fbpx
BerandaObatKetahui 7 Golongan Obat yang Bisa Dibeli di Apotek

Kebutuhan obat setiap individu sangat berbeda untuk setiap orangnya. Namun, pembelian obat tidak bisa dilakukan sembarangan karena penggunaan obat harus sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan pasien. Karena itulah obat dibagi lagi menjadi 7 golongan tergantung dari kandungannya. Ketahui 7 golongan obat yang bisa dibeli di apotek seperti berikut.

golongan obat

Obat bebas

Sesuai namanya, golongan obat bebas boleh dibeli secara bebas tanpa menggunakan resep dokter. Sesuai peraturan, obat bebas yang seringkali disebut juga obat over-the-counter (OTC) akan memiliki logo lingkaran berwarna hijau bertepi hitam.

Obat bebas seringkali dijual untuk mengatasi penyakit-penyakit dengan gejala ringan seperti demam, pilek, batuk, dan pusing. Anda bisa menemukan beragam obat bebas di toko-toko selain apotek seperti supermarket atau warung.

Walaupun bebas untuk dibeli, obat bebas juga harus digunakan sesuai anjuran yang ada di kemasan. Efek samping obat bebas juga justru dapat berbahaya jika digunakan tidak sesuai dengan anjuran atau secara berlebihan.

Obat bebas terbatas (OBT)

Golongan obat keras yang penyerahannya bisa tanpa resep dokter adalah obat bebas terbatas. Obat ini memang tidak memerlukan resep dokter, namun penggunaannya tetap harus sesuai dengan anjuran khusus. Obat bebas terbatas memiliki logo berwarna biru bertepi hitam yang bisa didapatkan di apotek.

Penggunaan obat bebas terbatas dapat dilihat pada kemasan. Adapun 6 tanda peringatan obat bebas terbatas sebagai berikut:

Jaminan Lifepack untuk Anda

P No 1. Awas! Obat keras

Bacalah aturan pemakaiannya

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

P No 2. Awas! Obat keras

Hanya untuk kumur, jangan ditelan

P No 3. Awas! Obat keras

Hanya untuk bagian luar badan

Jaminan Lifepack untuk Anda

P No 4. Awas! Obat keras

Hanya untuk dibakar

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

P No 5. Awas! Obat keras

Tidak boleh ditelan

P No 6. Awas! Obat keras

Obat wasir jangan ditelan

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat keras

Golongan obat keras seringkali dikenal juga sebagai obat resep. Memiliki logo berwarna merah terang dan garis tepi berwarna hitam dan huruf K di tengah menyentuh garis tepi, obat keras hanya bisa dibeli menggunakan resep dokter.

Golongan ini pada umumnya digunakan untuk mengobati penyakit kronis atau parah. Salah satunya adalah Acetensa 50MG 30 Tablet – Obat Hipertensi (Rp372.000). Kandungan obat keras juga pada umumnya memiliki kadar tinggi sehingga tidak bisa digunakan secara sembarangan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda bisa membelinya di apotek dengan menggunakan resep dokter. Maka dari itu, lakukan dulu konsultasi untuk mendapatkan obat keras yang sesuai.

Obat golongan narkotika

Obat narkotika hanya boleh dibeli menggunakan resep dokter dan dapat menyebabkan ketergantungan secara secara fisik dan psikis. Jika tidak digunakan sesuai dengan aturan dan anjuran dokter, obat narkotika dapat berakibat buruk bagi kesehatan hingga mengancam nyawa. 

Golongan obat ini pada umumnya dibuat dari tanaman atau non-tanaman sintetis maupun semi sintetis. Produksi dan penggunaan obat golongan narkotika sangatlah terbatas.

Maka dari itu, obat golongan narkotika hanya bisa didapatkan dari dokter secara resmi. Dokter pun harus memberikan resep dengan detail data dan tanda tangan. Resep pun tidak bisa disalin.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat herbal

Pengobatan herbal pada umumnya dibuat dengan kandungan bahan-bahan alami. Golongan yang satu ini dapat dibedakan lagi menjadi 3, yaitu:

Obat jamu

Obat jamu adalah ramuan yang diproduksi secara tradisional hingga menjadi bentuk serbuk seduhan, pil, atau cairan. Kandungan obat jamu seringkali terdiri dari bahan-bahan alami seperti tanaman, binatang, maupun mineral. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jamu telah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia secara turun-menurun selama ratusan tahun untuk menjadi pengobatan alternatif beberapa penyakit.

Obat herbal terstandar

Golongan obat ini dibuat secara tradisional dengan cara diramu hingga menjadi ekstrak atau penyaringan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami ini sangat bermacam-macam sama seperti obat jamu.

Walaupun dibuat secara tradisional, golongan ini telah memiliki penelitian ilmiah terkait standar kandungan bahan berkhasiat, standar pembuatan ekstrak tanaman obat, standar pembuatan obat tradisional yang higienis, dan uji toksisitas akut maupun kronis.

Obat fitofarmaka

Fitofarmaka adalah bentuk obat tradisional yang dibuat dari bahan alami yang setara dengan obat modern. Proses pembuatan obat fitofarmaka telah memiliki standarisasi yang diperkuat dengan bukti ilmiah dan uji klinik pada manusia.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ketiga obat ini memiliki logo yang serupa namun berbeda. Obat fitofarmaka memiliki logo kristal berwarna hijau dengan garis hijau. Sedangkan, obat jamu memiliki logo pohon berwarna hijau dengan garis lingkaran hijau. Yang terakhir, obat herbal terstandar dibedakan dengan logo tiga bintang warna hijau dengan garis hijau pula.

Golongan obat herbal pada umumnya dapat dibeli tanpa harus menggunakan resep dokter. Namun, pemakaian obat juga tentunya harus mengikuti anjuran pada kemasan. Walaupun obat herbal dibuat dari bahan alami, pemakaian yang tidak sesuai juga tetap dapat memberikan efek samping berbahaya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah tadi 7 golongan obat yang Anda bisa dapatkan di apotek. Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir. 

Layanan Lifepack tersedia secara online yang juga menawarkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin. Jangan ragu untuk kunjungi juga Apotek offline Lifepack yang bertempat di Jakarta dan Surabaya.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

resep obat luka lambung

8 Resep Obat Luka Lambung di Apotek

Obat   06/06/2022
obat bebas apotek

Obat Wajib Apotek, Apa Saja?

Obat   03/06/2022
obat racikan

Pahami Obat Racikan, Tidak Bisa Dibeli Sembarangan

Obat   31/05/2022
obat keputihan di apotek

5 Obat Keputihan di Apotek

Obat   27/05/2022
obat biduran di apotek

10 Obat Biduran Terbaik di Apotek

Obat   27/05/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman