fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf XPenyakit Xeroderma Pigmentosum: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

Xeroderma Pigmentosum (XP) adalah kelainan kulit yang ditandai dengan kulit berubah menjadi kering, warna kulit menjadi lebih hitam dan juga lebih terang dari kulit orang pada umumnya. Penyakit ini termasuk penyakit yang cukup langka. Pada awalnya penyakit ini ditemukan pada tahun 1874 oleh Hebra dan Kaposi.

xeroderma-pigmentosum

Penyebab Penyakit Xeroderma Pigmentosum

Pada umumnya orang Jepang lebih berpotensi dibanding dengan penduduk negara lain. Kelainan kulit yang langka ini bisa didiagnosis pada usia 1-2 tahun. Xeroderma Pigmentosum merupakan obat yang diturunkan secara genetik. Penyakit ini juga erat hubungannya dengan kanker kulit jenis Melanoma Maligna dan Karsinoma. Jika mengalami penyakit ini maka hampir seluruh penderitanya akan meninggal pada usia 20 tahun.

Penyebab Xeroderma Pigmentosum dapat terjadi karena kerusakan DNA. Kerusakan DNA tersebut karena diduga terjadi akibat paparan radiasi dari sinar ultraviolet yang tidak bagus untuk kulit. Selain itu juga bisa disebabkan karena genetik yang berperan yaitu gen CG-NER dan TC-NER.

Gejala Penyakit Xeroderma Pigmentosum

Seseorang yang mengalami penyakit Xeroderma Pigmentosum sangat rentan terbakar kulitnya jika terkena sinar matahari. Biasanya penderita akan mengalami luka bakar yang bisa terjadi berulang kali. Penyakit Xeroderma Pigmentosum akan berkembang dalam tiga tahap, seperti di bawah ini.

·         Tahap Pertama

Awalnya pada saat lahir kulit akan tampak sehat. Kelainan yang pertama akan tampak pada saat masuk usia 6 bulan. Pada saat itu kulit akan terlihat merah dan juga mudah mengelupas dan juga muncul bintik-bintik berwarna cokelat dan juga hitam di area wajah. Jika sudah lama maka kulit di area wajah, leher, dan juga tungkai bawah akan berwarna kecokelatan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

·         Tahap Kedua

Tahap kedua akan ditandai dengan poikiloderma yang merupakan kelainan kulit dengan pembentukan pembuluh darah baru yang ada di kulit dan bentuknya akan menyerupai cacing. Kulit juga akan sangat cokelat atau juga bisa menjadi putih dan pembuluh darah di bagian bawah kulit terlihat dengan sangat jelas.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

·         Tahap Ketiga

Tahap ketiga yaitu saat kelainan kulit berubah menjadi ganas yaitu kanker kulit seperti Melanoma Maligna dan Karsinoma. Karsinoma sel skuamosa akan ditandai dengan luka yang ada di kulit yang tidak akan kunjung sembuh. Melanoma Maligna akan ditandai dengan benjolan yang menyerupai tahi lalat yang semakin membesar tapi teksturnya tidak rata.

Cara Mengatasi Xeroderma Pigmentosum

Cara mengatasi penyakit ini dapat dilakukan dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Tujuannya adalah mencegah terjadinya kanker pada kulit. Agar berkurang resikonya maka penderita penyakit ini akan dianjurkan untuk selalu menggunakan lotion tabir surya yang akan melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari.

Tabir surya yang akan dianjurkan oleh dokter memiliki sun protection factor  (SPF) 15. Penggunaan tabir surya ini  tidak hanya cukup pada saat musim panas saja tapi juga dilakukan setiap hari meskipun sedang dalam musim hujan. Selain menggunakan tabir surya juga sebaiknya penderita menggunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang ketika keluar rumah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat retinoid oral juga bisa digunakan untuk menurunkan resiko kanker kulit. Tapi penggunaan obat ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena efek sampingnya cukup banyak terjadi.

Anda bisa dapatkan tabir surya seperti Banana Boat Suncomfort SPF-50 90 ml (Rp159.000) melalui Lifepack sebagai langkah pencegahan untuk penyakit ini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Download aplikasi Lifepack di Google Play Store juga App Store. Aplikasi apotek online untuk menebus obat rutin terpercaya di Indonesia.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

xanthelasma

Xanthelasma

direktoriPenyakit   26/04/2021
xerophthalmia

Xerophthalmia

direktoriPenyakit   21/04/2021
xerosis

Xerosis

direktoriPenyakit   20/04/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman