fbpx
BerandaDiabetesGula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh dr. Irma Lidia

gula basah pada ibu hamil

Penyakit diabetes seringkali disebut sebagai penyakit gula basah oleh masyarakat. Jenis penyakit ini memiliki beberapa tipe, salah satunya adalah tipe gestasional yang hanya diderita oleh ibu hamil. Nyatanya, ciri-ciri penyakit gula basah pada ibu hamil cukup mudah untuk dikenali. Maka sebaiknya waspadai hal ini agar bisa diatasi sedini mungkin sebelum semakin parah. 

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack, diabetes yang terjadi selama kehamilan dapat berdampak negatif pada kesehatan wanita dan bayinya. Gula darah yang tinggi sekitar waktu pembuahan akan meningkatkan risiko bayi lahir cacat, lahir mati, dan kelahiran prematur. Karena itu, lakukan pemeriksaan kehamilan sesuai jadwal dan anjuran dokter sehingga bila ada masalah dapat segera diketahui dan diatasi.

Ibu hamil memang lebih rentan dan cenderung memiliki berbagai risiko komplikasi yang mungkin menyerang tubuhnya. Salah satunya adalah kondisi kadar gula darah yang meningkat atau biasa disebut dengan diabetes gestasional. Tentunya kondisi ini harus diatasi dengan baik agar tidak berkembang menjadi lebih parah dan membahayakan janin. 

Ciri-Ciri Penyakit Gula Basah pada Ibu Hamil

Pada dasarnya, ciri-ciri atau gejala penyakit diabetes hampir sama pada semua orang. Hanya saja, ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang lebih rentan maka gejala yang muncul juga bisa saja sedikit berbeda. Berikut ini adalah beberapa ciri penyakit gula basah yang diderita oleh ibu hamil:

  1. Muncul Sensasi Mulut Kering

Salah satu tanda yang sering ditemui pada ibu hamil yang menderita diabetes gestasional adalah muncul sensasi mulut kering. Pada dasarnya, hal ini disebabkan oleh rasa haus berlebih yang biasanya dialami oleh penderita diabetes. Rasa haus yang berlebihan ini dapat membuat tenggorokan hingga rongga mulut terasa sangat kering.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ibu hamil memang disarankan untuk minum lebih banyak air putih setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Pada ibu hamil yang menderita diabetes, biasanya hasrat untuk minum air meningkat drastis. Kondisi ini menyebabkan mulut lebih sering terasa kering dan bahkan memicu munculnya bibir pecah-pecah.

  1. Rasa Lemas Berlebih

Tubuh lemas juga cukup sering dirasakan oleh ibu hamil, khususnya pada trimester awal kehamilan. Namun, pada ibu hamil yang menderita diabetes gestasional, rasa lemas ini dapat terjadi lebih parah lagi. Ibu hamil yang menderita diabetes gestasional ini bisa merasakan lemas yang luar biasa bahkan sampai tidak bisa beraktivitas ringan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Gejala semacam ini harus diwaspadai dan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Jika dokter kandungan menemui gejala ini, maka biasanya akan dilakukan pemeriksaan kadar gula darah. Jika kadar gula darah memang cukup tinggi, maka dokter akan memberikan tindakan lebih lanjut seperti pemberian obat.

  1. Penglihatan Mulai Buram

Salah satu gejala diabetes gestasional yang bisa dirasakan ibu hamil adalah penglihatannya mulai memburuk atau jadi buram. Penglihatan yang buram ini menyebabkan ibu hamil tidak bisa beraktivitas dengan lancar. Jika ada keluhan penurunan kemampuan penglihatan semacam ini maka sebaiknya langsung dikonsultasikan kepada dokter. 

  1. Frekuensi Buang Air Kecil Bertambah

Sebenarnya sudah menjadi suatu hal yang lumrah jika ibu hamil mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil. Perkembangan janin umumnya akan mendesak kandung kemih sehingga meningkatkan intensitas BAK. Namun, kondisi ini juga bisa menjadi indikasi bahwa sang ibu menderita diabetes gestasional.

Jika frekuensi BAK semakin tinggi dan tidak terasa normal lagi, maka Anda wajib berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika sudah memproduksi urine terlalu kental dan warnanya keruh. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa kadar gula dalam aliran darah terlalu tinggi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Sering Pusing

Banyak juga ibu hamil yang mengalami sakit kepala sebagai tanda kadar gula dalam darahnya meningkat tajam. Rasa pusing yang berlebihan ini bisa menjadi indikasi bahwa sang ibu memang menderita diabetes gestasional. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab pusing, apakah karena peningkatan kadar gula darah atau karena tekanan darah yang rendah.

Menyikapi Ciri-Ciri Penyakit Gula Basah pada Ibu Hamil

gula basah pada ibu hamil

Apa yang sebaiknya dilakukan jika menemui ciri-ciri penyakit gula basah pada ibu hamil ini? Pertama, tentunya jangan panik. Anda bisa mencoba mengubah kebiasaan atau gaya hidup. Terapkan gaya hidup yang lebih sehat dan kurangi konsumsi gula jika dirasa sudah berlebihan makan gula. Kemudian, lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk memastikan status kesehatan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Perlu diketahui bahwa semua gejala ini bisa saja terjadi sebagai ciri umum kehamilan. Ibu hamil memang pada umumnya akan memiliki beberapa keluhan. Namun, jika keluhan tersebut terasa semakin berat dan berkelanjutan, maka wajib dilakukan pemeriksaan. Jangan sampai dibiarkan saja dan akhirnya mengganggu keselamatan janin. Biasanya, dokter akan meresepkan obat seperti Glucovance 1.25 MG/250 MG 100 Tablet – Obat Pengontrol Gula Darah (Rp340.000) yang digunakan untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes gestasional.

Ciri-Ciri Diabetes Menjelang Kelahiran

Saat sudah mendekati waktu kelahiran, gejala penyakit gula basah masih bisa saja ditemui. Jika tidak diterapkan gaya hidup sehat dan tidak diberikan perlakuan atau tindakan khusus, maka penyakit ini dapat masih diderita oleh ibu hamil. Gejala yang muncul menjelang kelahiran juga sama saja dan sebaiknya dilakukan pemeriksaan untuk memastikan.

Jika kadar gula dalam darah sangat tinggi, maka bisa dilakukan pengobatan terlebih dahulu menjelang kelahiran. Dokter juga harus mempertimbangkan cara melahirkan yang aman bagi ibu dengan kondisi kadar gula darah tinggi. Tindakan yang diambil harus mempertimbangkan keselamatan sang ibu dan anak.

Itulah tadi ciri-ciri penyakit gula basah pada ibu hamil yang wajib untuk diwaspadai. Sangatlah penting untuk mengenali setiap perubahan tubuh pada ibu hamil. Segera konsultasikan pada dokter kandungan jika ditemui gejala yang dirasa memberatkan. Terapkan gaya hidup sehat yang aman bagi janin demi menjaga kondisi tubuh.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Lifepack adalah sistem konsultasi medis bagi dokter atau tenaga medis untuk meresepkan obat bagi pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi.Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021
kencing manis pada pria

Waspadai Gejala Kencing Manis pada Pria Sedari Dini

Diabetes   12/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman