fbpx
BerandadirektoriObatPerbedaan Antivirus dan Antibiotik: Adakah Antivirus untuk Covid-19?

Penyakit dapat ditimbulkan berbagai faktor dan sebagian besar penyakit dapat disebabkan oleh berbagai jenis virus atau bakteri. Virus dan bakteri yang sudah masuk ke dalam tubuh harus diobati dengan konsumsi obat khusus. Antivirus dan antibiotik merupakan kedua jenis obat yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Lalu apakah pengertian antivirus dan antibiotik? Apa perbedaan antara keduanya? Simak artikel berikut untuk mengetahui perbedaan antivirus dan antibiotik.

Perbedaan Antara Antibiotik dan Antivirus

Antibiotik dan antivirus adalah dua jenis obat yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter karena merupakan obat keras. Kedua jenis obat ini tidak memiliki kegunaan yang sama. 

Antibiotik dapat digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, sedangkan antivirus digunakan untuk melawan virus. Antibiotik tidak efektif melawan virus dan antivirus tidak efektif melawan infeksi bakteri. 

Pada umumnya, penyakit yang disebabkan bakteri dan virus berbeda. Tetapi, ada beberapa kondisi dimana virus dapat menyebabkan infeksi bakteri sekunder. Karena itulah kedua jenis obat ini tidak bisa didapatkan secara bebas dan harus mengikuti resep yang didapatkan setelah konsultasi dengan dokter.

Apa itu antibiotik?

Antibiotik merupakan obat untuk meredakan infeksi bakteri. Adapun beberapa infeksi yang dapat diobati dengan antibiotik seperti jerawat, bronkitis, infeksi telinga, dan infeksi saluran kemih (ISK). 

Bakteri adalah makhluk hidup berjenis prokariota yang merupakan organisme bersel tunggal yang dapat berkembang biak dan menjadi banyak secara seketika. Bakteri dalam jumlah banyak dapat menyerang sel-sel dan organ di dalam tubuh hingga menimbulkan penyakit. Konsumsi antibiotik dapat mengobati penyakit dengan membuat bakteri tidak mungkin berkembang biak atau dengan membunuh bakteri.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penggunaan antibiotik memerlukan pengawasan dan anjuran oleh petugas medis. Selain karena penggunaan antibiotik sudah sesuai, penggunaannya juga dapat menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan seperti resistensi antibiotik. 

Resistensi antibiotik terjadi saat bakteri di dalam tubuh tidak bisa dilawan sama sekali. Faktor yang memungkinkan terjadinya kondisi ini bermacam-macam, tetapi sebagian besar terjadi karena tidak menjaga kebersihan, terlalu banyak mengonsumsi antibiotik, atau terjadinya mutasi bakteri secara alami. Jika antibiotik dikonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering, bakteri di dalam tubuh akan menjadi kebal dan tidak terpengaruh.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jenis Obat Antibiotik

Berikut beberapa jenis antibiotik yang dapat diresepkan oleh dokter sesuai dengan penyakitnya:

  • Pensilin untuk pneumonia, infeksi saluran pernapasan atas, dan infeksi pada telinga, kulit, gusi, tenggorokan, dan mulut.
  • Sefalosporin untuk mengobati radang tenggorokan, infeksi telinga, infeksi saluran kemih (ISK), infeksi paru-paru dan meningitis.
  • Tetrasiklin untuk jerawat, ISK, infeksi saluran usus, infeksi mata, penyakit menular seksual (PMS), dan periodontitis (infeksi gusi).
  • Aminoglikosida untuk infeksi perut, ISK, bakteremia, dan endokarditis, serta tindakan pencegahan untuk kemungkinan endokarditis.

Apa itu Antivirus?

Antivirus merupakan jenis obat untuk menangani infeksi virus. Adapun virus yang dapat diobati dengan antivirus adalah herpes, influenza, dan human immunodeficiency virus (HIV).  

Virus adalah kelompok molekul yang terdiri dari materi genetik (DNA atau RNA), dengan lapisan protein dan terkadang selubung lemak. Virus membutuhkan inang untuk berkembang biak, maka dari itu virus yang masuk ke tubuh dapat menimbulkan penyakit yang menggerogoti kesehatan penderita. Pada umumnya, virus akan menyerang daya tahan tubuh penderita agar semakin lemah. Obat antivirus efektif untuk melawan virus dan mencegahnya untuk berkembang biak dalam tubuh. 

Penggunaan obat antivirus harus disesuaikan dengan resep dokter karena juga merupakan obat jenis keras. Antivirus pada umumnya harus segera diminum ketika gejala penyakit muncul supaya virus tidak dapat berkembang biak dan merusak sel terlalu parah. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jenis Obat Antivirus

Berikut beberapa jenis antibiotik yang dapat diresepkan oleh dokter sesuai dengan penyakitnya:

  • Influenza (Amantadine, Rimantadine, Oseltamivir, Zanamivir)
  • Herpes (Asiklovir, Brivudin, Cidofovir, Famsiklovir, Fomivirsen, Foscarnet, Gansiklovir, Pinsiklovir, Valasiklovir, Valgansiklovir, Vidarbin).
  • HIV 
  • Hepatitis

Apakah Ada Antivirus untuk COVID-19?

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah ada antivirus yang dapat melawan Covid-19? Dilansir dari jurnal penelitian yang dilakukan di Indonesia, beberapa jenis antivirus sudah diuji coba ke pasien Covid-19 tetapi belum ada bukti nyata dapat efektif mengobati Covid-19. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Hingga saat ini, Indonesia sudah mencoba menggunakan dua jenis antivirus yang dijadikan terapi yakni favipiravir dan remdesivir. Tetapi, penggunaan obat tersebut masih terbatas untuk pasien rawat inap dengan penyakit komorbid serta kategori Covid-19 bergejala berat atau gejala ringan hingga sedang.

Pada Oktober 2021 lalu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberitahukan bahwa Indonesia akan menerima molnupiravir atau  obat antivirus Covid-19. Molnupiravir adalah obat antivirus yang baru dikembangkan untuk mengobati pasien Covid-19 dengan derajat ringan hingga sedang. Obat ini ditemukan dan dikembangkan oleh perusahaan farmasi Merck (MSD) di Amerika Serikat.

Beberapa uji coba mengklaim bahwa Molnupiravir dapat efektif melawan virus omicron. Tidak menutup kemungkinan bahwa obat ini dapat mengatasi persebaran omicron di Indonesia. Tetapi, penelitian lebih lanjut masih dilakukan oleh Merck hingga saat ini.

Jika Anda mengalami gejala-gejala Covid-19 seperti pilek, flu, sesak napas, pusing, lelah, dan mual, segera isolasi mandiri. Tidak perlu khawatir, Lifepack menyediakan paket isoman untuk menemani Anda sembuh. Paket Isoman A (Rp217.339) memberikan Anda vitamin D, C, dan Zinc yang diperlukan untuk memelihara imun tubuh. Beli berbagai paket dan kebutuhan Isoman Anda hanya di Apotek Online Lifepack.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Obat Asam Mefenamat: Manfaat, Dosis, Dan Efek Samping

Obat Ketoprofen: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   15/11/2021

Suplemen Asthin Force: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   15/11/2021

Obat Cedocard: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Penyakit Cacar Ular: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

direktoriObat   11/11/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman