fbpx
BerandaHidup SehatKenali Gejala Kanker Lidah Stadium Awal Sampai Lanjut Ini

Kanker lidah berasal dari jaringan lidah yang tumbuh secara abnormal. Pertumbuhan jaringan yang tidak normal ini bisa berada di ujung atau bagian depan lidah, biasa disebut kanker lidah oral. Jika kanker terjadi di bagian bawah mulut, atau di pangkal lidah, maka disebut kanker orofaringeal. 

gejala-kanker-lidah

Jenis kanker lidah yang paling sering terjadi adalah Squamous Cell Carcinoma atau sel kanker bersisik. Kanker ini dapat terjadi pada permukaan kulit, di lapisan mulut, laring, tiroid atau tenggorokan, hidung, lapisan saluran pernafasan, dan pencernaan.

Gejala Kanker Lidah

Sariawan yang Tidak Sembuh-Sembuh

Pada awalnya, kanker tidak memberikan gejala yang langsung bisa kita kenali. Seringkali kita mengartikan kanker lidah stadium awal sebagai sariawan karena gejalanya yang berupa luka di lidah mirip dengan gejala sariawan. 

Sariawan biasanya dapat sembuh sendiri setelah 1-2 minggu. Apabila sariawan tak kunjung sembuh selama berminggu-minggu walaupun sudah diobati maka kita perlu waspada karena itu bisa jadi merupakan tahap awal tumbuhnya sel kanker lidah. Gejala seperti sariawan pada kanker lidah seringkali muncul di dasar mulut, gusi belakang geraham, atau sisi bawah lidah Anda. 

Waspadai Bercak Putih Keabuan di Rongga Mulut yang Tak Kunjung Hilang

Leukoplakia, atau bercak tebal berwarna putih keabuan di lidah kerap kita temui sebagai akibat iritasi pada selaput lendir mulut. Selain di lidah, bercak ini juga sering ditemui di sisi dalam pipi dan gusi. Umumnya bercak ini timbul akibat kebiasaan merokok, pemakaian gigi palsu yang salah, maupun kebiasaan menggigit bagian dalam pipi.

Leukoplakia tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun kita harus waspada apabila bercak ini mendadak muncul tanpa sebab dan tak kunjung hilang. Leukoplakia sebagai ciri-ciri kanker lidah tahap awal biasanya memiliki permukaan yang keras, kasar dan sulit dihilangkan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Muncul Bercak Merah Bercampur Putih di Lidah

Munculnya bercak berwarna merah terang (erythroplakia) di lidah atau jaringan lunak mulut harus kita waspadai karena bisa menjadi ciri-ciri kanker lidah. Pada beberapa kasus, bercak merah ini bisa bercampur dengan bercak keputihan yang disebut erythroleukoplakia. Bercak ini merupakan pertanda munculnya sel yang tidak normal yang bisa berubah menjadi sel kanker. 

Rasa Sakit yang Terus-menerus dan Munculnya Benjolan

Gejala kanker lidah stadium awal bisa berupa luka pada lidah yang terasa sakit dan perih. Luka ini terus berdarah dan tak sembuh-sembuh, serta rasa sakitnya tak kunjung hilang meski Anda sudah minum obat pereda nyeri. sudah diberi obat. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ciri kanker lidah lain adalah munculnya benjolan yang tak biasa pada lidah yang kian hari kian membesar sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman dan bisa membuat penderita mengalami kesulitan bicara. Pada stadium lanjut, benjolan ini akan tumbuh dan berkembang di bagian lain dari tubuh seperti leher dan kelenjar getah bening. 

Gangguan pada Mulut, Lidah dan Rahang

Mulut dan lidah penderita sering mengalami mati rasa. Penderita kanker lidah akan mengalami kekakuan pada lidah dan rahang. Mereka juga mengalami sakit pada bagian rahang dan tenggorokan saat digerakkan. Hal ini menyebabkan mereka mengalami kesulitan untuk mengunyah dan menelan makanan.

Lidah penderita akan terus membengkak dan berdarah tanpa sebab yang jelas, tenggorokan selalu merasa sakit dan rahang akan turut membengkak sehingga menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. 

Beberapa Gejala Kanker Lidah Lainnya

Terdapat gejala-gejala yang umumnya terjadi pada penderita kanker lidah yaitu berat badan menurun dengan cepat, kesulitan berbicara, suara berubah menjadi serak, gigi mudah tanggal dan bekas tanggalnya tidak cepat sembuh, serta rasa sakit yang bisa menjalar hingga ke telinga. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian beberapa gejala kanker lidah yang perlu kita ketahui. Selain karena faktor genetic dan keturunan, kanker lidah mudah menyerang pada orang dengan kebiasaan hidup yang buruk, seperti suka merokok dan minum minuman yang mengandung alkohol. Bagi perokok dan peminum, tidak hanya kanker lidah, melainkan berbagai jenis penyakit kanker lainpun berpotensi mengancam jiwa. Kanker lidah juga berpotensi pada orang yang terserang Human Papilloma Virus (HPV).

Beberapa kebiasaan baik harus kita terapkan agar terhindar dari penyakit kanker lidah. Antara lain dengan meninggalkan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Hindari juga makanan yang mengandung pengawet buatan. Tingkatkan sistem imun di dalam tubuh dengan rajin berolahraga, hindari makanan yang mengandung lemak trans, serta hindari stress.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Banyaklah konsumsi makanan yang mengandung vitamin E karena antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat menangkal bahaya radikal bebas. Bayam, brokoli, kacang-kacangan, dan minyak nabati termasuk sumber vitamin E yang tinggi yang bisa anda konsumsi.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin E Eturol 400 iu (mulai dari 600ribu) atau Blackmores Natural E 250 iu (mulai dari 200ribu). Suplemen ini digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin E tubuh

Jagalah kebersihan gigi dan mulut anda. Rajinlah menggosok gigi sedikitnya dua kali dalam sehari. Selalu periksakan gigi anda ke dokter minimal setahun sekali. Apabila anda menemukan satu atau beberapa gejala yang mengindikasikan kanker lidah, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapat perawatan sedini mungkin.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan Anda? Temukan solusi konsultasi dokter online dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

penyakit-akibat-kelebihan-gula

Banyak Makan Camilan Manis saat Natal, Waspadai 4 Penyakit Ini

Hidup Sehat   08/12/2021

5 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Saat Liburan

Hidup Sehat   08/12/2021
tips menurunkan darah tinggi saat liburan

10 Tips Menurunkan Darah Tinggi saat Liburan

Hidup Sehat   06/12/2021

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Hidup Lebih Sehat

Hidup Sehat   06/12/2021
hampers-natal

Hindari Jatuh Sakit saat Natal dengan 5 Langkah Mudah Ini

Hidup Sehat   03/12/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman