fbpx

Penyakit Bronkitis: Gejala, Penyebab, dan Penanganan

Apr 15, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Bronkitis merupakan peradangan yang menyerang saluran utama pernapasan atau disebut juga bronkus. Bronkus sendiri merupakan saluran pernapasan yang berfungsi untuk membawa udara dari paru-paru maupun sebaliknya. Gejala umum penyakit ini yaitu penderita mengalami batuk tak berkesudahan selama satu hingga dua minggu atau bahkan lebih. Berikut hal mengenai penyakit ini yang patut Anda ketahui:

Tipe Penyakit Bronkitis

Di dunia kesehatan, penyakit ini dibagi ke dalam dua tipe, yaitu:

  • Bronkitis kronis

Gangguan kronis penyakit ini dialami oleh pasien yang sudah berusia dewasa atau di atas 40 tahun. Gangguan penyakit kronis ini dapat berlangsung selama 2 bulan atau lebih. Penyakit ini pun masuk ke dalam jenis penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

  • Bronkitis akut

Berkebalikan dengan kronis, tipe penyakit satu ini menyerang kelompok anak-anak berusia di bawah 5 tahun. Penyakit ini dapat pulih dengan sendirinya. Durasi terkena penyakit ini yakni satu minggu hingga 10 hari. Meski begitu, batuk yang dialami anak bisa berlangsung lebih lama.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Cara Mengatasi Nyeri dan Gigi Berlubang
5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal
Mengenal Organ Reproduksi dan Macam-Macam Penyakitnya

Gejala Penyakit Bronkitis

Batuk merupakan gejala umum dan yang paling mudah dideteksi dari penyakit ini. Batuk yang dialami bisa dalam bentuk batuk berdahak maupun batuk kering. Dahak yang dikeluarkan pada penderita batuk berdahak umumnya dapat berwarna putih, hijau maupun kuning keabu-abuan. Selain itu, gejala lain juga dapat menyertai penderita penyakit ini, yakni:

  • Demam
  • Sesak nafas
  • Lemas
  • Sakit kepala
  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Badan terasa pegal dan nyeri

Gejala di atas selain batuk dapat mereda dalam durasi seminggu. Sementara batuk dapat terus dialami hingga kurun waktu beberapa minggu sampai bulan.

Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk segera menemui dokter apabila mengalami gejala batuk dalam waktu lebih dari 3 minggu. Pasalnya, gejala awal penyakit ini hampir serupa dengan flu dan sulit dibedakan.

Apabila batuk lebih dari 3 minggu dan timbul nyeri di bagian dada, Anda disarankan untuk menemui dokter. Batuk dengan dahak berwarna gelap hingga keluar darah harus segera diperiksakan. Apabila dalam waktu satu menit terjadi batuk yang terus-menerus, ataupun timbulnya suara kasar maka disarankan untuk segera berobat.

Penyebab Penyakit Bronkitis

Bronkitis umumnya disebabkan oleh adanya infeksi virus yang juga menjadi penyebab seseorang terkena gangguan ISPA. Salah satu virus yang menyebabkan bronchitis adalah virus flu. Virus ini bisa menular dari percikan air liur seseorang yang terkena penyakit ini.

Ketika percikan liur menempel di suatu benda, maka virus akan dapat bertahan hidup selama satu hari. virus yang tertelan di dalam tubuh akan menyerang sel pada saluran bronkus hingga menyebabkan peradangan. 

Selain virus, faktor lainnya juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini yaitu:

  • Tidak pernah diberikan vaksin pneumonia dan influenza
  • Sering terpapar partikel dan zat berbahaya seperti amonia, klorin maupun debu ketika bekerja dan beraktivitas
  • Usia di bawah 5 tahun atau lebih dari 40 tahun
  • Sistem kekebalan tubuh sedang dalam kondisi lemah
  • Kondisi lain yang dapat meningkatkan peluang penyakit seperti refluks asam lambung
  • Menjadi perokok atau menghirup asap rokok (perokok pasif)

Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Bronkitis

Untuk mengobati penyakit ini yang masih dalam tahap awal umumnya cukup dibiarkan hingga penyakit hilang dengan sendirinya. Yang penting istirahat cukup dan minum air putih. Namun, apabila penyakit sudah tahap berat maka perlu diberikan asupan obat.

Dokter akan menyarankan pemeriksaan. Jika hasil pada pemeriksaan laboratorium menunjukkan bahwa penyebabnya adalah virus, maka anda harus meningkatkan daya tahan tubuh. Kalau penyebabnya bakteri, maka dokter akan meresepkan antibiotik. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan melakukan vaksin flu dan menghindari asap rokok.


Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis