fbpx

Lansoprazole Obat: Kegunaan dan Cara Konsumsi yang Benar

Mei 28, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Pernahkah Anda mendengar obat Lansoprazole? Ya, lanzoprazole, obat ini merupakan obat yang biasa digunakan pada penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), suatu kondisi di mana aliran asam lambung naik ke kerongkongan dan dapat menyebabkan iritasi pada kerongkongan. Namun dalam konsumsinya, banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Simak ulasan berikut yang telah Tim Lifepack rangkum untuk Anda.

Kegunaan Obat Lansoprazole

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa obat ini biasa digunakan dalam pengobatan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Obat ini digunakan untuk mengobati GERD dengan cara menurunkan keasaman lambung. Lansoprazole dapat mengurangi gejala GERD dan membantu mengobati kerusakan yang terjadi pada kerongkongan/esofagus.

Selain itu lansoprazole juga dapat digunakan untuk mengobati tukak (luka di lapisan perut atau usus), untuk mencegah lebih banyak tukak muncul terutama pada orang dewasa, dan untuk mengurangi risiko orang dewasa untuk menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid ( NSAID) yang dapat memperburuk tukak. Lansoprazole bisa digunakan dengan kombinasi bersamaan obat lain untuk mengobati dan mencegah tukak lambun yang disebabkan oleh bakteri jenis tertentu (H. pylori).

Obat ini juga digunakan untuk mengobati kondisi di mana perut menghasilkan terlalu banyak asam, seperti sindrom Zollinger-Ellison yang terjadi pada orang dewasa. Lansoprazole termasuk dalam kelas obat yang disebut inhibitor pompa proton yang bekerja dengan mengurangi jumlah asam yang dibuat dalam perut.

Cara Konsumsi Obat Lansoprazole

Lansoprazole tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan injeksi. Lansoprazole biasanya diminum sehari sekali, sebelum makan. Ketika diminum bersamaan dengan obat lain untuk menghilangkan H. pylori, resep obat ini biasanya diminum dua kali sehari (setiap 12 jam) atau tiga kali sehari (setiap 8 jam), sebelum makan, selama 10-14 hari.

Dalam mengkonsumsi obat ini, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Ikuti petunjuk pada label resep dengan hati-hati, dan minta dokter atau apoteker untuk menjelaskan bagian yang tidak Anda mengerti.

Peringatan

Jangan konsumsi obat ini jika Anda memiliki alergi lansoprazole, atau bahan yang mungkin terdapat dalam kapsul atau tablet secara oral. Anda juga perlu memberi tahu dokter jika Anda mengonsumsi obat-obatan lain, misalnya rilpivirine, karena Anda mungkin akan tidak disarankan untuk menggunakan lansoprazole jika sedang mengkonsumsi obat ini.

Anda juga sebaiknya mengonsultasikan kepada dokter jika dalam keadaan hamil atau ingin melakukan program kehamilan. Beritahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi suplemen atau vitamin lain untuk mencegah terjadinya interaksi obat.

Itulah beberapa informasi mengenai obat ini. Jika Anda ingin mengkonsumsi obat ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapat saran penggunaan obat yang baik sesuai kondisi tubuh Anda.

Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis