obat batuk kering, obat batuk pilek, dan lain sebagainya. Baca deskripsi pada kemasan dan pilih yang paling sesuai.

Selain menyesuaikan dengan jenis batuk, coba perhatikan juga gejala lain yang menyertai. Misalnya, anak menderita batuk disertai demam dan pilek. Pilihlah produk obat yang bisa mengatasi batuk juga meringankan gejala lain yang menyertainya. Jadi dalam satu kali minum obat, semua masalah kesehatan tersebut bisa terselesaikan hingga tuntas.

3. Pilih Produk Obat Batuk Anak

Gunakan obat batuk yang memang digunakan untuk anak. Hindari pemakaian obat batuk dewasa untuk anak-anak. Karena, obat batuk anak teah disesuaikan mulai dari kandungan hingga dosisnya, jadi jangan asal memilih obat. Perhatikan juga tabel usia yang tercantum pada kemasan. Pilih produk obat yang diformulasikan sesuai usia anak.

4. Pilih Bentuk Sirup

Anak-anak akan jauh lebih mudah untuk mengonsumsi obat dalam bentuk sirup. Dibandingkan obat tablet maupun pil, tentu akan lebih mudah meminumkan obat sirup. Perhatikan juga pilihan rasa dari sirup batuk anak yang akan dikonsumsi. Agar si kecil lebih mudah menelan obat, pilihlah rasa obat yang paling disukai oleh anak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Perhatikan Efek Samping

Baca baik-baik deskripsi produk. Bukan hanya aturan pakainya, baca juga efek samping apa saja yang bisa ditimbulkan. Akan jauh lebih baik jika terdapat efek mengantuk setelah konsumsi obat. Ini akan membantu si kecil lebih mudah istirahat setelah minum obat. Biasanya anak susah tidur ketika batuk jadi obat ini akan membantu anak lebih mudah beristirahat. Anda juga harus mengikuti dosis anjuran sesuai usia anak, contohnya jika anak baru berusia 2 tahun maka carilah dengan spesifik obat batuk pilek anak 2 tahun atau obat batuk untuk anak 2 tahun.

Rekomendasi Produk Obat Batuk Anak

rekomendasi-obat-batuk-anak

Ada banyak pilihan produk obat batuk yang diformulasikan untuk anak. Anda tentu ingin memakai produk obat terbaik agar bisa segera menyelesaikan masalah batuk yang dialami si kecil. Berikut adalah beberapa rekomendasi obat batuk pilek yang bisa Anda gunakan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Hufagrip BP

Pilihan pertama untuk obat batuk untuk anak adalah Hufagrip BP (Rp36.300) atau Batuk Pilek. Obat ini diformulasikan untuk dapat meringankan kondisi batuk kering, bersin-bersin, dan hidung tersumbat. Komposisi obat ini yaitu chlorpheniramin maleat, pseudoephedrine HCL, dan dextromethorphan HBr.

2. OBH Combi Anak

Produk OBH COMBI ANAK BATUK PILEK APEL 60 ML (Rp12.900) juga bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi masalah batuk. Obat ini memiliki kandungan paracetamol, ammonium chloride, zat aktif extract succus liquiritiae, chlorpheniramine maleate, juga pseudoephedrine HCL. Produk obat ini mungkin akan efektif untuk meredakan batuk disertai gejala flu seperti demam, nyeri kepala, bersin-bersin, dan pilek.

3. Vicks Formula 44 Anak

Pilihan selanjutnya adalah Vicks Formula 44 (Rp19.900) anak dengan rasa stroberi yang mungkin cocok dengan selera si kecil. Obat ini dapat bantu redakan masalah batuk berdahak maupun kering. Zat yang terkandung di dalam produk ini adalah dextromethorphan HBr dan guaifenesin. Keduanya bekerja dengan cara menekan batuk dan membantu mengeluarkan dahak sebagai obat batuk kering anak.

4. Unibebi Cough Syrup

Alternatif lainnya untuk membantu meringankan batuk anak adalah Unibebi Cough Syrup – 60 ml – Obat Batuk Anak (Rp 5.200). Obat ini memiliki kandungan paracetamol, guaifenesin, dan CTM. Produk ini direkomendasikan untuk meredakan kondisi batuk berdahak, batuk pilek, influenza, juga meringankan demam.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Anakonidin Sirup

Rekomendasi obat batuk lainnya yang bisa diberikan kepada anak adalah Anakonidin Sirup (Rp28.300). Produk ini diketahui dapat membantu meredakan gejala flu seperti bersin, pilek, dan batuk. Zat yang terkandung dalam obat ini diantaranya prekursor, dextromethorphan HBr, guaifenesin, pseudoephedrine HCL, juga chlorpheniramine maleate.

6. Bisolvon Kids Syrup

Obat batuk selanjutnya yang Lifepack rekomendasikan adalah Bisolvon Kids Syrup (Rp74.600). Memiliki kandungan zat aktif Bromhexine yang digolongkan sebagai agen mukolitik yaitu obat yang berfungsi mengencerkan dahak. Obat ini dapat digunakan sebagai pengobatan gangguan pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh dahak/mukus yang berlebihan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

7. Komix Kid Strawberry

Komix Kid Strawberry (Rp10.700) merupakan obat batuk untuk anak usia 6 hingga 12 tahun yang berbentuk cairan siap konsumsi. Obat batuk ini mengandung dextromethorpan, guafenesin, dan ctm yang dapat bantu meredakan batuk serta gejala pilek pada anak.

8. Termorex Plus Syrup

Obat Termorex Plus Syrup (Rp28.100) dapat digunakan untuk membantu meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk. Obat ini diperuntukkan untuk anak usia 2 hingga 12 tahun dengan dosis berbeda yang dapat dilihat sesuai kemasan, sehingga dapat dipilih sebagai obat batuk anak 3 tahun. Kandungan Paracetamol, Pseudoephedrine HCl , Glyceryl guaiacolate, dan Chlorpheniramine maleate diformulasikan khusus untuk digunakan oleh anak.

9. Paket Isoman B dari Lifepack

Terdiri dari vitamin D dan C yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, Paket Isoman B (Rp236.499) dari Lifepack juga dilengkapi dengan obat Azithromycin untuk meredakan infeksi pernapasan dan Panadol Biru untuk meredakan demam dan nyeri. 

Obat Azithromycin dapat bantu mencegah pertumbuhan bakteri dan meredakan infeksi akibat bakteri pada anak-anak dan orang dewasa. Istirahat di rumah, serta konsumsi vitamin C dan obat resep dari dokter selama masa penyembuhan Covid-19. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Baca juga: Nafas Pendek Pasca COVID-19? Ini Cara Mengatasinya! 

10. Actifed Expectorant Syrup 60 ml Hijau

Obat Actifed Expectorant (Rp86.600) ini dapat dikonsumsi oleh anak usia di atas 6 tahun hingga orang dewasa. Memiliki kandungan Triprolidine HCl, Pseudoephedrine HCl, dan Guaiphenesin yang dapat digunakan untuk membantu meringankan pilek dan batuk berdahak secara sekaligus.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

11. Triaminic Syrup Expectorant

Triaminic Expectorant (Rp110.000) mengandung Pseudoefedrin dan Guaifenesin. Dapat bantu meringankan gejala pilek seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat serta batuk berdahak pada anak.

12. Triaminic Batuk & Pilek

Jika Triaminic yang sebelumnya diperuntukkan untuk batuk berdahak, Triaminic yang satu ini berfungsi untuk meredakan batuk kering pada anak. Kandungan Triaminic Batuk & Pilek (Rp75.000) dapat membantu meredakan batuk kering serta melegakan hidung tersumbat karena pilek.

13. Komix Kid Strawberry

Obat sirup dengan varian strawberry Komix Kid (Rp10.700) dapat membantu meredakan batuk pada anak. Kemasan sachet sekali pakai akan menjadikannya praktis untuk dikonsumsi oleh anak secara langsung.

14. OB Herbal Junior Syrup

OB Herbal Junior Syrup (Rp25.000) adalah sirup batuk berdahak pada anak yang membantu meredakan batuk dan mengencerkan dahak. Memiliki kandungan bahan-bahan herbal sebagai kandungan utama yaitu Jahe, Jeruk Nipis, dan Licorice.

Jaminan Lifepack untuk Anda

15. Ikadryl Syrup Apel

Obat sirup dengan rasa apel ini dapat digunakan baik untuk orang dewasa dan anak-anak usia 10 tahun ke atas. Ikadryl Sirup rasa apel (Rp36.000) dapat bantu meredakan batuk karena flu hingga alergi.

16. Sirup Herbakof Kids

Jika Anda ingin menggunakan obat herbal, Sirup Herbakof Kids (Rp31.900) dapat menjadi pilihan. Obat ini membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan dengan kandungan mahkota dewa, daun legundi, daun saga dan jahe gajah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

17. Anakonidin Herbal

Salah satu obat batuk herbal anak yang lainnya adalah Anakonidin Herbal (Rp32.500). Memiliki rasa cherry mint dan diformulasikan tanpa bahan pengawet dan kandungan alkohol.

18. Woods Peppermint Antitussive

Woods Peppermint Antitusive (Rp18.111) merupakan obat dalam bentuk sirup yang dapat membantu meringankan batuk tidak berdahak. Dapat digunakan untuk orang dewasa dan anak-anak di atas 6 tahun dengan dosis yang dianjurkan pada kemasan.

19. Laserin Sirup Madu

Laserin Sirup (Rp23.700) adalah obat untuk bantu meredakan batuk, masuk angin, muntah, serta membantu melegakan pernafasan. Memiliki kandungan herbal dan rasa madu yang dapat digunakan oleh bayi hingga orang dewasa.

20. Sanadryl DMP Sirup

Obat batuk kering ini juga dapat bantu meredakan gejala flu, alergi, dan pilek. Sanadryl DMP Sirup (Rp27.300) harus dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan pada kemasan obat atau dokter,

Jaminan Lifepack untuk Anda

“Konsultasikan ke dokter untuk memilih obat batuk yang tepat untuk anak, hindari memberikan minum atau makanan pada anak jika anak sedang batuk, karena bisa menimbulkan resiko tersedak.” tambah dr. Amanda Ismoetia, tim dokter Lifepack.

Itulah tips sekaligus rekomendasi produk obat batuk yang dapat membantu meringankan gejala batuk dan mendukung anak untuk kembali sehat. Obat-obat ini bisa Anda dapatkan baik di apotek offline maupun online. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat rekomendasi terbaik.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Butuh konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter berpengalaman Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 021 5086 8889 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Atau kunjungi apotek kami offline Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet atau Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jam operasional pada hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman