fbpx
BerandaObatMengenal Berbagai Obat Scabies dan Cara Kerjanya

Pernahkah Anda mendengar penyakit scabies? Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabiei. Di Indonesia sendiri, penyakit yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan kudis. Penyakit ini membuat penderitanya mengalami gatal-gatal yang parah disertai dengan ruam atau sisik.

obat scabies

Meski begitu, scabies dapat diobati loh! Lalu apa saja sih obat yang dapat mengatasi scabies atau kudis ini? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini.

Mengenal Apa itu Penyakit Scabies

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa scabies atau kudis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabiei. Penyakit ini sangat mudah menular jika terjadi kontak langsung dengan penderitanya, tidur berdekatan, atau menggunakan pakaian dan handuk berbarengan dengan penderita.

obat scabies
Scabies dapat diobati loh! Lalu apa saja sih obat yang dapat mengatasi scabies atau kudis ini? Simak selengkapnya pada ulasan berikut ini.

Scabies akan terjadi jika kutu penyebab scabies masuk ke dalam lapisan kulit untuk hidup dan berkembang biak. Kotoran, air liur, dan telur yang ditinggalkan oleh kutu penyebab scabies akan memunculkan berbagai gejala scabies.

Apa Saja Gejala Scabies?

Terdapat beberapa gejala scabies yang perlu Anda ketahui. Gejala scabies yang dimaksud antara lain:

  1. Gatal-gatal pada kulit
  2. Ruam kemerahan
  3. Bentol atau muncul lepuhan kulit
  4. Sisik atau kerak pada kulit

Biasanya gejala akan muncul 4-6 minggu pasca kutu penyebab scabies masuk ke dalam kulit. Namun biasanya kutu akan masuk ke dalam kulit tangan, pergelangan tangan, pinggang, paha, pusar, ketiak, dan selangkangan. Namun pada anak di bawah usia 2 tahun, kutu biasanya masuk di kepala, leher, telapak tangan, dan telapak kaki.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Daftar Obat Scabies

Obat ini adalah hal yang sangat berperan penting dalam penyembuhan penyakit yang satu ini. Biasanya ketika pergi ke dokter obat topikal seperti salep dan krim merupakan obat awal yang digunakan dokter untuk mengatasi scabies atau kudis. Obat ini berguna untuk meringankan rasa gatal, meringan ruam, dan mengusir kutu-kutu penyebab scabies.

Terdapat beberapa obat-obatan yang dapat Anda coba untuk mengatasi scabies yang dijual di apotek. Apa sajakah obat scabies itu? Ini dia daftarnya!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Antihistamin

Obat antihistamin merupakan obat anti alergi yang dapat meredakan gejala alergi seperti gatal, ruam, dan peradangan yang terjadi pada tubuh. Dalam mengobati scabies, obat ini tersedia dalam bentuk oral. Obat antihistamin yang biasanya digunakan untuk mengatasi scabies adalah loratadine dan cetirizine.

2. Sulfur

Sulfur merupakan kandungan yang sering digunakan dalam obat-obatan terutama dalam penyakit kulit. Biasanya sulfur digunakan sebagai pengobatan paling awal pada penyakit scabies atau kudis. Obat ini tersedia dalam bentuk topikal yaitu salep atau krim dengan kandungan 5-10%. Salep yang satu ini biasa digunakan sebagai pilihan alternatif jika penderita tidak dapat menoleransi penggunaan obat topikal scabies lainnya. Salep sulfur biasanya dioleskan sehabis mandi ke seluruh tubuh dalam jangka waktu 2-3 hari berturut-turut.

3. Permethrin

Obat permethrin merupakan obat yang mengandung insektisida sintetik guna melawan serangga di dalam tubuh. Biasanya obat ini berbentuk topikal (salep dan krim) yang mengandung 5% permethrin. Saat seseorang terkena scabies atau kudis, biasanya dokter akan menganjurkan penggunaan obat ini satu kali sehari di malam hari sebelum tidur dalam jangka waktu 1-2 minggu.

4. Crotamiton

Crotamiton merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi scabies. Obat ini tersedia dalam bentuk topikal dengan kandungan crotamiton 10%. Biasanya obat ini dijadikan sebagai pilihan alternatif bila obat topikal sebelumnya tidak membuat keadaan scabies yang dialami sembuh. Sebaiknya sebelum menggunakan obat ini, konsultasikan penggunaannya kepada dokter karena obat ini dapat menimbulkan efek samping yang sangat serius.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Ivermectin

Ivermectin merupakan obat antiparasit yang juga dapat mengatasi gejala scabies. Obat ini diberikan jika penderita tidak kunjung membaik setelah diberikan pengobatan topikal. Obat ini tersedia dalam bentuk oral yang dapat digunakan bersamaan dengan salep permethrin agar lebih efektif dalam menyembuhkan scabies.

6. Antibiotik

Salep antibiotik biasanya digunakan ketika scabies yang terjadi telah menimbulkan komplikasi dan menyebabkan penyakit lainnya akibat infeksi bakter. Oleh karena itu antibiotik sangat diperlukan guna mencegah terjadinya infeksi lain akibat bakteri

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

7. Kortikosteroid

Sama seperti obat-obatan di atas, obat kortikosteroid tersedia dalam bentuk topikal. Obat ini biasanya diberikan jika gatal yang dirasakan penderita sudah tidak tertahankan. Obat ini dapat meringankan gatal dan peradangan yang terjadi.

Menurut dr. Amanda Ismoetia, tim dokter Lifepack, Penyakit scabies adalah jenis penyakit menular, penyakit ini bisa menular melalui pakaian, handuk dan alas tidur yang digunakan secara bersamaan. Penyakit scabies terjadi juga pada orang yang kebersihan nya rendah, seperti jarang mengganti sprei tempat tidur, jarang memvacuum / menjemur tempat tidur, karpet dan gorden. Karena sifat dari kutu sarcoptes scabiei adalah senang dalam tempat yang berserat,lembab dan jarang dibersihkan. Jangan sembarangan meminum antibiotik tanpa indikasi yang jelas, karena fungsi utama antibiotik adalah membunuh bakteri bukan kutu. Meminum antibiotik irrasional dapat menyebabkan resistensi kuman akibat penggunaan antibiotik yang tidak tepat sasaran. Konsultasikan pada dokter jika mengalami penyakit ini karena dibutuhkan pengobatan yang lengkap dan tepat agar kutu sarcoptes scabiei benar-benar mati dan tidak menimbulkan gejala berulang.

Salah satunya bisa diobati dengan Scabimite Cream (mulai 60rb). SCABIMITE CREAM adalah obat topikal yang mengandung Permethrin yang digunakan untuk mengobati infeksi kulit skabies yang disebabkan oleh Tungau (mite) Sarcoptes scabiei. Permethrin merupakan obat golongan Pyrethrin yang bekerja dengan cara membunuh tungai beserta telurnya. SCABIMITE CREAM digunakan dengan cara mengoleskan cream keseluruh tubuh termasuk wajah, leher, kulit kepala dan telinga. Setelah 8-24 jam, obat dibilas dengan cara dicuci menggunakan sabun. Pengobatan dapat diulangi setelah 1 minggu. Dalam penggunaan obat ini HARUS SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER.

Itulah informasi mengenai scabies dan daftar obat scabies yang djual di apotek. Semoga bermanfaat!

Jaminan Lifepack untuk Anda

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Dapatkan rekomendasi vitamin harian personal kamu, dari A ke Z(inc) hanya di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman