fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Gentamicin Basa merupakan salah satu jenis obat yang termasuk dalam golongan antibiotik yang dikenal juga sebagai obat antimikroba. Maksudnya adalah, obat ini merupakan obat yang bekerja untuk melawan berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan bisa digunakan baik untuk manusia ataupun hewan. Karena digunakan untuk mengatasi dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, obat ini tidak bisa digunakan untuk mengatasi dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh infeksi virus dan jamur. Oleh karena itu, pastikan anda mengetahui terlebih dahulu penyebab infeksi yang terjadi pada diri anda sebelum memutuskan untuk menggunakan obat ini. Anda bisa mengonsultasikan dengan dokter agar mengetahui tentang kondisi anda secara jelas dan mendapatkan resep dan dosis yang tepat.

Informasi

Gentamicin Basa termasuk dalam golongan antibiotik aminoglikosida, antibiotik aminoglikosida merupakan kelompok obat antibiotik yang secara khusus dapat mengatasi infeksi bakteri secara efektif terutama untuk mengatasi bakteri aerob gram negatif. Obat ini digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri yang cepat berkembang dan sulit ditangani dengan menggunakan obat lain. Adapun beberapa jenis bakteri yang bisa diatasi oleh obat ini adalah Mycobacterium tuberculosis dan Staphylococcus. Gentamicin Basa bekerja dengan cara menghambat protein yang dibutuhkan bakteri untuk berkembang. Karena protein yang dibutuhkan untuk berkembang terhambat, maka pertumbuhan bakteri bisa terhenti.

Dosis

  • Dosis untuk dewasa karena bakteremia sebanyak 1,5 – 2 mg/kg diikuti 1 – 1,7 mg/kg IV atau IM setiap 8 jam atau 5 – 7 mg/kg IV setiap 24 jam.
  • Dosis untuk dewasa karena endocarditis bacteria sebanyak 1,5 mg/kg (maksimal 120 mg) IV atau IM sekali dalam 30 menit sebelum memulai pengobatan.
  • Dosis untuk dewasa karena infeksi bakteri sebanyak 1,5 – 2 mg/kg diikuti 1 -1,7 mg/kg IV atau IM setiap 8 jam atau 5 -7 mg/kg IV setiap 24 jam.
  • Dosis untuk dewasa karena brucellosis sebanyak 2 mg/kg diikuti 1,7 mg/kg IV atau IM setiap 8 jam atau 5 mg/kg IV setiap 24 jam.
  • Dosis untuk dewasa karena luka bakar eksternal sebanyak 2 – 2,5 mg/kg loadig diikuti 1,7 – 2 mg/kg IV setiap 8 jam.
  • Dosis untuk dewasa karena cystic fibrosis sebanyak 5 – 10 mg/kg/ per hari dalam 2 – 4 dosis yang terbagi dalam beberapa waktu.
  • Dosis untuk dewasa karena endometriosis sebanyak 2 mg/kg diikuti 1,5 mg/kg IV atau IM setiap 8 jam.
  • Dosis untuk penggunaan salep sebanyak 3 – 4 kali sehari dioleskan secara tipis.

Kontraindikasi

Obat ini tidak boleh dan dilarang keras untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita kondisi atau memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap komponen atau komposisi yang ada dalam obat ini. Hipersensitivitas merupakan suatu kondisi dimana munculnya sebuah reaksi yang berlebihan karena terlalu lemah atau sensitifnya respon imun tubuh. Akibatnya akan terjadi kerusakan, ketidaknyamanan, dan dapat mengakibatkan kondisi yang sangat fatal bagi tubuh. Reaksi ini dibedakan menjadi 4 tipe, yaitu hipersensitivitas tipe 1, hipersensitivitas tipe 2, hipersensitivitas tipe 3, dan hipersensitivitas tipe 4. Semakin tinggi tingkatan hipersensitivitas, maka dampak yang dihasilkan akan semakin buruk. Oleh karena itu pastikan anda selalu berkonsultasi dengan dokter jika ingin menggunakan obat-obatan tertentu untuk menghindari reaksi hipersensitivitas. 

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan Gentamicin Basa akan menyebabkan adanya interaksi dengan obat lain. Oleh karena itu anda harus memberitahukan kepada dokter jika anda mengonsumsi obat resep maupun non resep yang anda konsumsi. Karena Gentamicin Basa tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan obat diuretik, cisplatin, amphotericin, antibiotik tertentu, dan vitamin serta obat herbal lain.

Kelompok Orang Berisiko

Orang yang berisiko akan mengalami efek samping atau kondisi yang merugikan lainnya saat menggunakan obat ini. Kelompok orang yang tidak boleh menggunakan obat ini adalah orang yang menderita atau pernah menderita penyakit ginjal, vertigo, tuli, telinga berdenging, myasthenia gravis, atau penyakit parkinson.

Efek Samping

Tidak semua pengguna Gentamicin Basa akan mengalami efek samping, dan tidak semua orang cocok menggunakan obat ini. Beberapa efek samping yang muncul dari penggunaan obat ini adalah mual,muntah, sakit perut, tidak nafsu makan, nyeri, iritasi, kemerahan pada tempat suntikan, atau luka yang terinfeksi. Selain itu penggunaan obat ini juga berpotensi bisa menyebabkan masalah ginjal dan kerusakan saraf yang cukup serius dan berakhir dengan resiko tuli permanen. Segera beritahu dokter jika anda mengalami gejala-gejala tersebut untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Konsumsi

Karena obat dengan kandungan Gentamicin terdiri dari berbagai macam sediaan, maka cara penggunaannya pun berbeda-beda. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tersedia di dalam kemasan maupun anjuran yang telah disampaikan oleh dokter atau apoteker. Jangan mengurangi dosis, menambah dosis, atau menghentikan penggunaan obat karena akan dapat membuat bakteri berkembang lagi yang akan menimbulkan infeksi sekunder. Segera hubungi dokter jika kondisi tidak membaik.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis