Bagi pasien pengidap penyakit diabetes tentunya tidak asing dengan obat bernama “Linagliptin”. Linagliptin merupakan obat diabetes oral yang berfungsi sebagai pengendali kadar gula darah. Proses kerja obat Linagliptin secara inti digunakan untuk mengatur kadar insulin yang diproduksi tubuh setelah proses makan ataupun minum.

Perlu diketahui bahwasanya obat Linagliptin hanya dapat digunakan pada diabetes tipe 2. Selain itu, obat Linagliptin tidak diperbolehkan untuk terapi obat bagi penderita diabetes tipe lain seperti tipe 1 dan ketoasidosis. Dianjurkan bagi para pasien diabetes, dalam penggunaan obat Linagliptin diimbangi dengan pola gaya hidup sehat yang seimbang.

Informasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Linagliptin merupakan obat anti diabetes yang dikonsumsi dengan cara diminum. Obat Linagliptin diperjualbelikan menggunakan merek dagang Trajenta. Sedangkan fungsi dari obat ini adalah mengatasi kadar gula darah tinggi dalam suatu tubuh. Linagliptin berfungsi sebagai obat terapi pada pasien diabetes tipe 2.

Obat Linagliptin berfokus untuk mengurangi kadar gula darah, utamanya pasien diabetes tipe 2 bagi remaja dan orang dewasa. Pengobatan terapi ini berfokus ke perubahan pola hidup seimbang dan sehat. 

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Linagliptin sebagai obat terapi diabetes, sebaiknya Anda memastikan beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Diantaranya apakah ada keluhan alergi berdasarkan komposisi yang terkandung. Jika perlu konsultasikan riwayat dan keluhan bersama dokter kepercayaan Anda.

Dosis

Dosis penggunaan obat Linagliptin pada umumnya ialah satu tablet (5mg) sekali dalam sehari. Pada dosis yang tertera pula memberi keluasan pada pengguna dengan atau tanpa makanan terlebih dahulu. Sehingga obat ini diklaim aman apabila dikonsumsi saat kondisi perut kosong. Namun kembali terhadap kebutuhan pasien.

Namun pada dasarnya, usahakan untuk konsultasi terlebih dahulu pada dokter kepercayaan Anda. Bicarakan keluhan serta rekomendasi yang tepat dari dokter ataupun apoteker. Hal ini berkaitan dengan indikasi jangka panjang yang akan terjadi. Mungkin dokter Anda akan membuat resep Linagliptin bersama dengan obat antidiabetes oral lainnya.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Kontraindikasi yang mungkin terjadi pada konsumsi obat Linagliptin bersama obat lainnya, diantaranya ialah kegagalan fungsi salah satu pihak. Jika pada seorang pasien dinyatakan mengidap beberapa penyakit sehingga membutuhkan beberapa obat. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan, agar tidak terjadi kesalahan yang fata.

Kelompok Orang Berisiko

Mungkin jika orang tersebut mengidap alergi terhadap komposisi obat, akan mengalami gejala seperti sakit kepala dan nyeri sendi. Jika mengalami beberapa kontraindikasi seperti bengkak, kehilangan selera makan, sakit perut dan sebagainya. Segera hubungi dokter kepercayaan anda untuk pertolongan lebih lanjut.

Efek Samping

Tiap penggunaan obat tentunya memiliki efek samping yang berbeda-beda tergantung pengguna dan penggunaannya. Oleh sebab itu, jika akan menggunakan suatu obat baik pencegah, terapi, maupun pengobatan. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang ahli pada bidangnya. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan penggunaan jangka panjang.

Pada dasarnya efek samping yang terjadi pada penggunaan obat Linagliptin adalah sakit kepala dan nyeri sendi. Hal ini berkaitan dengan gejala awal yang akan terjadi pada pengguna obat tersebut. Pada dasarnya setiap gejala awal yang ditimbulkan dari penggunaan masing-masing obat, mengalami kemiripan sekilas antara pengguna satu dengan pengguna lainnya.

Namun jika pada penggunaan obat Linagliptin menimbulkan gejala efek samping seperti; ruam, gatal dan kulit mengelupas, bengkak, sesak napas, suara serak, sakit perut, mual muntah, serta kehilangan selera makan. Dianjurkan untuk menghentikan penggunaan, serta berkonsultasi terhadap dokter kepercayaan Anda.

Cara Konsumsi

Linagliptin merupakan salah satu obat yang dapat dikonsumsi dengan cara mudah. Obat ini dapat dikonsumsi dengan cara diminum baik bersamaan dengan obat lain maupun sesuai anjuran dokter pada umumnya. Namun untuk mengetahui penggunaan obat lain secara bersamaan, disesuaikan dengan rekomendasi konsultasi pada dokter yang terkait dalam bidangnya.

Obat linagliptin dikonsumsi dalam batas wajar yaitu 1 kali sehari. Perlu diperhatikan bagi pengguna obat ini untuk tidak mengurangi atau menambahkan dosis yang telah diresepkan oleh dokter. Obat ini pun tergolong bukan obat yang diperjualbelikan secara terbuka di khalayak umum. Namun harus sesuai resep dari dokter maupun apoteker yang ada.

Konsumsi obat Linagliptin secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal. Untuk membantu tingkat optimal penggunaan obat ini, konsumsi setiap hari pada waktu yang bersamaan. Sehingga tidak akan terjadi risiko penambahan atau pengurangan dosis. Imbangi dengan pola pikir dan gaya hidup yang sehat supaya menunjang kondisi tubuh yang maksimal.

Sekedar informasi bagi para pengguna yang ingin menyimpan obat Linagliptin secara aman, disarankan untuk menyimpan pada suhu ruangan 25 derajat Celcius. Jauhkan penggunaan cahaya berlebih serta simpan di dalam ruangan dengan kelembaban tinggi. Namun jika memungkinkan, dapat pula berkonsultasi lebih awal dengan dokter atau apoteker kepercayaan Anda.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?