fbpx

Natrium Diclofenac

Nov 10, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf N | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Rasa nyeri bisa Anda alami dan bisa mengindikasikan bahwa pada tubuh Anda sedang terjadi peradangan. Penyebab peradangan bisa bermacam-macam, karena terjatuh, penyakit tertentu, atau pasca memperoleh penanganan medis tertentu. Peradangan bisa menimbulkan rasa sakit akibat nyeri tak tertahankan. Anda bisa meredakannya dengan obat natrium diclofenac (Baca juga Obat Cataflam, Ampuh Atasi Rasa Nyeri).

Informasi 

Natrium diclofenac biasa digunakan untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang. Obat ini termasuk golongan OAINS (obat anti-inflamasi non steroid) yang digunakan atas resep dokter. Anda bisa menggunakannya untuk jangka pendek dalam meringankan nyeri akibat radang sendi, pengapuran tulang, sakit gigi, kram menstruasi, dan sebagainya.

Cara kerja natrium diclofenac dengan memberi efek analgesik dan antiinflamasi akibat penghambatan biosintesis prostaglandin yang merupakan zat penyebab munculnya respon peradangan dan rasa sakit pada tubuh. Obat ini berbentuk tablet 100 mg dan suppositoria Voltaren 50 mg dan 100 mg.

natrium diclofenac, natrium diklofenak
Peradangan bisa menimbulkan rasa sakit akibat nyeri tak tertahankan. Anda bisa meredakannya dengan obat natrium diclofenac.

natrium diclofenac bisa digunakan untuk meredakan nyeri akibat cedera atau trauma, seperti terbentur, terkilir, terpukul, memar, patah tulang, dan sebagainya. Juga digunakan untuk meredakan peradangan pada tulang dan sendi, seperti osteoarthritis (pengapuran tulang), rheumatoid arthritis (rematik), radang sendi asam urat (gout), dan sebagainya.

Obat ini juga diresepkan oleh dokter untuk meringankan nyeri pasca operasi, misalnya pada operasi tulang atau gigi. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, sakit kepala, dan migrain, serta meredakan nyeri hebat akibat infeksi telinga, hidung atau tenggorokan.

Dosis

Penggunaan obat ini pada pasien osteoarthritis,  diberi dosis 50 mg 2 sampai 3 kali sehari atau 75 mg secara oral dua kali sehari. Bisa juga menggunakan dosis 100 mg untuk diminum sekali sehari. Sedangkan untuk pengobatan ankylosing spondylitis, diberi dosis 25 mg secara oral 4 kali sehari. Jika perlu, bisa diberi tambahan dosis 25 mg dapat diberikan pada waktu tidur.

Penggunaan obat ini dalam rangka meringankan nyeri haid, bisa memakai dosis 50 mg secara oral 3 kali sehari. Atau bisa menggunakan dosis awal sebanyak 100 mg, diikuti oleh dosis 50 mg, akan membantu meredakan nyeri dengan lebih baik. Pemberian dosis harian tidak boleh melebihi 150 mg, setelah lepas hari pertama. 

Penggunaan obat ini dalam meringankan nyeri akut ringan sampai sedang, bisa diberi dosis 50 mg secara oral 3 kali sehari. Sedangkan untuk mengatasi rheumatoid arthritis, dosis diberikan sebanyak 50 mg secara oral 3 sampai 4 kali sehari atau 75 mg secara oral dua kali sehari. 

Penggunaan natrium diclofenac pada anak-anak belum ada keterangan yang pasti. Untuk itu, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu dan jangan asal memberikan obat ini kepada anak.  

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Obat ini tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan misoprostol, terlebih bagi ibu hamil, atau sedang menjalani terapi dengan obat golongan antiinflamasi non steroid lainnya, terutama aspirin. Hal tersebut karena dapat menyebabkan efek samping berbahaya hingga menyebabkan perdarahan dan keguguran. 

Kelompok Orang Berisiko

Apabila Anda memiliki riwayat alergi terhadap natrium diclofenac, Aspirin atau OAINS lainnya, tidak diperbolehkan menggunakan obat ini. Juga tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki penyakit gangguan lambung, seperti ulkus peptikum.

Obat ini tidak baik dikonsumsi pasien yang memiliki penyakit jantung dan pembuluh darah seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung kongestif (CHF), gangguan pembuluh darah di otak dan pembuluh darah perifer.

Serta tidak dianjurkan dikonsumsi oleh pasien dengan riwayat serangan asma, urtikaria atau rhinitis akut yang timbul akibat penggunaan asam asetilsalisilat atau obat-obat lain penghambat prostaglandin.

Efek Samping

Penggunaan natrium diclofenac dapat memunculkan efek samping, diantaranya gangguan pencernaan, kembung, sakit perut, mual, muntah, diare, sembelit, sakit kepala, pusing, mengantuk, hidung tersumbat, gatal, dan keringat berlebihan. Parahnya bisa sampai meningkatkan tekanan darah, hingga terjadi pembengkakan atau nyeri di lengan atau kaki.

Apabila Anda mengalami reaksi alergi seperti ruam kulit, pembengkakan, ataupun sesak nafas. Atau mengalami gejala perdarahan lambung, seperti muntah berdarah atau feses berwarna hitam. Sebaiknya Anda hentikan pemakaian natrium diclofenac dan segera konsultasi ke dokter. 

Anda juga disarankan berhenti konsumsi obat ini jika mengalami gangguan hati, seperti mual, nyeri perut bagian atas, gatal, perasaan lelah, gejala seperti flu, kehilangan nafsu makan, urin gelap, tinja berwarna tanah liat, sakit kuning (menguningnya kulit atau mata).

Apabila Anda mengalami gangguan ginjal, seperti sedikit atau tidak buang air kecil sama sekali, nyeri atau sulit buang air kecil, bengkak pada kaki atau pergelangan kaki, merasa lelah atau sesak napas. Selain itu juga sel darah merah rendah (anemia) dengan gejala kulit pucat, merasa pusing atau sesak napas, denyut jantung cepat, kesulitan berkonsentrasi. Sebaiknya hentikan pemakaian obat dan konsultasikan ke dokter. 

Cara Konsumsi

Natrium diclofenac harus dikonsumsi bersama dengan makanan atau segera setelah makan, dengan cara tablet obat ditelan utuh dengan cairan. Anda bisa membuat jadwal minum dengan interval yang sama, serta mengonsumsi obat pada jam yang sama setiap harinya.

Ketika Anda melewatkan sebuah dosis, maka segeralah minum ketika ingat. Tetapi gunakan jadwal berikutnya saja, jika sudah dekat dengan jadwal berikutnya, serta tidak boleh menambahkan dosis obat. Penggunaan obat ini dapat dihentikan apabila gejala sudah menghilang, sehingga tidak perlu menghabiskan obat.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis