fbpx
BerandadirektoriPenyakitMengenal Cara Pengobatan Penyakit Chancroid

Mengenal Chancroid 

Chancroid merupakan infeksi menular seksual (Sexually Transmitted Disease/STD) yang tergolong jarang terjadi. Jika infeksi terjadi, biasanya berhubungan dengan wabah penyakit yang terjadi secara sporadik. Chancroid disebabkan oleh infeksi bakteri Haemophilus ducreyi. Penyakit ini ditandai dengan ulkus kelamin nekrotikans yang disertai dengan limfadenopati inguinalis. Penyakit ini adalah penyakit yang sangat menular tetapi dapat disembuhkan dengan pengobatan chancroid yang tepat. 

cara-pengobatan-chancroid

Haemophilus ducreyi merupakan bakteri gram negatif yang bersifat anaerob fakultatif. Bakteri ini sangat infeksius dan bersifat patogen (menimbulkan penyakit) hanya pada manusia, tanpa lingkungan atau hewan perantara. Bakteri ini memasuki kulit melalui jaringan mukosa kulit yang terganggu (tidak intak) dan menyebabkan reaksi peradangan lokal. Bakteri ini dapat menghasilkan toksin yang menyebabkan destruksi atau kerusakan jaringan. 

Haemophilus ducreyi ditularkan secara seksual melalui kontak langsung dengan lesi ulkus yang purulen. Bakteri ini membutuhkan masa inkubasi 1 hari hingga 2 minggu dengan waktu rata-rata 5-7 hari. Chancroid biasanya dimulai sebagai papul inflamasi kecil, kemudian dalam beberapa hari, papul akan terkikis dan membentuk ulkus yang dalam dan terasa sakit. Ulkus chancroid memiliki dasar rapuh dengan eksudat berwarna kuning keabu-abuan yang mudah berdarah saat terkelupas. Ukuran ulkus ini dapat bervariasi, namun biasanya ulkus berukuran sekitar 1 hingga 2 cm. Tanpa pengobatan chancroid, ulkus bisa berlangsung berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Komplikasi yang mungkin terjadi adalah limfadenopati supuratif. 

Pertimbangan Diagnosis 

Chancroid paling sering terjadi pada orang dari kelompok usia 21 hingga 30 tahun yang aktif secara seksual. Bakteri penyebab chancroid sulit untuk dibiakkan. Diagnosis pasti chancroid memerlukan pemeriksaan untuk mengidentifikasi Haemophilus ducreyi pada media kultur khusus. 

Diagnosis chancroid dapat ditegakkan jika ditemukan ulkus kelamin yang nyeri disertai dengan adenopati inguinal supuratif. Diagnosis ini sangat penting untuk menentukan cara pengobatan chancroid yang efektif bagi pasien. Diagnosis juga dapat dibuat apabila memenuhi kriteria dibawah ini: 

  1. Memiliki satu atau lebih ulkus kelamin yang nyeri 
  2. Munculnya ulkus kelamin, jika ada disertai dengan limfadenopati regional yang khas 
  3. Pasien tidak memiliki bukti infeksi T. pallidum melalui pemeriksaan lapangan gelap dari sampel ulkus atau melalui tes serologis setidaknya 7 hari setelah timbulnya ulkus 
  4. Pemeriksaan PCR atau kultur Herpes SImplex Virus (HSV) dari sampel ulkus menunjukkan hasil negatif 

Pemeriksaan penunjang lain yang dapat dilakukan adalah dengan pemeriksaan histopatologi dengan pewarnaan gram. Pemeriksaan ini akan menunjukkan pola “school of fish” atau “railroad track”. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cara Mengobati Chancroid 

Pengobatan chancroid bertujuan untuk menyembuhkan infeksi, mengatasi gejala klinis, dan mencegah penularan pada orang lain. Dalam beberapa kasus, jaringan parut dapat terjadi meskipun terapi berhasil. 

Pengobatan antibiotik harus dimulai pada setiap individu dengan diagnosis chancroid baik yang telah dikonfirmasi maupun masih dicurigai. The Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan antibiotik berikut sebagai pilihan obat chancroid: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Azithromycin 
  • Ceftriaxone 
  • Erythromycin 
  • Ciprofloxacin 

Azithromycin dan ceftriaxone memiliki keuntungan karena dikonsumsi dengan dosis tunggal. Lesi chancroid yang tidak diobati dapat sembuh dengan sendirinya tetapi membutuhkan waktu yang lama sekitar 1 hingga 3 bulan. Pasien dengan chancroid yang tidak mendapatkan pengobatan beresiko berkembang menjadi limfadenitis regional yang dapat menimbulkan rasa sakit yang berat. Sekitar 25% kasus dapat berkembang menjadi limfadenitis supuratif. 

Perbaikan objektif pada gejala dan temuan dapat dievaluasi dalam 1 sampai 2 minggu setelah pemberian antibiotik. Chancroid dapat sembuh total dengan pengobatan antibiotik. Pasien dengan limfadenitis regional memberikan respon terapi yang lebih lambat. Limfadenitis supuratif mungkin memerlukan aspirasi jarum atau insisi dan drainase untuk membantu penyembuhan. 

Konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan pilihan pengobatan dan dosis yang sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat melakukan konsultasi dengan aman bersama dokter profesional di Lifepack.

Pertimbangan Khusus Dalam Pengobatan 

Terlepas dari ada tidaknya gejala penyakit, pasangan seksual pasien yang menderita chancroid harus diperiksa dan dirawat jika mereka melakukan kontak seksual dengan pasien selama 10 hari sebelum timbulnya gejala.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pria yang tidak disunat dan pasien dengan infeksi HIV tidak merespons terapi sebaik pada orang yang disunat atau HIV negatif. Pada semua pasien chancroid direkomendasikan untuk menjalani pemeriksaan infeksi HIV. Jika hasil pemeriksaan awal menunjukkan hasil negatif, pemeriksaan serologi untuk sifilis dan infeksi HIV harus dilakukan 3 bulan setelah diagnosis chancroid dibuat.

Orang dengan infeksi HIV yang menderita chancroid sebaiknya diawasi dengan ketat karena mereka memiliki resiko untuk mengalami kegagalan pengobatan dan memiliki laju penyembuhan yang lambat. Orang dengan infeksi HIV mungkin memerlukan terapi berulang atau durasi terapi yang lebih lama. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

5 Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

direktoriPenyakit   30/11/2021

Sindrom Stockholm: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

direktoriPenyakit   19/11/2021

Happy Hypoxia: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

direktoriPenyakit   19/11/2021

Gejala-Gejala Asam Lambung yang Harus Diwaspadai

direktoriPenyakit   18/11/2021

Asam Lambung Naik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

direktoriPenyakit   18/11/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman