fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf PPenyakit Ptosis: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Ptosis merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan kondisi kelopak mata yang mengalami penurunan. Kondisi tersebut bisa menghalangi penglihatan, untuk yang mengalami biasanya sudah dari lahir. Meskipun semua umur bisa mengalami tetapi yang berpeluang paling besar untuk mengalaminya adalah orang yang sudah memasuki usia lanjut.

Gejala Yang Sering Dirasakan

Gejala yang sering dialami penderita Ptosis adalah kelopak mata yang mengendur, dengan kondisi seperti itu menyebabkan gangguan penglihatan. Selain itu ada juga gejala lainnya seperti mata terasa kering, wajah terasa lelah, merasa nyeri, dan migrain. Jika gejalanya sudah semakin parah sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Penyebab Terjadinya Ptosis

Masyarakat yang mengalami kondisi ini dapat siapa saja dari muda hingga orang tua. Tetapi seringnya penderita adalah kelompok usia lanjut. Kondisi ini disebabkan oleh meregangnya otot yang membantu kelopak mata naik, karena sudah tidak berfungsi dengan baik maka kelopak mata menjadi turun. Oleh karena itu tidak mengherankan jika semakin dewasa semakin sering mengalami gangguan kesehatan.

Selain usia lanjut, bayi yang baru lahir juga dapat mengalami hal yang sama walaupun masih jarang sekali terjadi. Pada bayi, kondisi ini terjadi karena otot Levator tidak berkembang dengan baik sehingga menyulitkan waktu membuka mata. Seiringnya bertambah usia penderita Ptosis bisa saja sulit melihat benda karena mata tertutup kelopak mata dan harus melakukan pengobatan agar normal kembali.

Cara Mengatasi Penyakit Ptosis

Cara mengatasi penyakit ini dapat dilihat dari penyebab penyakitnya, jika penyakitnya sudah ada sejak lahir maka tidak memerlukan pengobatan. Alasannya, karena kondisi tersebut tidak akan berbahaya, dan jika memang merasa terganggu karena mengalami kondisi tersebut bisa melakukan pengobatan seperti berikut ini.

·         Menjalani Operasi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika sudah mengganggu penglihatan, memang sebaiknya untuk melakukan tindakan operasi. Jika hendak melakukan operasi sebaiknya diberitahukan terlebih dahulu obat apa saja yang sedang dikonsumsi kepada dokter. Hal ini bisa berbahaya karena ada obat yang bisa menyebabkan proses penyembuhan pasca operasi jadi terhambat.

Operasinya sendiri terdiri dari dua tahap, pertama adalah membuat bukaan pada kulit kelopak mata bagian atas. Operasi ini akan mempermudah dokter untuk menemukan otot kecil, otot tersebut yang bisa membuat kelopak mata terangkat. Setelah itu dokter akan menjahit agar otot tersebut kencang kembali sehingga lebih mudah mengangkat kelopak.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kedua adalah melakukan operasi secara menyeluruh dari bawah kelopak mata. Untuk proses ini dokter akan membalik dan juga mengencangkan otot dari bawah. Jenis operasi ini tidak memerlukan sayatan pada bagian yang dioperasi. Setelah selesai operasi dokter akan menerangkan apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan pada masa pascaoperasi.

·         Menggunakan Kacamata Khusus

Selain bisa sembuh dengan operasi bisa juga memakai cara lainnya, yaitu menggunakan kacamata khusus. Kacamata ini akan membantu menahan kelopak mata agar tidak menutupi pandangan mata. Cara ini dapat dipakai hanya untuk penurunan kelopak yang sifatnya sementara jadi tidak harus selalu menggunakan kacamata.

Untuk mengetahui bisa tidaknya memakai kacamata ini, penderita Ptosis harus memeriksakan diri terlebih dahulu, jika ternyata tidak termasuk penderita yang harus operasi maka cukup pakai cara tersebut saja. Untuk mengetahui kacamata jenis apa yang dapat digunakan sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

dr. Irma menanggapi, “Ptosis biasanya tidak berbahaya namun dapat mengganggu secara kosmetik/estetik dan mengganggu pandangan, sehingga dapat menghalangi kegiatan misal menyetir, konsultasikan dengan dokter atau dokter mata untuk tindakan yang diperlukan untuk mengatasi Ptosis”.

Itulah gejala, penyebab, dan cara mengatasi penyakit Ptosis. Penting untuk merawat kesehatan mata untuk mencegah terjadinya penyakit mata lainnya. Ketika mata terasa lelah dan iritasi, Anda bisa meneteskan Rohto Cool Eye Drop 7 ML – Obat Tetes Mata – LIFEPACK (Rp 18.300).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin berkonsultasi tentang kesehatan mata dengan dokter? Unduh langsung aplikasi Lifepack. Aplikasi tebus resep obat, cepat, mudah dan murah. Aplikasi tersebut bisa diperoleh di Google Play Store juga App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat batuk pilek anak

5 Obat Batuk Pilek Anak Dengan Resep Dokter

Ibu dan Anak   24/02/2022

Penggumpalan Darah Setelah Vaksin

Penyakit Pterigium: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

pterygium

Penyakit Pterygium: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi

panic-attack

Panic Attack: Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman