fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Hampir semua manusia pasti pernah merasakan kesulitan membuang air besar atau yang biasa disebut dengan sembelit. Sembelit merupakan suatu kondisi dimana frekuensi buang air besar yang lebih sedikit dari biasanya. Jika anda hanya mengalami 3x buang air besar dalam kurun waktu satu minggu maka anda sudah bisa dikategorikan mengalami sembelit. Sembelit diakibatkan oleh hal-hal diluar penyakit seperti kurangnya cairan yang ada dalam tubuh, diet kurang serat, kurangnya aktivitas fisik dan bisa jadi terjadi karena adanya efek samping penggunaan obat tertentu. Nah, jika anda sedang mengalami kondisi ini anda bisa mengatasi dan mengobatinya dengan menggunakan obat PEG 400 Polyethylene Glycol

Informasi

PEG 400 atau Polyethylene Glycol merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi gejala sembelit atau konstipasi. PEG 400 tergolong dalam jenis obat pencahar yang akan bekerja dengan cara meningkatkan kadar air yang ada di dalam tinja sehingga mudah dikeluarkan. Selain bisa digunakan untuk mengatasi sembelit, obat ini juga bisa digunakan untuk pembersihan usus sebelum dilakukannya tindakan operasi usus atau teropong usus (kolonoskopi). Anda bisa menemukan merek dagang obat ini dengan nama Niflec, Microlax, atau Rectolax. 

Manfaat lainnya dari obat ini adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Proses Penyerapan di Usus Besar

Obat ini akan melancarkan proses keluarnya kotoran karena adanya peningkatan penyerapan air di usus besar. Dengan adanya peningkatan penyerapan tersebut, maka kotoran akan menjadi lebih basah dan mudah dikeluarkan.

2. Melunakkan Feses atau Kotoran

Obat ini mengandung bahan aktif natrium citrate saline dan sorbitol yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kadar air di dalam kotoran yang akan membuat tinja lunak sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan.

3. Melicinkan Jalan Keluar Feses atau Kotoran

PEG 400 atau Polyethylene Glycol akan melumasi rektrum supaya menjadi licin dan efeknya kotoran akan keluar dengan mudah.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh obat ini antara lain dapat bekerja dengan cepat, tidak menyebabkan perut sakit atau melilit, dan higienis karena hanya bisa untuk sekali pakai.

Dosis

Penggunaan PEG 4000 untuk orang dewasa dan anak-anak tentu memiliki dosis yang berbeda, pastikan anda memperhatikan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan menggunakan obat ini melebihi atau mengurangi dari dosis yang telah ditentukan. Berikut ini dosis yang umum digunakan untuk penggunaan PEG 400 :

  1. Untuk usia dewasa sebanyak 10 – 20 gram, diminum satu kali dalam sehari, maksimal hanya boleh digunakan selama 1 minggu.
  2. Anak-anak usia 12 tahun keatas sebanyak 10 – 20 gram sekali dalam sehari, dan tidak boleh dikonsumsi lebih dari 3 hari. Jika kondisi semakin memburuk segera hentikan penggunaan dan hubungi dokter.

Kontraindikasi

PEG 400

Obat ini tidak boleh dan dilarang keras untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita kondisi atau memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap komponen atau komposisi yang ada di dalam obat ini. Hipersensitivitas merupakan suatu kondisi dimana munculnya sebuah reaksi yang berlebihan karena terlalu lemah atau sensitifnya respon imun tubuh. Akibatnya akan terjadi kerusakan, ketidaknyamanan, dan dapat mengakibatkan kondisi yang sangat fatal bagi tubuh. Reaksi ini dibedakan menjadi 4 tipe, yaitu hipersensitivitas tipe 1, hipersensitivitas tipe 2, hipersensitivitas tipe 3, dan hipersensitivitas tipe 4 semakin tinggi tingkat hipersensitivitas, maka dampak yang akan muncul semakin bertambah buruk. Oleh karena itu pastikan anda selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan obat-obatan lainnya untuk menghindari reaksi ini.

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan obat yang dilakukan secara bersamaan ada kalanya akan menyebabkan munculnya sebuah interaksi. Oleh sebab itu pastikan anda sudah mengonsultasikan kondisi medis yang anda alami dan obat apa saja yang sedang anda konsumsi kepada dokter. Jika ada beberapa obat yang tidak bisa dikonsumsi secara bersamaan dengan PEG 400, dokter akan merubah resep atau menyesuaikan dosis yang harus anda gunakan untuk menghindari terjadinya efek samping. Penggunaan PEG 400 yang digunakan secara bersamaan dengan bisacodyl akan dapat meningkatkan resiko terjadinya radang usus akibat gangguan aliran darah.

Kelompok Orang Berisiko

Selain berisiko untuk orang yang menderita hipersensitivitas, obat ini juga tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki kondisi seperti berikut :

  1. Anak-anak usia dibawah 12 tahun
  2. Penderita penyakit Crohn
  3. Obstruksi usus
  4. Perforasi usus

Efek Samping

Reaksi efek samping yang terjadi pada satu orang dengan orang yang lainnya tidak selalu sama. Jika anda merasakan adanya gejala yang tidak wajar setelah penggunaan obat PEG 400, segera hentikan penggunaan dan kunjungi dokter atau penyedia layanan kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat. Adapun beberapa efek samping yang bisa muncul akibat penggunaan PEG 400 adalah sebagai berikut :

  1. Reaksi alergi
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Diare
  5. Kembung
  6. Kram dan nyeri perut
  7. Pusing
  8. Ruam atau bengkak pada beberapa bagian tubuh
  9. Gangguan elektrolit dan ketidakseimbangan cairan dalam tubuh
  10. Tidak nafsu makan
  11. Tubuh terasa mudah lemah

Cara Konsumsi

Untuk penggunaan PEG 400 dalam bentuk serbuk harus dilarutkan terlebih dahulu ke dalam air putih sebanyak 120 – 240 ml dan bisa diminum seperti biasanya. Untuk penggunaan PEG melalui dubur pastikan untuk membersihkan area dubur dan tangan anda, penggunaan hanya bisa dilakukan satu kali saja, setelah digunakan buanglah bungkus obat dalam sampah dan bersihkan tangan dengan air mengalir sampai bersih.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis