fbpx

Lactobacillus Bifidobacterium Bifidum R0071

Nov 6, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf L | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Lactobacillus Bifidobacterium Bifidum  R0071 adalah dua buah bakteri yaitu L.  acidophilus dan Bifidobacterium yang biasa digunakan dalam pembentukan yoghurt di mana kedua bakteri tersebut menghambat Helicobacter Pylori. Kedua bakteri ini dikelompokkan dalam sebagai bakteri asam laktat yang digolongkan pada probiotik yaitu mikroba yang hidup dalam saluran pencernaan dan memperbaikinya sehingga dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Dalam sehari-hari produk yang dapat ditemui terkait dengan dua bakteri ini adalah yoghurt, suplemen kapsul, dan serbuk (Baca juga 5 Faktor Penyebab Munculnya Alergi yang Perlu Anda Waspadai).

Informasi

Lactobacillus Bifidobacterium Bifidum R0071 adalah probiotik yang hidup dalam pencernaan manusia dan hewan. Saat ini, kedua bakteri tersebut digunakan sebagai probiotik dalam pembuatan yoghurt dan produk olahan susu lainnya. Di mana bakteri ini di buat dalam bentuk serbuk dan kapsul. Bakteri ini memiliki karakteristik tidak mempunyai spora, tidak bergerak, berbentuk batang,  bakteri anaerob, memiliki persen guanosin-sitosin yang tinggi yaitu sekitar 57%. Sel pada bakteri ini umumnya terlihat berpasangan X dan Y. Bakteri ini hidup di saluran vagina dan sekitar usus besar yaitu membran mukus.

Manfaat bakteri ini dapat menghambat patogen lain dalam tubuh dan mencegah perkembangbiakannya. Sebagai contoh Candida Albicans, dengan pertumbuhan bakteri probiotik yang pesat, patogen ini tak dapat bertahan dan akan ke luar dari tubuh melalui saluran pencernaan. Bakteri yang dapat hidup dalam kondisi tanpa oksigen ini, dapat melindungi tubuh tubuh dari bakteri yang membutuhkan tempat basa dan oksigen untuk hidup.

lactobacillus bifidobacterium bifidum
Lactobacillus Bifidobacterium Bifidum R0071 adalah 2 buah bakteri yaitu L. acidophilus dan Bifidobacterium digunakan dalam pembuatan yoghurt.

Bakteri ini, membantu mencegah pengubahan makanan dan air dari nitrat menjadi nitrit, yang notabene adalah zat pembentuk kanker. Selain itu, bakteri ini membantu dalam pengaturan diet pada orang dengan gangguan penyakit hati. Dan juga, vitamin B-kompleks yang dihasilkan oleh bakteri ini dapat membantu kesehatan tubuh. Bakteri ini mampu meningkatkan manfaat mineral bagi tubuh seperti seng, kalsium, besi, magnesium. 

Selain itu, probiotik bermanfaat untuk kesehatan. Maka dari itu, probiotik dikenal juga dengan sebutan bakteri baik. Kegunaannya dapat menambah jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan. Sehingga bakteri baik itu, nantinya akan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan kekebalan tubuh. Serta mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Seperti diare, menjaga keseimbangan bakteri yang ada di saluran cerna, serta memperbaiki usus yang memiliki gangguan kemampuan penyerapan laktosa.

Dosis

Dosis pemakaian terbagi menjadi dua golongan yaitu serbuk dan kapsul. Karena, di pasaran probiotik ini dijual dalam bentuk serbuk dan kapsul. Biasanya, bentuk serbuk digunakan untuk anak-anak dan kapsul digunakan untuk orang dewasa.

Serbuk

Produk digunakan pada anak usia minimal 3 tahun dengan ketentuan penggunaan sebagai berikut:

  • Membantu membangun imunitas tubuh
    1. 1 sachet sehari untuk anak di bawah usia tiga tahun
    2. 2 sachet sehari untuk anak di atas usia tiga tahun
  • Menyembuhkan Pencernaan
  • 1-2 Sachet sehari untuk anak di bawah usia tiga tahun 
  • 3-4 sachet sehari untuk anak usia di atas tiga tahun
  • Kapsul

Digunakan untuk dewasa dengan ketentuan sebagai berikut:

  • 1 kapsul sehari bisa dimakan sebelum atau sesudah makan.

Kontraindikasi

  • Produk probiotik dengan menggunakan bakteri Lactobacillus Bifidobacterium Bifidum R0071 ini saat ini tidak memiliki efek yang serius. Namun, dalam penggunaannya disarankan mengikuti petunjuk pemakaian dan konsultasikan dengan dokter. Pada beberapa orang dengan gangguan berikut, akan semakin parah jika mengkonsumsi probiotik.
  • Pasien penderita sistem kekebalan tubuh yang rendah probiotik ini dapat memperparah kondisi.  
  • Jika pasien dengan riwayat alergi laktosa dan susu tidak diperkenankan mengkonsumsi probiotik ini. 
  • Pasien yang sedang menjalani kemoterapi.

Interaksi dengan Obat Lain

Pada wanita sehat yang mengkonsumsi vitamin B1 dan B2 terlihat kenaikan kadar kedua vitamin tersebut setelah dua minggu pemakaian.

Pada orang dengan pemakaian obat-obatan lain seperti produk suplemen dan herbal. Konsultasikan kepada dokter sebelum menggunakan probiotik ini.

Kelompok Orang yang Beresiko

  • Orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh
  • Bayi dan anak di bawah usia tiga tahun
  • Orang dengan gangguan pankreas
  • Orang dengan diare akut
  • Pada orang yang baru selesai mengalami operasi bedah dengan pemakaian kateter
  • Orang dengan sindrom usus pendek.
  • Orang dengan alergi susu dan laktosa

Efek Samping

Meskipun produk ini tergolong aman digunakan. Namun, pada beberapa kasus yang jarang terjadi, probiotik ini dapat memicu keadaan sebagai berikut.

  • Gangguan ringan pada pencernaan. Pada beberapa hari setelah mengkonsumsinya perut akan terasa kembung, diare, sakit perut.
  • Pada pasien dengan gangguan sistem imun, suplemen ini justru akan memperburuk keadaannya. Maka berhati-hatilah.
  • Selain dapat membunuh bakteri jahat, produk probiotik ini pada kondisi tertentu dapat memicu infeksi virus.
  • Gejala alergi susu pada pasien dengan alergi susu dan laktosa.

Cara Konsumsi

 Sebelum mengkonsumsi probiotik ini, sebaiknya Anda melihat petunjuk pada kemasan. Lebih bagus jika berkonsultasi dengan dokter. Produk probiotik ini, dapat dikonsumsi dengan dicampurkan pada susu, makanan, dan air putih. Hal ini dapat membantu rasa tidak nyaman ketika mengkonsumsinya. Tidak masalah digunakan sebelum atau sesudah makan. Namun, setiap produk, berbeda cara konsumsinya. Maka, perhatikanlah petunjuk yang tertera pada kemasan.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis