fbpx

Hydroxypropyl Methylcellulose (HPMC)

Sep 10, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf H | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Anda tentu sering mendengar produk yang digunakan untuk mengatasi mata kering dan iritasi bukan? Mata kering dan iritasi disebabkan oleh mata yang tidak memperoleh pelumas yang mencukupi dari air mata. Oleh sebab itu gunakanlah obat tetes mata yang mengandung obat pelumas mata untuk mengatasi hal ini. 

Informasi 

Hydroxypropyl methylcellulose atau disingkat sebagai HPMC merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi iritasi pada mata. Selain itu, obat yang juga dikenal dengan nama hypromellose ini digunakan untuk mengatasi mata yang kering. Obat Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) tergolong ke dalam golongan pelumas mata karena digunakan untuk mengatasi keluhan yang terjadi di bagian mata.

HPMC juga dimanfaatkan untuk mengatasi masalah menurunnya sensitivitas pada kornea serta gangguan radang kornea mata atau disebut sebagai keratitis. Kinerja obat Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) dapat melindungi mata dari masalah berupa infeksi ataupun cedera yang menyebabkan mata menjadi sakit. 

Dosis 

Dosis obat tetes mata mengandung Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) disesuaikan dengan kebutuhan atau gangguan yang dialami pada mata. Dosis yang umum diberikan untuk pasien dewasa adalah:

Untuk Pengobatan Mata Kering 

Dalam bentuk sediaan obat tetes mata (ophthalmic), obat Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) diberikan sebanyak 1 hingga 2 tetes pada mata yang mengalami masalah. Gunakan larutan tetes mata dengan kadar Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) sebesar 0,3 sampai 1%

Untuk Melindungi Kornea Mata Ketika Prosedur Gonioscopy

Selama dilakukannya prosedur gonioscopy, obat tetes mata (ophthalmic) yang diberikan hingga mencapai larutan 2,5% kadar Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC). 

Untuk Tambahan Pada Ophthalmic Surgery

Dosis dewasa untuk prosedur ini diberikan hingga mencapai dosis intraocular sebanyak 2%.

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain 

Penggunaan beberapa jenis obat dengan obat-obatan yang lain secara bersamaan kemungkinan besar dapat berinteraksi dan menimbulkan masalah atau menurunkan efektivitas obat tersebut. Anda sebaiknya memberitahu dokter apabila Anda sedang menggunakan obat yang lain baik obat resep, produk herbal hingga suplemen untuk menghindari penggunaan obat yang dapat meningkatkan efek samping atau menurunkan efektivitasnya.

Kelompok Orang Berisiko 

Orang yang memiliki riwayat alergi terhadap penggunaan obat yang mengandung Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC), maupun obat-obatan lainnya, makanan dan sebagainya sangat diharuskan untuk memberi tahu ke dokter mengenai riwayat tersebut. Anda juga harus memberitahukan gejala alergi yang dialami kepada dokter. 

Selain itu, wanita yang berencana hamil, wanita hamil dan menyusui sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu apabila ingin menggunakan obat Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC). Dokter mungkin akan meresepkan obat Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) apabila manfaat yang diperoleh lebih besar ketimbang risiko yang ditimbulkan. 

Selain itu, wanita yang menyusui juga sebaiknya memberitahu dokter apakah aman menggunakan Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) karena dikhawatirkan obat akan terserap ke dalam pembuluh darah.

Efek Samping

Efek samping penggunaan obat tetes mata dengan kandungan Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) mungkin jarang menimbulkan reaksi alergi. Hanya saja pada beberapa kasus ada pasien yang mengalami efek samping yang cukup parah atau sedang setelah menggunakan obat ini. 

Bagi mereka yang memang sensitif atau memiliki riwayat alergi terhadap Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC), penggunaan obat ini bisa menimbulkan reaksi alergi seperti:

  • Rasa gatal dan timbul kemerahan pada kulit
  • Kulit membengkak dan melepuh atau kulit mengelupas di beberapa bagian tubuh baik disertai atau tidak disertai dengan demam sebelumnya
  • Bersin-bersin
  • Rasa sesak di area dada dan juga tenggorokan
  • Kesulitan untuk bernapas dan menelan makanan dan minuman
  • Perubahan suara yang tidak normal seperti serak secara mendadak
  • Bengkak di area lidah, mulut, bibir, wajah dan tenggorokan

Sementara efek samping yang biasanya timbul adalah:

  • Kaburnya penglihatan
  • Perubahan pada kemampuan penglihatan
  • Penurunan kemampuan penglihatan
  • Kehilangan kemampuan penglihatan

Hanya saja efek samping ini biasanya bersifat sementara dan tidak membutuhkan penanganan medis. Namun apabila dirasa mengganggu sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter. 

Cara Konsumsi

Jangan gunakan obat Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) pada mata yang masih menggunakan lensa kontak. Segera lepaskan lensa kontak sebelum mengaplikasikan obat ini ke mata. Segera tutup penutup botol setelah Anda menggunakan obat ini. Beberapa sediaan obat mata yang mengandung Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) mungkin harus dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Anda bisa membaca apakah produk harus dikocok terlebih dahulu atau tidak melalui botol kemasan obat.

Bersihkan tangan Anda terlebih dahulu sebelum dan sesudah menggunakan obat. Setelah obat ini diteteskan ke area mata, tutup mata selama beberapa saat dan gerakkan otot mata ke dalam untuk menekan cairan ini ke dalam mata. Lakukan hal ini selama kurang lebih 1 hingga 2 menit untuk memastikan obat tetap berada dalam mata.

Jangan menggandakan dosis apabila Anda terlupa dosis yang sebelumnya. Segera gunakan obat apabila Anda terlupa jadwal penggunaan rutin sebelumnya selama belu mendekati jadwal pemakaian berikutnya. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis