fbpx
BerandaHipertensiMengenal Faktor Risiko Penyebab Penyakit Hipertensi

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Mengenal Faktor Risiko Penyebab Penyakit Hipertensi

Hipertensi tentu tidak asing lagi di telinga Anda. Penyakit yang satu ini merupakan kondisi di mana pembuluh darah terus-menerus meningkatkan tekanan. Tekanan darah diciptakan oleh kekuatan darah yang mendorong dinding pembuluh darah (arteri) karena dipompa oleh jantung. Semakin tinggi tekanan, maka semakin sulit jantung memompa darah.

Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, jumlah penderita hipertensi menurut diagnosa dokter adalah 8,4%, sedangkan jumlah penderita hipertensi berdasarkan ukuran tekanan darah adalah 34,1%. Angka tersebut tentu tidak bisa dianggap sepele, mengingat penyakit ini dapat menimbulkan penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke.

Lalu apa saja faktor risiko penyebab penyakit hipertensi, dan apa yang Anda bisa lakukan untuk mencegahnya?

Berikut beberapa informasi mengenai faktor risiko hipertensi yang telah Tim Lifepack rangkum untuk kamu.

Faktor Risiko Hipertensi yang Tidak Dapat Diubah

Terdapat beberapa faktor risiko penyebab penyakit hipertensi yang tidak dapat Anda ubah atau perbaiki, seperti usia, keturunan dan riwayat keluarga. Namun, Anda masih dapat mengubah beberapa faktor risiko agar terhindar dari risiko hipertensi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Berikut faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena hipertensi.

Konsumsi Makanan Tinggi Garam

Konsumsi makanan yang terlalu tinggi natrium (garam)  dan kalium yang terlalu rendah membuat Anda memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena tekanan darah tinggi. Garam biasanya banyak ditemukan dalam makanan, bumbu penyedap, dan pengawet. Menurut Pedoman Gizi Seimbang, konsumsi garam sebaiknya sebanyak 1 sendok teh per hari. Hal ini untuk mengurangi risiko hipertensi. Selain itu konsumsi kalium berlebih sebagai mineral yang dibutuhkan tubuh juga dapat meningkatkan tekanan darah. Kalium ditemukan dalam banyak makanan, pisang, kentang, kacang-kacangan, dan yogurt yang memiliki kadar kalium tinggi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kurang Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik secara teratur membantu jantung dan pembuluh darah Anda tetap kuat dan sehat, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat, di mana dengan menjaga berat badan normal kita dapat mengurangi salah satu faktor risiko penyebab penyakit hipertensi lainnya, yaitu obesitas. Aktivitas fisik sebaiknya dilakukan selama 30-45 menit per hari dan  minimal 3-5 kali seminggu.

Obesitas

Obesitas berarti Anda memiliki berat badan yang tidak normal. Jika Anda menderita obesitas membuat jantung Anda bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan berjalannya waktu, jantung Anda dapat terus mendapat beban yang semakin berat dan menimbulkan tekanan pada pembuluh darah Anda. 

Biasanya, obesitas berkaitan dengan kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang tinggi. Konsumsi lemak trans dan lemak jenuh secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas. Selain tekanan darah tinggi, obesitas juga bisa memicu penyakit jantung dan diabetes.

Pengukuran antropometri yang seperti BMI (Body Mass Index), lingkar pinggang, dan lingkar pinggul dapat digunakan untuk mengukur kelebihan berat badan, obesitas, dan obesitas sentral. Dalam International Journal of Hypertension, disebutkan bahwa kelebihan berat badan dan obesitas adalah faktor risiko utama yang dapat dimodifikasi (faktor risiko yang dapat diubah) untuk berisiko lebih tinggi terhadap hipertensi. Orang dengan kelebihan berat badan memiliki risiko dua kali lipat lebih besar terhadap hipertensi dan orang dengan obesitas memiliki risiko lebih dari tiga kali lipat dibandingkan dengan orang yang kekurangan berat badan dalam penelitian ini.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Konsumsi Alkohol Berlebih dan Perilaku Merokok

Konsumsi terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Menurut CDC, pada wanita seharusnya mengonsumsi alkohol tidak lebih dari satu gelas sehari dan pria seharusnya mengonsumsi alkohol tidak lebih dari dua gelas sehari. 

Merokok juga dapat meningkatkan risiko Anda terhadap hipertensi. Merokok dapat merusak jantung dan pembuluh darah Anda. Selain itu nikotin dapat meningkatkan tekanan darah, dan menghirup karbon monoksida yang dihasilkan dari asap rokok akan mengurangi jumlah oksigen yang bisa dibawa oleh darah Anda.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dalam International Journal of Hypertension juga disebutkan bahwa konsumsi alkohol dan merokok dapat meningkatkan risiko Anda terhadap hipertensi. Orang dengan konsumsi alkohol memiliki risiko 1,55 lebih besar dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi alkohol. Sedangkan pada perokok miliki risiko 1,86 lebih besar terhadap hipertensi dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Salah satu obat yang dapat membantu mengatasi hipertensi adalah Euthyrox 50 mcg – 100 tablet (Rp 199.500). Penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Itulah beberapa informasi mengenai faktor risiko hipertensi. Mulailah pola hidup sehat seperti konsumsi garam seimbang, pembatasan konsumsi makanan yang tinggi lemak trans dan lemak jenuh, hindari perilaku merokok dan konsumsi alkohol berlebih, serta melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention
International Journal of Hypertension
Pedoman Gizi Seimbang
World Health Organization

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

manfaat puasa

Manfaat Puasa bagi Penderita Hipertensi

Hidup Sehat   14/07/2021
tekanan-darah-tinggi

Pilihan Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi tanpa Obat

Hipertensi   15/04/2021
hipertensi adalah

Mengenal Tanda dan Gejala Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi   04/02/2021
hipertensi

Awas! Ternyata Hipertensi Bisa Sebabkan Stroke

Hipertensi   15/12/2020
Sabun Antibakteri vs Sabun Biasa, Manakah yang Sebaiknya Digunakan?

Sabun Antibakteri vs Sabun Biasa, Manakah yang Sebaiknya Digunakan?

Hipertensi   11/09/2020

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman