fbpx
BerandaObatObat Penenang Yang Aman di Apotek, Adakah?

Terkadang, pasien dengan kondisi tertentu memerlukan obat penenang. Salah satunya adalah pasien yang memiliki gangguan kecemasan, dan sebagainya. Namun bolehkah obat penenang dijual di apotek? Lalu adakah obat penenang yang aman di apotek? Cek jawaban lengkapnya di sini.

obat penenang yang aman di apotek

Bolehkah obat penenang dijual di apotek?

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa sebagian besar obat penenang tergolong ke dalam obat psikotropika karena memiliki efek daya candu.

Obat penenang yang dijual di apotek hanya bisa didapatkan jika pasien sudah memiliki resep hasil konsultasi dokter.Selain itu, obat penenang yang aman juga harus disesuaikan dengan kondisi dan riwayat kesehatan pasien yang sudah melalui skrining oleh dokter yang meresepkan. Namun, dokter pun tidak akan memberikan obat penenang jika dirasa memang tidak perlu.

Harga obat penenang di apotek juga sangat variatif tergantung dengan kandungan dan komposisi yang ada di dalamnya.

Apakah obat penenang dan obat tidur sama?

Perlu diketahui pula bahwa obat penenang tidak sama dengan obat tidur. Kebanyakan obat tidur tergolong ke dalam jenis obat hipnotik sedatif yang memberikan efek relaksasi dan menyebabkan kantuk, yang sama dengan obat penenang.

Namun tidak semua obat penenang dapat digunakan sebagai obat tidur, karena masing-masing kondisi kesehatan memerlukan dosis ataupun jenis obat yang berbeda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat tidur tidak dapat digunakan sebagai pengganti obat penenang untuk mengatasi gejala kecemasan dan kepanikan. Sebaliknya, hindari juga menggunakan obat penenang untuk mengatasi sulit tidur atau insomnia.

Dapatkan obat resep yang sesuai dengan kondisi Anda hanya dengan konsultasi bersama dokter terpercaya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jenis obat penenang

Obat penenang bekerja dengan cara merangsang reseptor gamma-aminobutyric acid (GABA), senyawa otak yang berfungsi sebagai penghubung antar sel. 

Senyawa GABA akan mengatur sel-sel saraf di otak hingga aktivitas yang terjadi menjadi lebih berkurang. Setelah itu, pasien akan merasa lebih tenang dan rileks daripada sebelumnya.

Obat penenang dibedakan lagi menjadi beragam jenis. 2 jenis ini merupakan obat penenang yang seringkali diresepkan oleh dokter.

1. Benzodiazepine 

Golongan obat benzodiazepine adalah salah satu obat penenang yang seringkali diresepkan. Obat ini dapat bantu atasi kondisi yang memerlukan bantuan obat untuk menenangkan diri, seperti gangguan kecemasan, serangan panik, dan depresi. Obat ini juga sering digunakan sebagai obat penenang sebelum operasi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Barbiturat

Barbiturat adalah obat antidepresan yang sama seperti Benzodiazepine. Perbedaannya terletak pada daya candu Barbiturat yang lebih tinggi. Barbiturat mudah menyebabkan ketergantungan dan penyalahgunaan obat, sehingga penggunaannya harus diawasi oleh dokter.

Siapa yang dapat memberikan resep obat penenang?

Jika Anda merasa memerlukan obat penenang, Anda perlu untuk berkonsultasi kepada dokter yang sesuai seperti:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Dokter umum

Jika Anda tidak tahu apa yang menyebabkan Anda sering cemas, gelisah, dan perasaan lainnya yang mengganggu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter umum.

Sampaikan keluhan serta kondisi Anda kepada dokter umum. Dengan begitu dokter akan memberikan solusi dan saran yang paling sesuai dengan Anda. Nantinya dokter dapat memberikan rujukan untuk konsultasi ke dokter spesialis. 

  • Dokter spesialis saraf

Pada umumnya, gangguan panik dan cemas akan lebih banyak ditangani oleh psikiater dibanding oleh dokter saraf. Pada kondisi ini otak dan sistem saraf tidak bekerja dengan semestinya, akibat kandungan kimia (neurotransmitter) didalamnya yang mengalami ketidakseimbangan.

Anda bisa mendatangi dokter saraf jika telah diberikan rujukan oleh dokter umum. Setelahnya, dokter spesialis saraf akan memberikan obat yang sesuai dengan kondisi anda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Psikiater

Pada umumnya, kondisi kecemasan, panik berlebihan, dan depresi akan didiagnosa oleh psikiater. 

Maka dari itu, sebaiknya segera periksakan diri ke psikiater jika Anda merasa kondisi pikiran dan emosi sudah tidak wajar atau pun kondisi lainnya yang sudah menggangu pekerjaan, serta aktivitas sehari-hari.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi dengan psikiater akan membantu Anda mengatasi masalah mental yang sedang dialami, yang disertai dengan pemberian resep obat-obatan yang relevan.

Ingin konsultasi dokter dan butuh obat resep?

Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter berpengalaman Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 021 5086 8889 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Itulah tadi informasi dan penjelasan terkait obat penenang yang aman di apotek. Selalu jaga kesehatan tubuh Anda bersama Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Atau kunjungi apotek kami offline Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet atau Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack di sini.

Image: Sleepless photo created by tirachardz – www.freepik.com

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman