fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Histidine atau histidin merupakan salah satu jenis asam amino dasar yang terkandung dalam protein. Senyawa histidin ini bagi manusia sangat dibutuhkan sebagai asam amino esensial untuk anak-anak. Histidin ini adalah zat asam amino dasar yang berperan penting untuk proses sintesis purin. 

Beberapa penelitian menyatakan bahwa histidin ini dapat dikonversikan menjadi berbagai zat seperti histamine, glutamat, atau pun hemoglobin. Para pakar peneliti juga mengungkapkan bahwa histidin menjadi sumber zat prekursor histamin dimana zat histamine merupakan zat yang sangat penting pada area saraf dan karnosin. 

Informasi

Ada banyak manfaat yang terkandung dalam histidin sebagai detoksifikasi di dalam tubuh. Histidin ini menjadi salah satu asam amino yang terbukti membantu meningkatkan kesehatan secara optimal. Kemampuan histidin dapat memperkuat sel saraf mielin yang ada di otak untuk menyalurkan impuls ke seluruh tubuh sehingga menghindari terjadinya risiko gangguan mental. 

Histidin juga mampu mengatasi permasalahan disfungsi seksual, karena berdasarkan hasil penelitian histidin yang masuk ke dalam tubuh lalu berubah menjadi histamine maka senyawa kimia itu akan meningkatkan gairah seksual Anda. Tingkat seksualitas akan semakin meningkat jika Anda menambah konsumsi makanan yang terdapat kandungan vitamin B3 dan B6. 

Jika kadar histidin telah memenuhi kebutuhan tubuh maka kesehatan mental dan fisik akan lebih optimal, sehingga kecil kemungkinan Anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit serta mampu berpikir lebih baik. Fungsi histidin sebagai detoksifikasi dimana zat ini mampu membantu mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh serta mampu melindungi tubuh terhadap radiasi ataupun zat logam yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Dosis

Pemberian dosis pada histidin harus disesuaikan dengan anjuran dan instruksi dari dokter berdasarkan kondisi medis pasien. Beberapa faktor lain yang memengaruhi dosis setiap orang berbeda-beda yaitu faktor usia, jenis kelamin dan riwayat penyakit tertentu yang dialami pasien. 

Secara umum, takaran dosis yang tepat untuk penggunaan histidine yaitu 4 gram setiap hari. Dosis tersebut sudah termasuk dalam takaran cukup untuk memenuhi kebutuhan asam amino di dalam tubuh. 

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Anda sebaiknya menghubungi dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan histidine jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain seperti suplemen, vitamin dan obat herbal lain. Hal itu dikarenakan akan terjadi kontraindikasi yang dapat memengaruhi kinerja dari histidine. 

Kelompok Orang Berisiko

Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, maka sebaiknya konsultasikan lebih dulu kepada dokter sebelum menggunakan histidine untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Anda juga perlu berhati-hati jika Anda sering mengonsumsi alkohol atau perokok aktif, Anda perlu menghubungi dokter sebelum menggunakan histidine.

Efek Samping

Berdasarkan pakar penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan histidine secara berlebihan justru mengurangi efektivitas dari kinerja zat tersebut. Histidine juga terdapat efek samping yang mungkin timbul setelah menggunakannya, beberapa efek samping yang ditimbulkan antara lain:

  • Terjadinya obesitas pada tubuh
  • Gangguan organ tubuh seperti ginjal
  • Fungsi organ tubuh yang menurun

Secara mekanisme, bagi Anda yang berlebihan dalam mengonsumsi asam amino yang terdapat pada histidine, maka organ ginjal Anda akan bekerja lebih ekstra dalam menguraikannya serta membersihkan darah dalam tubuh, sehingga kinerja dari ginjal yang sedang menurun metabolismenya atau terjadi kelelahan dapat mengakibatkan penurunan fungsi pada organ ginjal tersebut. 

Dampak efek samping jika Anda kekurangan asam amino pada histidine, maka hal yang akan terjadi adalah sistem pada pencernaan tubuh menjadi terhambat. Hal itu dikarenakan pencernaan memerlukan protein pendukung untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh Anda.

Jika asupan asam amino atau protein pada tubuh kurang tercukupi maka sistem pencernaan tubuh Anda dapat terganggu. Asam amino pada histidine fungsinya dapat mendorong penyusunan nutria protein yang dibutuhkan di dalam tubuh. Jika Anda kekurangan proteinnya, maka pertumbuhan tubuh Anda menjadi terhambat, otot pada tubuh menjadi tidak berkembang, fungsi otot melemah dan lain-lain.

Bila Anda merasa ragu dengan efek samping, baik disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan histidine maka Anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui gejala pasti yang Anda alami terhadap penggunaan histidine. 

Cara Konsumsi

Penggunaan histidine tentunya harus sesuai dengan saran dan instruksi dari dokter. Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi secara berlebihan atau mengurangi dosis tanpa resep dari dokter. Penggunaan histidine harus selalu rutin dan teratur agar mendapatkan hasil dan manfaat kesehatan yang optimal. 

Kebutuhan asam amino memang diperlukan oleh tubuh, maka pastikan Anda selalu mengonsumsi histidine setiap hari untuk memenuhi protein dalam tubuh. Agar Anda tidak ragu dalam pemenuhan kebutuhan asam amino dalam tubuh, Anda sebaiknya menghubungi pakar kesehatan atau dokter spesialis Anda untuk berkonsultasi mengenai penggunaan histidine secara tepat. Jika kondisi tubuh Anda semakin memburuk setelah penggunaan histidine, Anda juga harus segera menghubungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis