fbpx
BerandadirektoriPenyakitPosisi Tidur saat Darah Tinggi yang Direkomendasikan

Tekanan darah tinggi memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh. Kondisi ini dapat memicu munculnya komplikasi khususnya pada organ jantung. Agar bisa menghindari semua risiko komplikasi yang mungkin terjadi, dibutuhkan kontrol atau tindakan yang tepat. Mulai dari pemilihan posisi tidur saat darah tinggi yang tepat juga penerapan pola hidup yang lebih sehat.

posisi_tidur_saat_darah_tinggi

Tidur merupakan salah satu kunci untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Tidur juga berpengaruh pada kondisi tekanan darah Anda. Pada saat tekanan darah cukup tinggi maka dibutuhkan posisi tidur yang tepat dan nyaman. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan tubuh sekaligus kondisi kesehatannya.

Posisi Tidur saat Darah Tinggi Paling Disarankan

Mendapatkan kenyamanan saat tidur sangat penting bagi tubuh manusia. Tidur yang lelap dan nyaman akan membantu meredakan stres serta memperlancar peredaran darah. Berikut adalah dua posisi tidur yang sangat disarankan pada saat tekanan darah dalam tubuh tergolong tinggi:

  1. Miring ke Kiri

Posisi pertama yang direkomendasikan ketika tekanan darah sedang tinggi adalah miring ke kiri. Tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri akan membantu menurunkan tekanan pada pembuluh darah. Selain itu posisi ini juga efektif membantu mengembalikan darah menuju jantung. 

Seperti diketahui bahwa jantung akan memompa darah menuju seluruh tubuh lalu setelah beredar maka darah akan kembali lagi ke jantung. Ketika posisi tubuh miring ke kanan maka pembuluh darah yang menuju jantung akan tertekan sehingga kembalinya darah ke jantung jadi jauh lebih sulit. Hal ini jelas akan menyebabkan jantung bekerja lebih berat.

Mengatur posisi tubuh menghadap kiri saat tidur memang sangat bagus untuk diterapkan saat tekanan darah tinggi. Hanya saja bertahan dalam satu posisi tidur untuk waktu yang cukup lama juga tidak bagus bagi tubuh. Sangat disarankan untuk mengubah posisi sesekali agar peredaran darah tetap berjalan lancar. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Tengkurap

Selain tidur miring ke kiri, Anda juga sangat disarankan untuk tidur tengkurap ketika tekanan darah sedang tinggi. Saran posisi tidur saat darah tinggi ini disampaikan oleh seorang peneliti dari Ehime University School of Medicine di Jepang, Yasuhara Tabara. Lewat penelitian yang dijalankan, diketahui bahwa individu yang tertidur tengkurap memiliki tekanan darah 15 poin lebih rendah.

Namun perlu diketahui bahwa posisi tidur tengkurap bisa tidak terasa nyaman bagi sebagian orang. Apalagi jika posisi ini dipertahankan sepanjang malam ketika tidur. Posisi tidur tengkurap bisa menyebabkan sakit leher sehingga Anda tetap disarankan untuk mengubah posisi tidur secara berkala.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Hal-hal Lainnya yang Harus Diperhatikan

Tidak hanya posisi tidur, penderita darah tinggi juga perlu memperhatikan aspek lainnya. Telah disinggung sebelumnya bahwa tidur menjadi poin penting yang akan membantu penderita darah tinggi menjadi lebih baik. Selain posisi, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Waktu Tidur

Anda harus benar-benar memperhatikan waktu tidur demi menjaga kesehatan tubuh. Usahakan untuk tidak tidur terlalu malam apalagi begadang hingga pagi. Tidurlah paling tidak antara jam 9 hingga 10. Jika memang didesak oleh kesibukan maka usahakan untuk tetap mendapatkan waktu tidur seawal mungkin.

  1. Durasi

Selain waktu tidur, Anda juga harus memperhatikan durasinya. Sangat disarankan untuk tidur selama 7-8 jam setiap hari. Individu yang mendapatkan waktu tidur kurang dari jam tersebut bisa mendapatkan kualitas tidur yang jelek. Selain itu mereka juga punya risiko tinggi mengalami hipertensi.

  1. Kenyamanan Pikiran

Tahukah Anda bahwa stres berpengaruh langsung pada kondisi tekanan darah? Orang yang pikirannya dipenuhi tekanan tidak akan mendapatkan tidur yang berkualitas dan risiko untuk mengalami hipertensi bisa semakin tinggi. Sangat disarankan untuk mengelola stres sebaik mungkin sebelum tidur. Tenangkan pikiran dan cobalah untuk rileks sebelum beristirahat. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pentingnya Memperhatikan Posisi Tidur saat Darah Tinggi

Penderita hipertensi sangat disarankan untuk memperhatikan pola hidup dengan baik, termasuk posisi tidurnya. Hal ini seringkali disepelekan dan membuat banyak orang akhirnya malah memperburuk kondisi tubuhnya sendiri. Posisi tidur padahal akan sangat berpengaruh pada sistem peredaran darah juga kerja jantung dalam tubuh.

Saat posisi tidur yang Anda pilih tepat maka jantung akan bekerja lebih ringan dan peredaran darah juga berjalan lancar. Kondisi ini jelas akan sangat menguntungkan penderita hipertensi. Sebaliknya, pada orang yang memiliki risiko tekanan darah tinggi posisi tidur yang salah bisa memberikan dampak yang buruk. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Banyak sekali kasus penderita hipertensi mengalami serangan jantung di tengah tidurnya. Hal ini dapat dipicu oleh posisi tidur yang tidak tepat dan menyebabkan jantung harus bekerja lebih berat. Oleh sebab itu, penting sekali untuk memilih posisi tidur yang tepat terutama bagi mereka yang punya riwayat hipertensi.

Tekanan darah tinggi dapat memicu terjadinya berbagai komplikasi dan meningkatkan risiko kematian. Penting sekali untuk memilih posisi tidur saat darah tinggi yang tepat sehingga risiko tersebut dapat dikontrol dengan baik. Jangan lupa konsultasikan juga dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi terbaik demi mengontrol tekanan darah Anda.

Anda bisa membeli obat rutin hipertensi dengan resep dokter. Salah satu obat hipertensi adalah Candesartan Novell 16 mg (Rp280.400) yang yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dengan cara menghambat pengikatan angiotensin II ke reseptor AT1 pada jaringan tubuh.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman