fbpx

Mengenal Lactobacillus, Suplemen Kaya Manfaat Bagi Tubuh

Jun 8, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Pernahkah Anda mendengar Lactobacillus? Ya, Lacto-B merupakan suplemen yang mengandung probiotik dan mikroorganisme hidup seperti Bifidobacterium lingun, Streptococcus thermophillus, dan Lactobacillus achidopilus. Selain itu Lacto-B mengandung vitamin C, vitamin B1, B2, B6, niacin, dan protein. Suplemen ini tersedia dalam bentuk bubuk sehingga sangat mudah dikonsumsi terutama pada anak-anak.

Informasi Umum

Golongan: Probiotik

Kategori: Suplemen

Bentuk Sediaan: Bubuk

Manfaat:

  • Mengobati diare
  • Mengurangi gejala intoleransi laktosa

Kandungan: Probiotik, Bifidobacterium lingun, Streptococcus thermophillus, Lactobacillus achidopilus, vitamin C, vitamin B1, B2, B6, niacin, dan protein.

Cara Kerja Lactobacillus

Lacto-B bekerja dengan cara menyeimbangkan ketidakseimbangan mikroorganisme baik dan buruk yang ada di dalam tubuh. Mikroorganisme baik seperti Bifidobacterium lingun, Streptococcus thermophillus, dan Lactobacillus achidopilus akan membantu menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dan melawan bakteri penyebab penyakit.

Cara Konsumsi Lactobacillus

Lacto-B dikonsumsi mengikuti petunjuk konsumsi pada kemasan. Bagi anak-anak dengan usia 1-6 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini dengan dosis 3 x 1 sachet sehari, sedangkan untuk anak dengan usia di bawah 1 tahun mengonsumsi obat ini dengan dosis 2 sachet per hari. Namun, ada baiknya penggunaan dosis dikonsultasikan pada dokter. Obat ini dapat dikonsumsi dengan air putih atau makanan, namun juga dapat dikonsumsi tanpa makanan.

Efek samping

Secara umum, produk Lacto-B aman dikonsumsi. Namun konsumsi Lacto-B dapat menimbulkan beberapa efek samping, antara lain:

  • Perut kembung
  • Menjadi lebih sering buang gas
  • Rasa tidak nyaman pada perut

Interaksi Obat

Konsumsi Lacto-B dapat menimbulkan interaksi jika bersamaan dengan konsumsi obat-obatan lain. Beberapa obat-obatan yang dapat menimbulkan interaksi jika dikonsumsi bersamaan dengan Lacto-B, yaitu:

  • Antibiotik
  • Imunosupresan
  • Kortikosteroid

Itulah beberapa informasi mengenai produk Lacto-B. Unduh aplikasi Lifepack untuk kemudahan menebus resep obat tanpa antri.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis