fbpx
BerandaDiabetesObat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Ditinjau oleh dr. Irma Lidia

obat kencing manis

Diabetes atau penyakit kencing manis merupakan jenis penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan secara total. Pasien dengan penyakit ini hanya bisa menerima perawatan dan pengobatan tepat untuk mengontrol kondisinya agar tetap stabil. Biasanya, dokter akan meresepkan obat untuk kencing manis bagi pasien yang menderita penyakit kronis ini. 

Obat untuk penderita kencing manis atau diabetes sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Obat yang dikonsumsi harus berdasarkan resep dan petunjuk dari dokter. Hal ini disebabkan oleh kondisi setiap orang yang tidak sama sehingga bisa saja membutuhkan jenis pengobatan yang berbeda.

Obat untuk Kencing Manis yang Sering Diresepkan

Ada beberapa jenis obat yang umumnya diresepkan oleh dokter bagi penderita diabetes. Tentunya, tujuan akhir dari semua jenis obat ini sama yakni menurunkan kadar gula dalam darah. Berikut ini adalah beberapa tipe obat diabetes yang sering diresepkan oleh dokter:

1. Metformin

Pilihan pertama adalah obat Metformin atau Biguanid. Obat ini termasuk ke dalam jenis obat yang biasanya diberikan kepada pasien diabetes tipe 2. Fungsi Metformin dalam tubuh adalah untuk menurunkan produksi glukosa oleh organ hati. Selain itu obat ini juga akan membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap kerja hormon insulin.

Metformin tersedia dalam bentuk tablet seperti Metformin Gen Dexa – 500 mg 100 tablet (Rp31.500) maupun sirup. Jenis obat ini harus dikonsumsi secara rutin setiap hari. Hanya saja memang akan muncul beberapa efek samping akibat konsumsi obat ini. Jenis efek samping yang mungkin terjadi adalah mual, diare, juga penurunan bobot tubuh.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Meglitinide

Berikutnya ada obat Meglitinide yang juga biasanya diresepkan dokter untuk mengobati diabetes. Obat ini akan bekerja dengan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin lebih banyak. Dengan begitu kadar hormon insulin dalam tubuh akan semakin tinggi dan mempermudah penurunan kadar gula dalam darah.

Obat ini memiliki keunggulan yakni bisa bekerja dengan durasi yang lebih cepat. Selain itu, durasi efeknya untuk tubuh juga lebih singkat sehingga tidak akan memberi dampak buruk bagi tubuh. Biasanya pasien yang mengkonsumsi jenis obat ini akan mengalami peningkatan berat badan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Sulfonilurea

Obat untuk kencing manis berikutnya yang juga sering diresepkan oleh dokter adalah Sulfonilurea. Jenis obat ini hanya diresepkan pada pasien diabetes tipe 2. Fungsi dari obat Sulfonilurea adalah merangsang pankreas memproduksi banyak insulin, sama seperti jenis obat Meglitinide di atas.

Jenis obat ini dijual dengan berbagai jenis produk obat seperti Glimepiride, Gliclazide, dan Tolazamide. Salah satunya adalah Glucodex 80 MG 10 Tablet – Obat Diabetes Gliclazide (Rp80.000). Perlu diwaspadai bahwa obat ini bisa bekerja dengan sangat cepat dalam menurunkan gula darah. Akibatnya, tubuh bisa mengalami hipoglikemia. Oleh sebab itu, konsumsi obat ini harus diimbangi dengan jadwal makan yang teratur.

4. Thiazolidinediones

Berikutnya ada obat Thiazolidinediones yang merupakan jenis obat golongan Glitazon. Obat ini tidak hanya bisa menurunkan kadar gula dalam darah tetapi juga efektif untuk menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, obat ini juga dapat bekerja untuk memperbaiki metabolisme lemak dengan menaikkan kadar HDL dalam darah.

Salah satu obat golongan ini adalah Actos 15 MG 14 Tablet – Obat Diabetes Golongan Glitazone (Rp113.050). Mengandungpioglitazoneuntukmengontrol kadar gula darah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Konsumsi Obat

Setiap jenis obat harus dikonsumsi sesuai aturan, khususnya untuk jenis obat rutin penyakit kronis seperti ini. Aturan paling penting yang harus ditaati adalah mengikuti resep atau anjuran dari dokter. Pastikan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu mengenai jenis obat yang akan dikonsumsi. Aturan minum juga harus ditanyakan kepada dokter agar bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh.

“Penderita diabetes sebaiknya kontrol gula darah dengan baik melalui perubahan pola makan, olahraga rutin, dan obat-obatan sesuai yang diresepkan dokter untuk menghindari komplikasi penyakit akibat gula darah tinggi terus menerus. Kontrol ke dokter secara rutin dan lakukan pemeriksaan berkala.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter dari Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Penting juga untuk tetap menerapkan pola makan yang sehat selama mengkonsumsi obat diabetes. Pemeriksaan rutin juga dibutuhkan agar bisa mengontrol bagaimana kadar gula dalam darah setelah konsumsi obat. Jika ada reaksi alergi akibat konsumsi obat, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan alternatif obat diabetes lain yang lebih aman.

Efek Samping Konsumsi Obat

obat kencing manis

Memangnya apa saja efek samping yang mungkin terjadi dari konsumsi obat diabetes ini? Ada banyak jenis efek yang bisa menyerang tubuh ketika mengonsumsi obat. Bahkan hal ini tidak hanya terjadi pada pasien yang mengkonsumsi obat diabetes, namun juga untuk jenis obat lainnya. Setiap jenis obat pada dasarnya memang bisa memberi efek samping bagi tubuh.

Untuk jenis obat diabetes ini, efek samping yang paling sering muncul adalah hipoglikemia. Jelas sekali bahwa obat diabetes akan bekerja menurunkan kadar gula dalam darah. Namun jika konsumsinya tidak sesuai aturan, maka kadar gula dalam darah bisa menurun drastis dan menyebabkan hipoglikemia. 

Efek samping lain yang juga sering ditemui setelah minum obat diabetes adalah penurunan bobot tubuh. Tentunya jika penurunan bobot tubuh terjadi berlebihan dan mengganggu kesehatan maka harus dikonsultasikan. Namun selama penurunan bobot tidak berbahaya maka tidak masalah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat untuk kencing manis saat ini semakin mudah untuk didapatkan. Namun, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu agar bisa mendapatkan jenis obat yang tepat. Selain itu, imbangi juga kebiasaan konsumsi obat dengan menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang.

Lifepack adalah sistem konsultasi medis bagi dokter atau tenaga medis untuk meresepkan obat bagi pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi.Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021
kencing manis pada pria

Waspadai Gejala Kencing Manis pada Pria Sedari Dini

Diabetes   12/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman