Gatal – gatal karena infeksi di bagian tertentu area tubuh Anda akan mengganggu konsentrasi Anda dalam melakukan aktivitas. Apalagi jika bagian yang terkena infeksi termasuk bagian yang tidak tertutup, sehingga bisa terlihat oleh orang lain. Anda bisa malu karena penampilan yang kurang menarik akibat infeksi tersebut yang meninggalkan bekas. Untuk mengatasinya, Anda bisa gunakan obat dengan kandungan Griseofulvin di dalamnya. 

Informasi 

Griseofulvin biasa digunakan sebagai obat untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur. Biasanya menyerang daerah kulit kepala, selangkangan atau lipat paha (tinea cruris), dan kuku. Cara kerja Griseofulvin dalam mencegah berkembangnya sel jamur dengan mengendap di sel keratin yang ada di permukaan kulit, sehingga menghalangi jamur untuk menyerang kulit.

Obat ini dapat digunakan untuk mengobati infeksi seperti kurap, kaki atlet, gatal atlet, dan infeksi jamur di kulit kepala, kuku tangan, atau kuku kaki. Griseofulvin tergolong obat resep, sehingga Anda hanya bisa mendapatkannya jika disertai dengan resep dari dokter.

Obat ini tersedia dalam dua bentuk. Bentuk tablet bisa digunakan secara oral, biasanya tersedia dalam takaran 125 mg, 250 mg, 500 mg. Dan yang kedua, tersedia dalam bentuk suspensi yang juga bisa digunakan secara oral, dan tersedia dalam takaran 125 mg/5mL (118 mL, 120 mL). 

Dosis

Berikut dosis dari griseofulvin, antara lain:

  • Pada pengguna dewasa, penggunaan Griseofulvin untuk pengobatan infeksi jamur di kulit kepala, dapat diberikan dosis 0,5-1 g per hari, 1 kali sehari atau dibagi menjadi beberapa jadwal konsumsi, selama 2-8 minggu. Sedangkan penggunaan untuk infeksi jamur di kuku tangan, diberikan hingga 6 bulan. 
  • Penggunaan untuk infeksi jamur di kuku kaki, obat diberikan hingga lebih dari 1 tahun. Penggunaan obat ini pada anak-anak ≥ 2 tahun, dosis yang diberikan adalah 10 mg/kgBB per hari, yang dapat dibagi menjadi beberapa jadwal konsumsi.
  • Aturan dosis lebih spesifiknya pada penggunaan dewasa untuk onikomikosis pada kuku tangan, kaki dan tinea pedis adalah 660-750 mg/hari secara oral dalam 2-4 dosis terpisah atau 1000 mg/hari yang diminum dalam 2-4 dosis terpisah. 
  • Penggunaan pada dewasa untuk tinea barbae, tinea capitis, tinea korporis, dan tinea kruris adalah 500 mg/hari secara oral dalam dosis tunggal atau 2 dosis terpisah, atau 330-375 mg/hari secara oral dalam dosis tunggal atau dosis terpisah.
  • Penggunaan pada anak untuk dermatofitosis pada usia ≥ 1 tahun adalah 10-20 mg/kg/hari secara oral dalam dosis tunggal atau dosis terbagi, tidak lebih dari 1000 mg/hari. Selanjutnya untuk anak dengan usia lebih dari 2 tahun diberikan 5-15 mg/kg/hari dalam dosis tunggal atau dosis terbagi, tidak lebih dari 750 mg/hari. 

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan Griseofulvin dapat mengurangi efektivitas fenilbutazon dan obat antikoagulan. Sedangkan jika dikonsumsi bersama obat penenang akan mengurangi penyerapannya. 

Efektivitas obat ini juga akan berkurang jika digunakan bersama obat daclatasvir, darunavir, gefitinib, dan nilotinib. Penggunaan Griseofulvin bersama pil KB juga akan mengurangi efektivitasnya. Selain itu, juga dapat mengakibatkan perdarahan.

Kelompok Orang Berisiko

Griseofulvin tidak disarankan digunakan untuk anak di bawah usia 2 tahun, karena manfaat dan keamanannya tidak diketahui. Obat ini juga tidak boleh diberikan pada penderita gagal hati dan porfiria.

Terbukalah kepada dokter Anda mengenai obat-obatan yang rutin dikonsumsi, termasuk suplemen dan obat herbal. Apabila Anda mengalami reaksi alergi atau overdosis setelah mengonsumsi griseofulvin, segera temui dokter.

Efek Samping

Penggunaan Griseofulvin dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan fungsi hati, ruam kulit, urtikaria, dan eritema multiformis. Selain itu, Anda juga bisa mengalami pusing, diare, sakit kepala, mual dan muntah, hingga insomnia. Lebih parahnya namun jarang terjadi, Anda bisa mengalami kebocoran protein ke dalam urine, penurunan jumlah sel darah putih, nyeri ulu hati, perdarahan saluran pencernaan, hingga sindrom Steven-Johnson.

Cara Konsumsi

Griseofulvin sebaiknya Anda konsumsi dengan mengikuti aturan pada label resep. Gunakanlah sesuai takaran dosis dan lama waktu penggunaan sesuai yang dianjurkan. Pada bentuk suspensi, kocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Anda bisa menggunakan sendok ukur yang tersedia atau menggunakan sendok sesuai takaran yang dianjurkan. 

Jika Anda menggunakan Griseofulvin bentuk tablet, agar mudah ditelan, Anda dapat menggerus tablet Gris-PEG dan menaburkannya pada sendok yoghurt. Cara minumnya langsung ditelan tanpa mengunyah. Jika masih ada sisa, jangan simpan campuran obat untuk digunakan lain kali.

Supaya gejala Anda membaik, gunakan obat ini sampai habis, membutuhkan waktu hingga beberapa minggu. Untuk infeksi tertentu bahkan bisa hingga berbulan – bulan. Perlu Anda ingat bahwa Griseofulvin  tidak mengobati infeksi bakteri, atau infeksi virus seperti flu.

Untuk penggunaan obat ini dalam jangka panjang, harus sering melakukan tes kesehatan di klinik dokter. Supaya obat bisa diserap lebih baik, sebaiknya konsumsi griseofulvin bersama makanan yang mengandung lemak.

Anda harus tetap melanjutkan konsumsi obat meski kondisi membaik dalam beberapa hari. Karena penghentian konsumsi obat terlalu dini berisiko membuat jamur tumbuh kembali. Apabila kondisi Anda tidak membaik setelah mengonsumsi griseofulvin selama jangka waktu yang ditetapkan, segera konsultasikan ke dokter. 

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?