fbpx
BerandadirektoriObatObat Cetirizine: Manfaat, Efek Samping dan Dosis

Ditinjau oleh: dr. Amanda Ismoetia

obat-cetirizine-10-mg-indofarma

Obat Cetirizine adalah obat golongan antihistamin yang berfungsi untuk mengatasi keluhan alergi. Obat ini dapat diperoleh di apotek tetapi harus dengan resep dokter sebab obat ini bukanlah obat yang bebas dijual belikan.

Obat Cetirizine sendiri memiliki beberapa bentuk, yaitu kapsul, sirup dan tablet seperti Cetirizine Hj 10 mg – 100 tablet (Rp 42.000). Sehingga penderita alergi dapat memilih bentuk obat yang diinginkan. Perbedaan bentuk obat biasanya digunakan untuk tujuan yang berbeda, bentuk sirup umumnya digunakan pada anak-anak, bentuk kapsul dan tablet biasanya untuk dewasa, namun bentuk tablet juga bisa digunakan untuk keperluan pembuatan puyer (racikan). Obat Cetirizine termasuk ampuh dan sangat berkhasiat sekali, tidak heran obat ini termasuk obat yang banyak dicari di pasaran.

Manfaat Obat Cetirizine

Pada beberapa kasus, terdapat banyak orang yang terlahir dengan memiliki alergi. Ada yang terlahir dengan memiliki alergi serbuk bunga, alergi debu, alergi makanan dan yang lainnya. Jika alergi sedang kambuh maka orang tersebut harus cepat minum obat agar gejala alergi tersebut bisa reda. Obat yang dirasa mampu menghilangkan gejala tersebut adalah obat Cetirizine 10 mg Indofarma.

Perlu diingat kalau obat ini tidak dapat mencegah munculnya alergi, tetapi hanya meredakan gejala alergi yang muncul. Cara kerja Cetirizine adalah mengurangi zat Histamin dalam tubuh. Zat histamin sendiri adalah zat yang diproduksi oleh tubuh sebagai respon adanya alergen ( benda atau zat pemicu alergi) yang masuk kedalam tubuh, Zat histamin ini memberikan dampak pada tubuh berupa gatal dibagian kulit, hidung dan mata, bentol pada kulit, bahkan bisa sampai menimbulkan sesak nafas terutama pada orang yang memiliki riwayat sakit asma.

Tubuh yang terlalu banyak zat Histamin maka akan muncul reaksi alergi dan obat Cetirizine dapat menghalangi hal tersebut terjadi. Obat ini bisa meredakan alergi ringan sampai dengan yang sedang, contohnya seperti di bawah ini.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Hidung gatal dan berair
  • Bersin dan batuk
  • Mata gatal
  • Ruam merah di kulit dan bentol-bentol
  • Tenggorokan terasa gatal
  • Sesak napas akibat alergi

Efek Samping Obat Cetirizine

Pada dasarnya, obat memiliki khasiat pada tubuh, namun juga mempunyai efek samping seperti halnya obat Cetirizine 10 mg Indofarma. Efek samping bisa saja terasa jika dosis obat tidak tepat dan dapat terjadi karena kondisi pasien yang memang tidak cocok dengan obat tersebut. Penjelasan efek sampingnya ada di bawah ini.

Efek Samping Ringan

Efek samping obat Cetirizine yang ringan memang tidak berbahaya tetapi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, contoh efeknya adalah merasa mengantuk, sakit kepala, mual, gangguan pencernaan dan masih banyak yang lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Efek Samping Serius

Pada banyak kasus, obat Cetirizine tidak menimbulkan efek samping yang serius. Efek samping serius pada penggunaan cetirizine jarang dilaporkan. Tetapi pada beberapa kasus, ada yang merasakan efek seperti kulit merah, terasa gatal dan kesulitan bernafas dan bengkak diseluruh tubuh. Gejala tadi merupakan gejala serius dan bisa terjadi pada orang yang alergi terhadap obat cetirizine.

Dosis Obat Cetirizine

Cetirizine bisa dikonsumsi dari usia 6 bulan sampai 65 tahun, tetapi jika umurnya kurang dari 2 tahun atau sudah 65 tahun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi. Untuk  penderita penyakit ginjal, hati atau sedang hamil juga disarankan melakukan konsultasi juga.

Bagi anak-anak yang tidak suka minum obat, Cetirizine memiliki rasa buah-buahan yang tidak terasa pahit. Sementara obat untuk orang dewasa, rasanya normal seperti obat lainnya. Dosis Cetirizine 10 mg Indofarma untuk anak dan orang dewasa juga berbeda.

Dosis Cetirizine untuk anak umur 6 bulan – 2 tahun dosis yang sirup 2,5 mg sekali saja, jika 1 tahun umurnya dosisnya sama hanya diminum dua kali. Untuk umur 2-5 tahun diperbanyak dosisnya dua kali lipat jadi 5 mg per harinya, kalau 6 tahun ke atas 5-10 mg per hari dan dosis tersebut sama dengan orang dewasa.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin beli obat Cetirizine dengan cepat dan mudah? Download aplikasi Lifepack di Google Play Store dan App Store, apotek online untuk menebus obat terbaik.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas jantung sehat

Mengenal Jenis Obat Vasodilator: Cara Kerja, Daftar Obat, dan Efek Samping

direktoriObat   25/11/2022
verapamil

Verapamil: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   11/11/2022
obat angiotensin

Obat Hipertensi Angiotensin Receptor Blocker, Bagaimana Cara Kerjanya?

direktoriObat   09/11/2022
kandungan obat lapibal

Sering Digunakan untuk Gangguan Saraf, Apa Kandungan Obat Lapibal?

direktoriObat   04/11/2022
kandungan obat lansoprazole

Sering Digunakan untuk Obati GERD, Apa Kandungan Obat Lansoprazole?

direktoriObat   12/10/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman