fbpx
BerandaHidup SehatHari Disabilitas Internasional

Menurut WHO, disabilitas merupakan bagian dari menjadi manusia. Hampir semua orang akan mengalaminya baik secara temporal maupun permanen pada beberapa titik hidupnya. Lebih dari satu miliar atau sekitar 15% orang di dunia hidup dengan disabilitas, dan angka ini terus bertambah. Bahkan sekitar 90 juta (3,8%) orang yang berusia 15 tahun ke atas mengalami kesulitan dalam beraktivitas dan kebanyakan membutuhkan pelayanan kesehatan. Meningkatnya akan ini disebabkan oleh tren demografis dan penyakit kronis yang juga semakin meningkat.

disabilitas-adalah-penyandang-disabilitas-hari-disabilitas-internasional

Disabilitas memanglah sangat beragam, bahkan pada beberapa kondisi kesehatan kronis menjadi penyebab dari kecacatan, sehingga mereka sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan mudah dijangkau. Hal ini sesuai dengan Pasal 25 Konvensi PBB tentang Hak-Hak Penyandang Disabilitas yang menegaskan hak penyandang disabilitas untuk mendapatkan standar pelayanan kesehatan tertinggi tanpa diskriminasi.

Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas yang jatuh pada 3 Desember ini, Lifepack ingin mengajak Anda untuk mengenal lebih dalam mengenai disabilitas serta mendukung dan menghilangkan stigma buruk tentang penyandang disabilitas. Karena semua orang memiliki hak dan kesempatan yang sama.

Mengenal Berbagai Tipe Disabilitas

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, disabilitas adalah kondisi dari tubuh atau pikiran yang membuat seseorang mengalami kesulitan dalam melakukan beberapa aktivitas atau untuk berinteraksi dengan hal-hal di sekitar mereka. Terdapat beberapa tipe disabilitas yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam beraktivitas, antara lain:

  1. Penglihatan
  2. Pergerakan
  3. Berpikir
  4. Mengingat
  5. Mempelajari
  6. Berkomunikasi
  7. Mendengar
  8. Kesehatan mental
  9. Hubungan sosial

Menurut WHO, terdapat tiga dimensi disabilitas, antara lain:

  1. Gangguan pada struktur atau fungsi dari tubuh atau mental seseorang, seperti kehilangan penglihatan, anggota tubuh, atau memori.
  2. Keterbatasan beraktivitas seperti kesulitan dalam melihat, mendengar, dan berjalan.
  3. Keterbatasan partisipasi dalam aktivitas sehari-hari seperti dalam bekerja atau terlibat dalam kegiatan sosial.

Apakah Disabilitas Menjadi Masalah Kesehatan Masyarakat?

disabilitas-adalah-penyandang-disabilitas-hari-disabilitas-internasional

Pertanyaan ini mungkin menjadi pertanyaan banyak pihak. Namun menurut WHO sendiri, disabilitas merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang perlu ditangani dengan serius. Terlebih banyak sekali jenis kecacatan yang disebabkan oleh kondisi kesehatan yang buruk, sebut saja stroke atau diabetes. Penyakit-penyakit tersebut dapat menghasilkan kecacatan yang membuat penderitanya memiliki keterbatasan dalam beraktivitas.  dr. Irma Lidia dari Tim Dokter Lifepack juga menyebutkan bahwa beberapa kecacatan tidak langsung terlihat, seperti penyakit mental, nyeri kronis atau kelelahan, gangguan penglihatan atau pendengaran, diabetes, cedera otak, gangguan saraf, kemampuan belajar dan disfungsi kognitif, dan lain-lain. Dengan lebih menyadari hal tersebut, kita dapat membantu penyandang disabilitas dan mencegah beberapa kecacatan dengan perawatan dan terapi yang tepat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain itu, fakta bahwa jumlah penyandang disabilitas yang terus meningkat secara signifikan juga menjadikannya masuk ke dalam permasalah kesehatan masyarakat yang perlu dibenahi. Mengingat banyak sekali fasilitas publik termasuk dalam sektor kesehatan yang belum ramah terhadap penyandang disabilitas. Padahal penyandang disabilitas memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

Cegah Disabilitas, Apakah Bisa?

Meski sebenarnya banyak sekali kecacatan yang merupakan bawaan lahir, namun ternyata beberapa kecacatan juga dapat dicegah loh! Disabilitas dapat dicegah, terutama kecacatan yang disebabkan oleh penyakit-penyakit kronis. Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya bagaimana cara mencegahnya? Ya, cara mencegahnya adalah dengan mencegah penyakit kronis itu sendiri.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda dapat mulai melakukan gaya hidup yang lebih sehat untuk mencegah terjadinya penyakit kronis seperti stroke, diabetes, penyakit jantung, penyakit ginjal, dan penyakit-penyakit kronis lainnya.

Mulai mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti memperbanyak porsi buah dan sayur, serta mengurangi konsumsi lemak jenuh dan trans dapat mencegah obesitas yang merupakan faktor risiko dari berbagai penyakit kronis. Hindari perilaku merokok dan konsumsi alkohol berlebih yang dapat berdampak buruk pada kondisi kesehatan Anda. Mulailah berolahraga secara rutin agar membuat tubuh tetap sehat dan fit. Lakukan aktivitas fisik minimal 30-45 menit sehari. Anda juga perlu istirahat yang cukup dan melakukan manajemen stres agar tubuh dan pikiran tetap sehat. Selain itu, konsumsi vitamin juga jadi hal yang penting sebagai bentuk pencegahan. Tingkatkan daya tubuh dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C seperti Nature’s Plus Vitamin C 500 Mg – 90 Tablet – Daya Tahan Tubuh 500Mg (Rp531.600). Gaya hidup sehat tersebut dapat menghindarkan Anda dari penyakit kronis yang mengakibatkan kecacatan.

Itulah informasi lebih dalam mengenai disabilitas. Semoga dengan informasi ini kita satu langkah lebih maju dalam menghilangkan stigma buruk terhadap penyandang disabilitas dan mendukung segala hak dan kesempatan mereka.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Centers for Disease Control and Prevention. (nd). Disability & Health Overview. Diakses pada 2020.

World Health Organization. 2020. Disability and Health. Diakses pada 2020.

World Health Organization. (nd). Disability. Diakses pada 2020.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. 2018. Disabilitas. Diakses pada 2020.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

interval-vaksin-covid-19-28-hari

Alasan Dibalik Interval Vaksin COVID-19 28 Hari

Hidup Sehat   02/08/2021
vaksin-covid-19-untuk-pengidap-asma

Bolehkah Vaksin COVID-19 untuk Pengidap Asma?

Hidup Sehat   02/08/2021
vaksin-covid-19-untuk-ibu-menyusui

Amankah Vaksin COVID-19 untuk Ibu Menyusui?

Hidup Sehat   02/08/2021
vaksin-untuk-anak

Informasi Vaksin untuk Anak dalam Menghalau COVID-19

Hidup Sehat   02/08/2021
cara-menjaga-stamina

Cara Menjaga Stamina Tubuh di Tengah Pandemi COVID-19

Hidup Sehat   02/08/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman