fbpx
BerandadirektoriObatMengenal Jenis Obat Vasodilator: Cara Kerja, Daftar Obat, dan Efek Samping

Dari banyaknya obat hipertensi, vasodilator adalah salah satu jenis yang sering diresepkan. Namun, bagaimana cara kerja vasodilator untuk hipertensi? Apa kandungan obat vasodilator serta efek sampingnya? Untuk lebih lengkapnya, temukan penjelasannya di artikel berikut.

obat vasodilator

Cara kerja

Vasodilator adalah jenis obat yang bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir lebih mudah.

Lebih tepatnya, vasodilator akan menjaga kedua jenis pembuluh darah Anda untuk tidak berkontraksi dan menjadi lebih kecil. Kedua pembuluh darah yang dimaksud adalah arteri yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh dan vena yang bertugas membawa darah ke jantung Anda. Walaupun obat ini akan lebih banyak bekerja pada pembuluh darah arteri.

Obat vasodilator juga dapat berfungsi secara berbeda, tergantung dari cara kerjanya yang lebih spesifik. Sebagian obat vasodilator dapat secara langsung mempengaruhi sel otot yang melapisi pembuluh darah, sehingga sel otot akan menjadi rileks dan pembuluh darah melebar.

Sedangkan, sebagian obat vasodilator lainnya dapat bekerja dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang membuat pembuluh darah Anda mengembang atau berkontraksi. 

5 Obat vasodilator

Obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis vasodilator sangatlah beragam. Tak hanya untuk hipertensi, terkadang obat vasodilator juga diindikasikan untuk kondisi kronis lainnya. Perlu diperhatikan bahwa semua obat vasodilator termasuk ke dalam golongan obat keras, di mana penggunaannya hanya bisa dilakukan dengan adanya resep dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Beraprost

Tablet beraprost diindikasikan untuk hipertensi paru primer, dan juga tukak lambung, serta nyeri dan rasa dingin yang disebabkan oleh oklusi arteri kronik.

Obat Beraprost dapat menyebabkan serangkaian efek samping yang meliputi perdarahan, syok, pneumonia interstisial, gangguan fungsi hati, angina pektoris, infark miokard, reaksi hipersensitivitas, sakit kepala, pusing, hot flushes, diare, mual, nyeri abdomen, anoreksia, peningkatan bilirubin, AST, ALT, LDH, trigliserid

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Hidralazin Hidroklorida

Obat yang satu ini diindikasikan untuk terapi hipertensi sedang hingga berat. Selain itu, dapat juga diresepkan untuk gagal jantung dan krisis hipertensi.

Untuk efek samping yang perlu diwaspadai cukup banyak, yaitu takikardi, palpitasi, wajah memerah, hipotensi, retensi cairan, gangguan saluran cerna, sakit kepala, dan pusing. Efek samping juga dapat muncul lebih banyak jika digunakan dalam jangka waktu lama.

Iloprost

Obat yang satu ini seringkali diresepkan untuk pasien dengan kondisi hipertensi paru primer atau sekunder, tahapan sedang hingga berat. Umumnya, kondisi ini disebabkan penyakit jaringan ikat (connective tissue disease) atau akibat obat-obatan. Selain itu juga digunakan untuk gangguan pembuluh darah seperti raynaud’s syndrome.

Adapun efek sampingnya adala sakit kepala, batuk, mual, nyeri rahang/trismus, pusing, hipotensi, sinkop, dispnea, diare, muntah, iritasi mulut dan lidah, ruam kulit, nyeri punggung, hipersensitivitas, penyempitan saluran napas, dan gangguan indra pengecapan/perasa.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Minoksidil

Diindikasikan untuk hipertensi berat, obat Minoksidil biasanya diresepkan untuk terapi tambahan pada pasien. Namun, minoksidil lebih umum lagi digunakan sebagai untuk meningkatkan pertumbuhan rambut

Efek samping yang mungkin muncul adalah retensi cairan dan natrium, berat badan meningkat, edema perifer, takikardi, hipertrikosis, peningkatan kreatinin yang reversibel, gangguan saluran cerna, payudara menegang, serta kulit kemerahan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Natrium Nitroprusid

Indikasi utama dari obat yang satu ini adalah untuk pasien krisis hipertensi, pasien dalam anestesi, dan gagal jantung kronik atau akut.

Jika terjadi pengurangan tekanan darah yang terjadi secara cepat, pasien mungkin dapat merasa efek samping sakit kepala, pusing, mual, muntah-muntah, nyeri lambung, berkeringat, palpitasi, rasa was-was, rasa tidak nyaman pada bagian retrosternal, penurunan jumlah platelet, dan flebitis transien akut.

Dosis dan Perhatian

Setiap obat yang termasuk ke dalam vasodilator memiliki dosis yang berbeda-beda, sesuai dengan kondisi pasien dan anjuran dokter.

Sebelum mengonsumsi, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter jika Anda memiliki alergi, daftar obat lain yang sedang dikonsumsi, riwayat dan komplikasi penyakit lain, serta kondisi khusus seperti hamil dan menyusui.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Itulah tadi penjelasan seputar jenis obat vasodilator. Karena termasuk ke dalam obat resep, obat hipertensi vasodilator tidak dapat dibeli sembarangan, dan hanya bisa digunakan melalui konsultasi dokter dengan cara tebus resep. 

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Jaminan Lifepack untuk Anda


Referensi

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Vasodilator. https://pionas.pom.go.id/ioni/bab-2-sistem-kardiovaskuler-0/23-antihipertensi/231-vasodilator

Image by pressfoto on Freepik

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

verapamil

Verapamil: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   11/11/2022
obat angiotensin

Obat Hipertensi Angiotensin Receptor Blocker, Bagaimana Cara Kerjanya?

direktoriObat   09/11/2022
kandungan obat lapibal

Sering Digunakan untuk Gangguan Saraf, Apa Kandungan Obat Lapibal?

direktoriObat   04/11/2022
kandungan obat lansoprazole

Sering Digunakan untuk Obati GERD, Apa Kandungan Obat Lansoprazole?

direktoriObat   12/10/2022
heparin injeksi

Heparin Injeksi: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   10/10/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman