fbpx
BerandaJantungMeningkatkan Kualitas Tidur Pada Pasien Gagal Jantung

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia. Orang dewasa normal pada umumnya tidur 8 sampai 10 jam per hari. Bagaimana cara meningkatkan kualitas tidur terutama untuk pasien dengan gagal jantung? Simak tips dari tim Sehatpedia.

Meningkatkan Kualitas Tidur Pada Pasien Gagal Jantung

Jika waktu tidur berkurang maka yang dirasakan adalah badan terasa lemas dan sulit untuk berkonsentrasi bahkan pada beberapa orang berkurangnya waktu tidur dapat menyebabkan gangguan suasana hati/mood tidak stabil dan mudah emosi yang akan sangat merugikan diri sendiri bahkan lingkungan sekitar.

Kualitas tidur tidak hanya ditentukan dari lamanya waktu tidur saja, tapi ditentukan juga dari pola dan kedalaman tidur itu sendiri. Pola tidur atau waktu tidur yang konstan dan tepat waktu mampu membuat kwalitas tidur semakin baik dan lebih baik lagi jika tidak pernah terbangun saat tidur alias tidur pulas. Gangguan pola tidur tidak hanya dialami oleh orang sehat saja, bahkan ini bisa menjadi lebih buruk pada orang sakit misalnya pada orang yang menderita gagal jantung.

Baca juga: Sleep Apnea

Gagal jantung adalah suatu keadaan dimana jantung tidak mampu atau berkurang fungsinya dalam memompa darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Hal ini di tandai dengan sesak nafas, cepat lelah dalam beraktivitas, berdebar-debar, keringat dingin, kaki bengkak, batuk dan sulit tidur di malam hari.

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Pasien Gagal Jantung

Jadi apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur pasien dengan gagal jantung :

Jaminan Lifepack untuk Anda

#1 Jangan tidur di siang hari terlalu lama

Mungkin hal ini dianggap sepele namun sangat bermanfaat bila dilakukan. Apabila waktu tidur siang dilakukan terlalu lama, maka pada kebanyakan orang akan sulit untuk mengantuk pada malam hari dan akan berpotensi untuk tidur lebih larut pada malam hari.

#2 Batasi asupan cairan

Kelebihan asupan cairan akan sangat berpengaruh pada pasien dengan gagal jantung kongestif. Tanda dan gejala yang akan muncul bila cairan sudah berlebih yaitu sesak nafas, tidak bisa berbaring datar, kaki dan tangan bahkan perut menjadi bengkak. Kebutuhan cairan pada pasien dengan gagal jantung biasanya sudah ditentukan oleh dokter dan perawat jantungnya, jadi cukupkanlah kebutuhan cairan sesuai dengan anjuran dokter dan perawat dan jangan sampai berlebih.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

#3 Posisikan kepala lebih tinggi saat tidur

Dengan memposisikan kepala agak tinggi akan membuat pengembangan paru-paru menjadi lebih baik dan juga sifat gravitasi yang membuat cairan akan turun ke bagian bawah sehingga akan mengurangi sesak pada pasien dengan gagal jantung. Untuk memposisikan kepala menjadi lebih tinggi dapan dilakukan dengan menyusun beberapa bantal.

#4 Mandi air hangat

Air hangat akan membuat pembuluh darah menjadi vasodilatasi atau melebar sehingga membuat aliran darah menjadi lebih lancar, juga distribusi oksigen dan nutrisi akan terpenuhi sampai ke jaringan seluruh tubuh. Berdasarkan beberapa penelitian dan pengalaman pribadi di klinis ditemukan bahwa dengan mandi dengan air hangat dapat membuat pasien menjadi lebih rileks dan memudahkan untuk tidur.

#5 Matikan gadget waktu tidur

Zaman now siapa yang tidak punya gadget? Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa bahkan lansia pun memiliki gadget saat ini. Kecanduan akan gadget pada zaman sekarang sudah bukan hal yang baru lagi, gadget digunakan untuk bermain game dan juga untuk sosial media. Dalam menggunakan gadget secara konstan dapat membuat orang kecanduan menjadi lupa waktu sampai waktu yang seharusnya digunakan beristirahat menjadi berkurang bahkan menjadi hilang.

#6 Minum obat teratur

Teratur bukan hanya meminum semua obat yang telah diresepkan oleh dokter jantung, namun harus mengkonsumsi semua obat dengan tepat dan benar. Beberapa obat pada pasien gagal jantung harus di minum 30 menit sampai dengan 60 menit sebelum makan, agar obat dapat bekerja dengan baik. Jadi pahami arahan dokter, perawat dan apoteker Anda untuk memperoleh hasil pengobatan yang maksimal.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kegiatan yang diulang secara terus-menerus akan menjadi kebiasaan, dan kebiasaan yang terus dilakukan akan menjadi suatu tabiat yang akan sangat sulit untuk diubah, tapi bukan berarti tidak bisa. Mulailah kebiasaan yang baik mulai dari sekarang, karena tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar manjadi lebih baik dan sehat.

Referensi:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. ClinicalTrials.gov (2017). Improving Sleep Quality in Heart Failure. NIH U.S National Library of Medicine.
  2. Diklat Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, (2018). Modul Pelatihan Keperawatan Kardiovaskular Tingka Dasar. Jakarta: Aksara Bermakna
  3. Nanda International, (2018). Nursing Diagnoses: Definitions and Classifications 2018-2020, Eleventh Edition, Media.Centre.thieme.com
  4. Rampengan, S., (2014). Buku Praktis Kardiologi. Jakarta: Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. 

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

order-obat-jantung-online

Keuntungan Order Obat Jantung Online Lewat Aplikasi

Jantung   25/04/2021
dokter-jantung-terbaik-di-jakarta

Daftar Dokter Jantung Terbaik di Jakarta

Dokter   24/04/2021
penyakit-jantung

Aturan Aman Berpuasa bagi Penderita Penyakit Jantung

Hidup Sehat   14/04/2021
cokelat valentine

Valentine dan cokelat, Ternyata Baik untuk Kesehatan Jantung

Jantung   10/02/2021
pantangan-makanan-penyakit-jantung

Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penyakit Jantung

Jantung   14/10/2020

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman