fbpx
BerandaHidup SehatPemeriksaan COVID-19 di Indonesia, Apa Saja?

dr. Felicia Puspita, S.Ked 

jenis pemeriksaan covid

Virus penyebab COVID-19 yaitu SARS-CoV-2 pertama kali ditemukan menginfeksi di Wuhan, pada Desember 2019. Virus ini termasuk ke dalam famili Coronaviridae yang merupakan virus berselubung dengan asam ribonukleat untai tunggal. 

SARS-CoV-2 merupakan jenis coronavirus ketujuh yang telah diidentifikasi dapat menginfeksi manusia. Terdapat 2 jenis coronavirus yang dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan dengan gejala yang berat yaitu Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV), coronavirus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV-1), dan SARS-CoV-2.

Gejala yang ditimbulkan dari infeksi virus ini dapat bermacam-macam, mulai dari tanpa gejala hingga gejala berat yang memerlukan perawatan di rumah sakit. Angka kematian yang disebabkan oleh infeksi virus ini juga berbeda-beda di setiap negara. Di Indonesia sendiri, angka kematian oleh infeksi COVID-19 cukup tinggi dan meresahkan. 

Oleh karena itu, diperlukan diagnosis laboratorium dini yang baik dari infeksi SARS-CoV-2 ini dapat membantu diberikannya penanganan klinis dan pengendalian wabah. Lalu, pemeriksaan apa saja yang digunakan untuk mendiagnosis infeksi virus ini? Mari simak ulasan berikut.  

Apa saja gejala infeksi COVID-19? 

Gejala infeksi virus ini dapat bermacam-macam tergantung pada kondisi tubuh orang yang terinfeksi. Infeksi virus dapat tidak menimbulkan gejala, namun dapat juga menimbulkan gejala berat yang membutuhkan perawatan khusus di fasilitas kesehatan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Setelah seseorang terpapar dan terinfeksi virus ini, gejala dapat muncul dari rentang 1 hingga 14 hari setelah paparan dengan rata-rata muncul dalam 5-6 hari. Gejala yang sering muncul anara lain: 

  • Demam 
  • Batuk kering 
  • Muncul rasa kelelahan 

Selain itu, terdapat juga beberapa gejala lain yang dapat muncul, misalnya: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Nyeri otot 
  • Nyeri tenggorokan 
  • Diare 
  • Nyeri kepala 
  • Kehilangan kemampuan indera perasa dan penciuman 

Siapa saja yang memerlukan pemeriksaan? 

Setiap orang yang diduga menderita COVID-19 dapat menjalani pemeriksaan untuk diagnosis ini. Jika sumber daya tidak memungkinkan, kasus berikut dapat diprioritaskan untuk menjalani tes ini, seperti:

  • Orang yang beresiko memiliki gejala berat 
  • Tenaga kesehatan 
  • Pasien rawat inap di fasilitas kesehatan 
  • Individu yang pertama kali bergejala dalam suatu klaster tertentu 

Apa saja tes yang dilakukan untuk mendiagnosis COVID-19?

Pemeriksaan untuk mendiagnosis COVID-19 dapat dilakukan dengan cara mendeteksi bagian virus itu sendiri (seperti RNA virus atau antigen) atau dengan mendeteksi respons imun manusia terhadap infeksi virus tersebut (seperti antibodi). 

Tes COVID-19 paling akurat untuk menunjukkan bukti-bukti terkuat infeksi virus bersumber dari deteksi fragmen-fragmen virus seperti asam nukleat atau protein melalui tes virologis.

Pemeriksaan virus terdiri dari tes NAATs (seperti real time reverse-transcription polymerase chain reaction / rRT-PCR) dan tes antigen. Sedangkan, tes antibodi dapat dilakukan menggunakan tes serologi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Mengenal pemeriksaan NAATs (rRT-PCR)

Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan yang memiliki sensitivitas tinggi dan spesifisitas yang tinggi untuk mendiagnosis infeksi SARS-CoV-2. Tes rRT-PCR dapat mendeteksi satu atau lebih gen virus (RNA).

Sebagian besar tes rRT-PCR membutuhkan waktu tes di laboratorium sehingga hasilnya baru dapat keluar setelah 1 hingga 3 hari tergantung dari laboratorium yang memeriksa. Tes ini dapat dilakukan menggunakan sampel dari saluran pernapasan bagian atas seperti nasofaring, hidung, atau air liur.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Mengenal pemeriksaan antigen 

Tes antigen dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan virus. Apabila dibandingkan dengan tes rRT-PCR, pemeriksaan antigen kurang sensitif. Pemeriksaan ini dapat digunakan sebagai screening awal karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan tes PCR.

Hasil pemeriksaan juga dapat diperoleh dengan lebih cepat. Pemeriksaan ini dilakukan menggunakan sampel yang diambil dari nasofaring atau hidung. 

Mengenal pemeriksaan serologi 

Antibodi dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh kita untuk menyerang infeksi. Pemeriksaan serologi bertujuan untuk memeriksa apakah sudah terdapat antibodi untuk virus SARS-CoV-2 di dalam tubuh kita. 

Pemeriksaan antibodi umumnya tidak dapat digunakan untuk mendiagnosis infeksi yang sedang terjadi saat ini. Hal ini karena antibodi baru akan muncul dan dapat dideteksi sekitar 1 hingga 3 minggu setelah terjadinya infeksi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jenis pemeriksaan yang akan digunakan tergantung terhadap kebutuhan pasien dan pertimbangan dari dokter. Jika Anda merupakan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi COVID-19, Anda dapat menjalani tes antigen sebagai screening awal.

Ketika Anda memiliki gejala COVID-19, namun tes antigen menunjukkan hasil negatif, Dokter mungkin akan mengusulkan Anda untuk melakukan tes PCR. Konsultasikan kepada dokter atau fasilitas kesehatan agar Anda dapat memilih pemeriksaan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Saat ini Lifepack menyediakan layanan PCR TES (Rp495.000) yang bisa Anda lakukan di rumah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman